Pengertian dan Beberapa Contoh Karya Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni – Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur-unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang yang melihatnya.

Seni juga bisa diartikan sebagai hasil dari imajinasi atau pengungkapan ekpresi seseorang dan biasanya memiliki estetika. Nah, seni rupa adalah salah satu bagian dari seni yang dapat dilihat oleh mata dan juga bisa diraba.

Karya seni rupa banyak sekali ragam dan bentuknya sehingga membuat karya seni rupa ini diciptakan dengan cara mengolah dan memadukan konsep-konsep seperti garis, titik, bidang, volume, bentuk, warna, tekstur, dan juga efek pencahayaan. Semua konsep tersebut harus menggunakan acuan pada estetikanya.

Pada artikel ini kita akan belajar salah satu cabang dari seni yaitu Seni Rupa Murni, kira-kira apa ya  itu?

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah salah satu cabang dari seni rupa yang dibuat tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya, namun seni rupa ini lebih mengutamakan fungsi keindahan atau biasa dikenal dengan estetika. Seni rupa murni sebenarnya lebih cenderung bebas dan biasanya memiliki estetika yang sangat tinggi. Sementara itu fungsi seni ruma murni sendiri hanyalah dijadikan sebagai hiasan maupun pajangan saja.

Fungsi Seni Rupa Murni

Berdasarkan pengertiannya di atas seni rupa murni dapat diambil kesimpulan bahwa seni rupa ini hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Fungsi seni rupa murni hanya berpaku pada pengindah belaka dan tidak dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Seni Rupa Murni

Lukisan

Seni Rupa Murni
portraits-by-joseph.com

Lukisan adalah sebuah karya seni yang dibuat dengan melukiskan cat dengan kuas atau dengan peralatan lainnya pada media kanvas (2 dimensi). Lukisan ini dianggap sebagai contoh seni rupa karena memiliki fungsi yang sekedar menjadi hiasan dinding ataupun pajangan.

Kaligrafi

Seni Rupa Murni
youtube.com

Kaligrafi hampir sama dengan lukisan, kaligrafi juga salah satu contoh dari seni rupa 2 dimensi ya hanya di gunakan untuk penghias semata. Contoh penggunaan kaligrafi ini dapat kamu temukan di masjid, mushola, atau rumah-rumah orang muslim.

Seni Grafis

Seni Rupa Murni
pinterest.com

Seni grafis ini dapat dijadikan contoh sebagai seni rupa murni sekaligus seni rupa terapan. Jika seni grafis ini digunakan sebagai hiasam ia termasuk sebagai karya seni rupa, namun jika ia digunakan sebagai sarana ilustrasi, maka ia termasuk karya seni rupa terapan.

Seni Fotografi

Seni Rupa Murni
madisonavephotography.com

Jani seni satu ini adalah salah seni rupa murni yang sangat berkembang pesat hingga saat ini. Seiring dengan kemajuan teknologi kamera, fotografii kian diminati oleh banyak kalangan sebagai sarana untuk mengekpresikan diri. Objek-objek yang dipotret mengguunakan kamera pun akan semakin indah jika dikolaborasikan dengan seni yang satu ini.

Patung

Seni Rupa Murni
goodmorningjakarta.wordpress.com

Patung adalah salah satu contoh karya seni rupa murni 3 dimensi yang dibuat dari bahan baik itu batu, logam, kayu, fiber, ataupun karet. Patung sebenarnya tidak memiliki nilai praktis sama sekali, ia hanya digunakan sebagai hiasan atau pajangan belaka.

Relief

Seni Rupa Murni
pixabay.com

Relief adalah sebuah pahatan yang dapat menggambarkan kisa ataupun diorama tertentu. Pahatan relief dapat kamu temukan pada bangunan bersejarah seperti mesuem, candi, tugu sebuah kota, dll. Nah, fungsi dari relief ini hanya sekedar untuk menambah keindahan pada banggunan saja. Biar terlihat lebih keren dan berkesan klasik.

Topeng

Seni Rupa Murni
pinterest.com

Topeng juga dapat digunakan sebagai properti tari ataupun kebutuhnya lainnya, namun jika ia hanya sekedar menjadi pajangann semata, maka fungsinya sudah tentu lain. Topeng juga menjadi salah satu karya seni rupa murni loh karena seni ini dapat mengekpresikann suasana hatii manusia dan tentu kamu juga dapat menjadikan topeng sebagai pajangan dirumah.

Leave a Comment