15 Nama Tarian Daerah Indonesia Beserta Asalnya

Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali jenis tarian tradisional atau tarian daerah. Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia punya. Namun, sering kita lihat di tv ataupun di media cetak tarian daerahnya hanya itu-itu saja.

Nah, di bawah ini akan kami jelaskan kepada kamu jenis tari yang sangat populer dari setiap daerah. Tarian ini juga sering digunakan pada saat acara besar seperti menyambut para tamu undangan, acara nikahan dll. Tarian daerah ini juga menjadi salah satu kebanggan dari daerah tersebut karena tari ini sudah sangat dikenal di masyarakat Indonesia bahkan di dunia.

Nama Tarian Daerah Indonesia

1. Tari Saman Meuseukat

Tarian Daerah
loveaceh.com

Tarian Saman Meuseukat berasal dari Arab yang memiliki latar belakang agama Islam. Tarian ini dinamis penuh dengan keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini juga sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh. Tari Saman Meuseukat dilakukan pada posisi duduk berbanjar dengan irama yang sangat dinamis. Tarian daerah ini dilakukan dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agam islam.

Busana yang digunakan juga terdiri dari pakaian adat Aceh yang dilakukan oleh muda-mudi masyarakat Aceh. Selain itu tarian ini ditampilkan pada saat merayakan maulid nabi atau tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW.

2. Tari Legong

Tarian Daerah
narwastu.org

Tarian Legong ini adalah tarian yang berlatar belakang kisah cinta Raja dari lasem. Ditarikan secara dinamis dan memikat hati. Busana yang digunakan juga terkesan cukup romantis, diantaranya adalah gelang tangan, kain kancan (tutup dada), selendang kuning yang diikatkan pada ujung di kelilingking, sabuk dalam (stagen), selendang warna-warni. Tari legong ini biasa ditampilkan untuk menyambut tamu, dan untuk acara hiburan masyarakat setempat.

3. Tari Andun

Tarian Daerah
kulturbudayaindonesia.blogspot.co.id

Tarian andun adalah tarian dari Bengkulu tari ini merupakan tarian untuk menyambut para tamu yang sangat dihormati. Tari andun juga sebuah tarian rakyat loh yang biasa dilakukan saat ada pesta pernikahan. Kelengkapan pakaian untuk kaum pria di Bengukulu terdiri dari jas, menggunakan sarung, celana panjang, alas kaki dan juga menggunakan tutup kepala serta sebuah kris.

Jas yang digunakan terbuat dari bahan kain yang sangat bermutu seperti wol atau bisa juga sejenisnya, pada umumnya sih warnanya gelap seperti hitam dan warna biru tua.

Baca Juga: Tongkat Madura

4. Tari Topeng

Tarian Daerah
ragamseni.com

Tari topeng adalah sebuah tarian tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung. Tarian ini akan dipentaskan pada saat acara-acara kepemerintahan, hajatan sunatan, perkawinan maupun acara-acara rakyat lainnya. Biasanya kostum yang digunakan pun selalu memiliki unsur warna kuning, hijau, dan merah yang terdiri dari toka-toka, apok, kebaya, sinjang, dan ampreng.

5. Tari Sekapur Sirih

Tarian Daerah
dapurpacu.com

Tarian sekapur sirih adalah sebuah tari persembahan. Tari adat Jambi ini banyak kesamaan dengan tari dari Adat Melayu. Tarian ini sering digunakan pada saat acara-acara besar dan dimainkan untuk memberikan selamat datang untuk para tamu untuk.

Pada tahun 1962 Firdaus Chatab menciptakan tarian sekapur sirih ini untuk memperingati tamu-tamu yang datang ke Jambi pada saat acara-acara besar. Nah, di tahun 1967 tarian sekapur sirih ditata ulang oleh OK Hendra BBA.

Tarian sekapur sirih ini menceritkann tentang perasaan lapang dan terbuka yang dimiliki masyarakat Jambi kepada tamu yang berkunjung ke daerah mereka. Untuk jumlah penari sendiri ada 12, 9 penari perempuan dan 3 orang penari laki-laki. Diantara 12 penari tersebut satu orang memiliki tugas untuk memegang payung, dua orang pengawal, dan sisanya menari.

6. Tari Reog

Tarian Daerah
youtube.com

Tari Reog Ponorogo adalah tari daerah Jawa Timur untuk menunjukkan keperkasaan, kejantanan, dan kagagahan. Reog adalah satu dari sekian banyak kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo juga dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya.

Gerbang kota Ponorogo juga dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil saat reog dipertunjukkan.

Reog juga salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Biasanya saat ada acara seperti hajatan khitanan atau sunatan, yang bersunat itu akan menggunakan pakaian reog loh, seperti raja satu hari gitu lalu diarat keliling kampung.

7. Tari Topeng Kuncaran

Tarian Daerah
ragamseni.com

Tari Topeng Kuncaran adalah sebuah tarian yang menceritakan dendam kesumat terhadap seorang raja karena cintanya ditolak. Kostum yang biasa digunakan penari topeng ini selalu ada unsur warna kuning, hijau, dan merah.

8. Tari Serimpi

Tarian Daerah
seputar-jateng.blogspot.co.id

Tari serimpi adalah sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana yang sangat lembut, agung, dan menawan. Tari ini memiliki jenis tari klasik dari daerah Yogyakarta yang selalu dibawakan oleh 4 penari, karena kata srimpi adalah sinonim bilangan 4. Oh iya, menurut Dr. Priyono nama serimpi dikaitkan pada akar kata “impi” atau Mimpi.

9. Tari Monong

Tarian Daerah
unnes.ac.id

Tari monong adalah salah satu tarian tradisional suku Dayak Kalimantan Barat. Tari monong juga disebut tari manang, tarian ini adalah tari penyembuahn atau tarian penolak penyakit yang dilakukan saat warganmya terserang penyakit.

10. Tari Baksa Kembang

Tarian Daerah
anggraini09isdgunadarma.blogspot.co.id

Tari ini adalah tari tunggal dan dapat dimainkan oleh beberapa penari wanita. Tarian ini juga bercerita tentang seorang gadis remajja yang sedang merangkai bunga. Tarian ini juga sering dimainkan di lingkungan Istana. Pada proses perkembangannya tari ini beralih fungsi sebagai tari penyambutan para tamu-tamu saat ada acara-acara besar dalam pemerintahan.

11. Tari Tambun dan Bungai

Tarian Daerah
umm.ac.id

Tari ini adalah tari yang mencertiakan kepahlawanan Tambun dan Bungai dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat setempat.

12. Tari Gong

Tarian Daerah
mazmuzie.blogspot.co.id

Tari gong dilaksanakan pada saat ada upacara penyambutan terhadap tamu agung. Tidak hanya itu tari ini bisa juga ditunjukkan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku. Tari gong atau disebut dengan nama kancet ledo adalah tarian tradisional suku Dayak di Kalimantan Timur.

13. Tari Tandak

Tarian Daerah
lancangkuning.com

Tari tandak adalah tari pergaulan yang sangat digemari di daerah Riau. Tari ini biasanya ditunjukkan pada saat malam hari. Tarian ini diawali dengan semua peserta membentuk sebuah lingkaran dan saling berpegangan pundak tiap peserta. Lalu para peserta pun berjalan sambil mengangkat kaki dan menghentakannya ke tanah.

14. Tari Kipas Pakarena

Tarian Daerah
indonesiakaya.com

Tari kipas adalah tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil sambil mengikuti alunan lagu, Tari Kipas ini berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan, kata pakarena berasal dari kata setempat yang berarti main.

15. Tari Piring

Tarian Daerah
aldelya.wordpress.com

Tarian daerah selanjutnya adalah tari piring. Tari piring adalah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Biasanya disiang hari mengerjakan wasah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.