6 Destinasi Wisata Halal Indonesia yang Instagramabel

Wisata Halal – Gaung bangsa Indonesia kian berkibar dalam di dunia pariwisata halal Internasional. Kalau kamu perhatikan lebih jauh, sektor pariwisata halal Indonesia memang terus rajin bersolek sehingga dampaknya juga sangat signifikan. Oleh karena itu, bukan mustahil jika pada 2019 nanti Indonesia bisa menjadi ‘kiblat’ wisata halal dunia.

Dan yang paling menggembirakan adalah ketika Menteri Pariwisata Arief Yahya begitu meyakini hal tersebut bakal segera terealisasi. Menpar optimistis bangsa Indonesia akan menjadi kiblat pariwisata halal dunia pada 2019 mendatang. Mari kita simak ulasan tentang lokasi wisata halal Indonesia yang disorot mata Dunia.

Wisata Halal yang Ada Di Indonesia

Banda Aceh

Wisata Halal
wisataindonesia.co.id

Semua pasti sudah mafhum dengan pernak-pernik dan keitimewaan Aceh. Keitimewaan Kota Banda Aceh semakin paten setelah darah tersebut dinobatkan menjadi destinasi budaya ramah wisata Muslim terbaik versi Kementrian Pariwisata. Ibu kota provinsi Nanggroe Aceh Darussalam memang sudah terlebih dahulu didapuk sebagai World Islamic Tourism pada 2014. Masjid Raya Baiturrahman yang menjadi ikon utama kota Banda Aceh.

Dewasa ini, Pemerintah Kota Banda Aceh sedang bersemangat membangun trans kota dengan armada mencapai 30 unit dan siap memanjakan para wisatawan mengelilingi kota Banda Aceh. Kemudian, pihak Pemkot sendiri sudah bersiap untuk mengeksekusi Pendidikan Halal, Kebun Raya, Museum Banda Aceh, dan Pusat Kebudayaan Islam.

Pulau Lombok

Wisata Halal
sportourism.id

Di Timur Indonesia ada salah satu destinasi pariwisata halal yang bis akamu kunjungi. Pulau Lombok berhasil memborong kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon 2015 serta pemenang Wisata Halal Indonesia 2016. Sebagai jawara tempat wisata halal terbaik di Indonesia dan dunia, Pulau Lombok mendapat banyak apresiasi karena memiliki pemandangan alam yang rimbun serta panorama pantainya yang indah.

Disamping itu Lombok juga dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid, di kawasan ini, para wisatawan muslim dijamin tidak akan kesulitan menemukan Masjid untuk beribadah. Sedangkan untuk kulinernya sendiri, makanan yang disajikan sudah pasti halal karena penduduk Pulau Lombok mayoritas beragama Islam.

Beberapa tempat yang rommended yang bisa dikunjungi adalah Danau Segara Anak, Pantai Tanjung Aan, Gunung Rinjani, Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi atau Wisata Pulau seperti ke Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air. Buat kamu yang baru merit, perlu kiranya menikmati bulan madu bersama pasangan ke Pulau Moyo.

Beragam penginapan di Pulau Lombok juga telah menerapkan standar Muslim Friendly seperti peralatan lengkap shalat dan kitab suci Al Quran tentunya serta petunjuk arah kiblat.

Sumatera Barat

Wisata Halal
bimextour.com

Rekomendasi wisata halal berikutnya adalah Sumatra Barat. Kamu dapat mengunjungi beragam lokasi wisata halal yang indah dan eksotis seperti Pantai Pagang, Puncak Lawang, Lembah Harau, Istana Pagaruyung, Jam Gadang, Pantai Pemutusan, serta beragam masakan khas Sumatera Barat yang dijamin kehalalannya.

Batam

Wisata Halal
panorama-magz.com

Tidak bisa dipungkiri bila Malaysia memang menjadi negara tujuan wisata Muslim terbesar di antara negara-negara OKI (organisasi kerjasama Islam). Atas dasar itu pula Pemkot Batam, Kepulauan Riau, mendorong seluruh kreator dan eksekutor kuliner supaya tidak bosan melakukan sertifikasi halal produk usahanya demi mencapai target menarik kunjungan para wisatawan negara tetangga termasuk Malaysia.

Secara kuantitatif pertumbuhan wisatawan yang datang ke Kota Batam mengalami tren positif tiap tahunnya. Tahun 2015 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Batam menyentuh angka1,5 juta orang.

Salah penginapan bersertifikat halal di Batam adalah Hotel Horizon Batam, sehingga pengunjung atau wisatawan terutama yang Muslim dapat dengan aman menikmati makanan yang tersedia tanpa ragu akan kehalalannya.

Bandung

Wisata halal
papasemar.com

Menyandang status Paris van Java dan menjadi salah satu kota besar di Indonesia, Bandung semakin dijamuri dengan bertumbuhnya lokasi wisata halal. Lokasi wisata halal di Bandung a dapat kamu temui mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, hingga wisata alam.

Seperti Kampoeng Bakery yang menjadi sebuah kawasan produsen kue yang menyediakan berbagai kue dengan jaminan halal. Di kawasan ini, kamu dapat menemukan pemanja lidah yang higienis, berkualitas dan tentunya telah dipastikan halal karena telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Malang

Wisata Halal
wisatakebromo.com

Dinamika pariwisata Kota Malang kian bergairah, kesimpulan ini begitu nampak kala beragam perubahan di sekitar Kota Malang dan Travel Malang dan Surabaya apalagi fitur Wisata Halal dipastikan menambah daftar pilihan destinasi bagi para wisatawan. Mulai lestarinya hotel dan penginapan syariah turut mendukung atmosfer Kota Wisata Halal di kota berpenduduk tiga juta jiwa ini.

Kota Malang rencanaya akan mendapatkan predikat baru dari Kementerian Pariwisata di tahun ini sebagai Kota Wisata Halal. Apresiasi tersebut merupakan wujud dari pengakuan bagi eksistensi dunia kuliner yang ada di Kota Malang.

Apabila nantinya Kota Malang benar-benar ditetapkan sebagai Kota Wisata Halal, generasi pariwisata di Malang kian komplit. Selain Malang sebagai kota wisata, pendidikan dan Indsutri, pariwisata di Kota Malang perlahan tapi pasti kian menapaki dimensi Internasional.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.