Bahayanya Kadar Trigliserida Tinggi dan Cara Mengobatinya

Banyak orang mungkin masih merasa asing dengan nama trigliserida. Sebenarnya trigliserida masih termasuk kedalam jenis lemak dalam tubuh yang kamu gunakan untuk menyimpan energi. Sekilas, mungkin kamu akan menganggap bahwa trigliserida tinggi merupakan penyakit kolesterol.

Jika kamu menganggap trigliserida sama dengan kolesterol, kamu salah. Keduanya memang sama-sama diperlukan dalam tubuh, namun memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Persamaannya adalah keduanya merupakan sama-sama lemak dalam tubuh yang perlu diperhatikan kadarnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa penyakit trigliserida tinggi pada tubuh juga merupakan salah satu penyakit yang bahaya, sama bahayanya seperti kolesterol tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan tubuhmu dari bahayanya lemak yang satu ini.

trigliserida
cardiovasculardiseasenews.com

Pengertian Trigliserida

Kamu pasti sudah tahu bukan bahwa di dalam tubuhmu memiliki beberapa lemak yang penting bagi berlangsungnya hidup kamu? Salah satu dari lemak tersebut adalah trigliserida. Trigliserida merupakan bentuk utama dari lemak dalam darah.

Terkadang, trigliserida ini lebih dikenal dengan sebutan “lipid”. trigliserida terbentuk dari kalori yang tidak terpakai dan disimpan pada sel lemak. Selain itu, lemak ini terbentuk dari produk akhir yang merupakan hasil dari pencernaan makanan.

Jenis kandungan makanan yang dapat membentuk lemak ini adalah makanan sumber energi seperti karbohidrat. Trigliserida akan dibutuhkan oleh tubuhmu ketika kamu dalam jeda waktu makan seperti saat puasa, atau ketika tubuhmu membutuhkan energi lebih seperti saat kamu sedang berolahraga.

Hormon di dalam tubuh kamu akan melepas lemak ini, sehingga kamu akan kehilangan kalori yang tidak terpakai. Untuk memperhatikan kadar trigliserida dalam tubuh, disarankan kamu harus rajin berolahraga agar terhindar dari resiko hipertrigliserida.

hipertrigliserida merupakan tingginya kadar lemak trigliserida dalam tubuh, hal ini sangt dapat menyebabkan meningkatnya resiko pankreatitis dan penyakit arteri koroner, terutama pada wanita.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang kelebihan berat badan atau biasa disebut obesitas, dan tidak berolahraga sekitar 150 menit perminggu juga perokok, dilaporkan memiliki tingkat trigliserida 200 mg/dl bahkan lebih.

Selain itu, orang tua juga lebih cenderung memiliki resiko tingkat trigliserida tinggi dalam tubuhnya, hal ini dikarenakan orang tua lebih cenderung memiliki kadar lemak yang lebih tinggi dalam tubuhnya. Walau begitu, kondisi kesehatan ini sangatlah umum dan dapat terjadi pada usia berapapun.

Perbedaan trigliserida dengan Kolesterol

Meskipun sama-sama bagian dari bentuk lemak, trigliserida dan kolesterol memiliki keberbedaan. Jika trigliserida berguna sebagai energi cadangan yang akan dipakai tubuh jika sumber energi, glukosa, di dalam tubuhmu sudah habis.

Sel-sel tersebut akan terkumpul dalam lemak yang biasa disebut sel adiposa, kemudian sel ini akan membuat jaringan yang juga disebut sebagai jaringan adiposa. Jaringan adiposa terbesar dalam tubuh terletak dibawah permukaan kulit dan di antara organ-organ.

Sementara kolesterol merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh metabolisme lemak yang diperlukan oleh tubuh dalam membangun jaringan sel, membentuk berbagai hormon, dan juga berperan dalam sistem pencernaan.

Dalam darah, kolesterol tidak dapat larut, sehingga bergabung dengan protein dan membetuk lopoprotein.

Cara Mencegah Trigliserida

Hal utama yang haus kamu perhatikan dalam menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh adalah pola hidup sehat. Hal-hal yang perlukamu lakukan yaitu:

1. Kurangi Konsumsi Gula dan Makanan Berbahan Dasar Tepung

Gula dan makanan yang terbuat dari tepung merupakan jenis karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh. Beras merah mungkin dapat menjadi alternatif asupan pokok harian kamu karena mengandung lebih rendah gula daripada nasi putih.

2. Olahraga Teratur

trigliserida
kanalaceh.com

Dengan berolahraga secara teratur selama 30 menit setiap hari akan menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, kamu juga akan merasa tubuhmu lebih segar dan ringan untuk menjalankan rutinitas sehari-hari.

3. Menghindari Minuman beralkohol

Minuman yang satu ini memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam minuman beralkohol, mengandung kalori dan gula yang sangat tinggi. Tentu saja hal ini akan membuat kadar trigliserida dalam tubuh akan meningkat lebih cepat.

4. Tidak Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke, merokok juga dapat menyebabkan kadar lemak trigliserida menjadi tinggi. Oleh karena itu, hindarilah rokok untuk menjaga kadar trigliserida dalam tubuh kamu.

5. Konsumsi Lemak Sehat

Lemak tidak jenuh merupakan lemak yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Salah satunya untuk menjaga kadar trigliserida dalam tubuh kamu. Untuk mendapatkan asupa lemak tak jenuh kamu bisa mengonumsi kacang-kacangan, gandum utuh, buah apel, pir, alpukat dan ikan salmon.

Cara Mengobati dengan Obat

trigliserida
agoramedia.com

Jika dengan mengubah gaya hidup sehat masih belum cukup untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, kamu juga bisa menggunakan obat tertentu untuk membantu kamu menurunkan hipertrigliserida dalam tubuh kamu, diantaranya adalah:

1. Statin

Statin terkenal sebagai obat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sama seperti rosuvastatin dan atorvastatin. Namun, selain itu statin juga dapat menurunkan kadar lemak pada penderita hipertrigliserida dan mengurangi resiko penyakit jantung.

2. Fibrat

Seperti  fenofribate dan gemfibrozil, obat ini biasa digunakan sebagai penurun kadar lemak pada penderita hipertrigliserida. Walau begitu, obat ini tidak dianjurkan bagi penderita penyakit hati dan ginjal.

3. Minyak Ikan

Asam lemak omega-3 ini dapat membuat kadar lemak trigliserida pada tubuhmu normal. Walau begitu, tetap disarankan untuk kamu berkonsultasi dengan dokter tentang dosis, manfaat, dan resiko dari mengonsumsi minyak ikan. Hal ini dikarenakan, mengonsumsi minyak ikan berlebih dapat menyebabakna gangguan pembekuan darah dalam tubuh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.