Tips Persiapan Liburan Menggunakan Kereta Api

Liburan merupakan sebuah peristiwa yang amat penting bagi setiap orang. Betapa tidak setelah sekian lama bekerja, kuliah, sekolah dan merutinkan aktivitas yang produktif. Maka secara tidak langsung pikiran dan perasaan akan meminta untuk refresing, dengan liburan.

Liburan yang orang ingin itu bermacam-macam, ada yang jalan ke pantai, ke gunung, ke taman, ke tempat wisata dan lain-lain. Hal ini juga tak lepas dari budget dan waktu.

Bagi kamu yang memiliki waktu yang panjang dan ingin berliburan menggunakan kereta api akan sangat baik untuk mempersiapkan semuanya, baik itu hal yang sederhana maupun yang rumit. Seperti mau pesan online tiket kereta di Traveloka, cukup pesan lewat aplikasi sudah bisa. Dan di bawah ini ada beberapa tips persiapan menggunakan kereta api.

Tips Periapan Liburan

1. Bawa Dokumen Penting

Dokumen Penting
freepik.com

Hal utama yang harus kamu perhatikan saat liburan ialah membawa dokumen penting. Tak hanya tiket kereta, identitas diri juga cukup penting seperti KTP ataupun kartu pelajar. Jangan lupa juga untuk membawa SIM, jika kamu ingin menyewa motor ataupun mobil saat ditempat tujuan.

Hal sederhana seperti ini, kerap kali dilupakan oleh orang-orang yang liburan menggunakan kereta api, semoga kamu tidak. Dampaknya, jika tidak mempersiapkan dengan baik ialah kamu tidak dapat memasuki gerbong kereta, sedih kan sudah bayar mahal-mahal untuk tiket namun saat ingin masuk tidak diperbolehkan.

Saat sudah masuk gerbong, dokumen tadi disimpan dengan baik dan usahakan taruk ditempat yang mudah dijangkau. Karena saat perjalanan nanti akan ada petugas yang mengecek tiket kembali.

2. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Hal yang mendasar saat kamu ingin liburan menggunakan kereta api adalah pembelian tiket. Kamu harus mempersiapkan tiket akomodasi dari jauh-jauh hari, agar mendapatkan tiket dengan harga yang cukup murah dibandingkan hari lainnya.

Apalagi, jika akhir tahun atau liburan anak sekolah harga tiket akan naik secara signifikan karena permintaan yang cukup tinggi. Maka dari itu pesanlah dari jauh-jauh hari minimal 2 minggu sebelum keberangkatan kamu.

3. Siapkan Makanan dan Minuman

Makanan Ringan
hearstapps.com

Menggunakan kereta untuk akomodasi perjalanan liburan biasanya memakan waktu yang cukup lama. Maka makanan dan minuman ialah persiapan wajib yang harus dibawa karena dapat membuat kamu semakin nyaman dan bahagia saat perjalanan dilakukan.

Makanan yang disarankan saat dikereta bisa camilan ataupun makanan ringan saja, jika memang perjalan hingga 10-12 jam silahkan membawa makan berat dari luar. Sebaiknya beli saja di toko kelontong didekat rumah kamu, karena dapat membantu perekonomian tetangga kamu juga.

Tapi, jika kamu tidak sempat ataupun lupa untuk membawa makanan dan minuman, kamu nggak perlu khawatir karena di Stasiun banyak tempat yang menjuak itu.

4. Bawa Hiburan saat Perjalanan

Saat perut juga sudah kenyang dengan makanan dan minuman yang telah dibawa. Hal yang perlu kamu pikirkan adalah hiburan. Perjalanan yang panjang jika dilakukan sendiri juga dapat membuat kamu bosan dengan sendirinya.

Maka dari itu bawalah alat untuk menunjang kebahagiaan kamu saat dikereta. Misalnya kamu seneng dengan game, download lah game offline yang dapat kamu mainkan di handphone ataupun gameconsole.

Atau kamu lebih senang dengan membawa buku maka bisa membawa beberapa buku favorit, novel fiksi. Kalo bisa sih buku yang belum kamu selesaikan, maka saat diperjalanan dapat kamu selesaikan. Bisa juga mendengarkan musik di smartphone hal ini cukup sederhana dalam menemani perjalanan liburan kamu dikereta.

5. Bawa Uang Secukupnya

Saat hendak naik kereta kamu harus menyiapkan uang tunai. Hal ini sangat diperlukan karena bisa saja di dalam perjalanan kamu membutuhkan sesuatu yang mengharuskan untuk membeli sesuatu, seperti air mineral yang habis atau membayar parkir dan sebagainya.

Hindari membawa uang tunai terlalu banyak karena hal ini untuk menjaga keamanan kamu, karena di tempat baru kamu tidak mengenal lingkungan disana seperti apa. Hal yang perlu kamu perhatikan juga adalah keperluan wajibmu sudah terpenuhi sebelumnya, agar meminimalisir kamu boros ditengah jalan.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian
jingtravel.com

Pakaian juga menjadi salah satu modal untuk kenyamanan liburan menggunakan kereta. Karena di dalam kereta dapat menghabiskan waktu yang cukup lama, maka agar lebih tetap nyaman kamu dapat menggunakan pakaian yang dapat memudahkan kamu bergerak dan beristirahat di dalam kereta.

Hal ini juga dapat membantu menaikkan mood kamu dalam kereta.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.