Struktur dan Fungsi Organel Sel Hewan

Sel adalah suatu unit, unsur atau kesatuan dari protoplasma di dalam tubuh. Protoplasma merupakan substansi dari sel hidup. Pada umumnya setiap sel mempunyai isi sel nya sendiri, dengan demikian dapat dikatakan bahwa setiap sel pasti bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

Sel datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa sel ditutupi oleh dinding sel, yang lainnya tidak, beberapa memiliki mantel berlendir atau struktur memanjang yang mendorong dan menarik sel menjelajahi lingkungannya. Beberapa sel memiliki lapisan tebal disekitar sel.

Sel hewan adalah sel eukariotik yang tidak memiliki dinding sel serta kloroplas. Sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan yang juga merupakan sel eukariotik dari segi dinding sel yang menjaga integritas serta menjaga bentuk sel tumbuhan, oleh karena itu sel hewan memiliki variasi dalam bentuk bahkan dapat bersifat elastis contoh sel penyusun kulit manusia.

Sesuai dengan namanya, sel hewan adalah sel yang menyusun jaringan-jaringan pada tubuh hewan atau dapat pula menjadi sebagai organisme seluler seperti pada protozoa. Selain perbedaan fundamental diatas seperti dinding sel dan kloroplas, masih ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang sekaligus menjadi ciri khas dari sel hewan.

Beberapa sel hewan mempunyai lapisan tebal disekitar sel, lapisan tebal ini disebut kapsul dan bisa ditemui di dalam sel bakteri. Di dalam tubuh manusia sendiri sebenarnya banyak jenis sel berbeda. Terdiri dari 200 jenis sel, selain itu tubuh ini juga mempunyai bahan non hidup seperti kuku jari, rambut, gigi, dan tulang. Semua bahan ini terdiri dari sel mati.

Struktur dan Fungsi Organel Sel Hewan beserta bagian-bagiannya:

sel hewan
deck.toys

Keterangan:

  1. Nukleolus
  2. Inti sel
  3. Ribosom
  4. Vesikel
  5. Retikulum Endoplasma Kasar
  6. Golgi
  7. Sitokleton
  8. Retikulum Endoplasma Halus
  9. Mitokondria
  10. Vakuola
  11. Sitoplasma
  12. Lisosom
  13. Sentrosom
  14. Plasma Membran

Struktur dan Fungsi Organel Sel Hewan

1. Membran Sel

sel hewan
pixfeeds.com

Membran sel merupakan salah satu dari bagian sel yang berada paling luar dan berfungsi sebagai pembungkus sel. Pada bagian membran sel ini tersusun dari unsur protein (lipoprotein). Selain itu, membran sel memiliki peran penting yang lain yaitu sebagai pengatur mineral dan nutrisi yang terdapat di dalam maupun luar sel itu sendiri.

Fungsi yang lain yang dimiliki membran sel diantaranya sebagai berikut:

  • Mengatur keluar masuk nya nutrisi dan mineral
  • Sebagai pembungkus/pelindung sel
  • Menerima rangsangan dari luar
  • Sebagai tempat berlangsungnya berbagai reaksi kimia dalam tubuh

2. Sitoplasma

sel hewan
scienceabc.com

Sitoplasma merupakan cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya, kecuali nukleus ( inti sel ) dan organel serta sitoplasma terdiri dari protein material dan air. Sitoplasma bersifat koloid kompleks yaitu tidak cair dan tidak padat yang dapat berubah tergantung konsentrasi air, jika konsentrasi air rendah akan menjadi padat lembek yang disebut gel, sedangkan jika konsentrasi air tinggi akan menjadi encer disebut sol.

Fungsi sitoplasma:

  • Sebagai sumber bahan kimia pada sel
  • Sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel

3. Retikulum Endoplasma

sel hewan
pixfeeds.com

Retikulum Endoplasma atau biasa disingkat dengan RE merupakan organel sel terbesar setelah mitokondria. RE membentuk rangkaian interkoneksi rata terowongan, mempunyai bentuk seperti benang-benang jala.

Terdapat 2 macam RE yaitu RE kasar dan RE halus. Retikulum Endoplasma kasar memiliki tanggung jawab memegang protein yang terbentuk di robosom. Retikulum endoplasma kasar ditempeli oleh ribosom sedangkan Retikulum endoplasma halus tidak ditempeli ribosom.

Fungsi Retikulum Endoplasma:

  • Sebagai sintesis atau pengolah protein (REk)
  • Sebagai tempat mengangkut sintesis, steroit dan lemak dalam tubuh hewan
  • Membantu detoksifikasi dan membunuh sel-sel berbahaya di dalam sel (REh)
  • Sebagai tempat untuk penyimpanan fospolipid, steroid dan glikolipid

4. Mitokondria

sel hewan
study.com

Mitokondria aalah organel terbesar yang merupakan mesin dalam sel. Mitokondria berbentuk mirip dengan cerutu yang mempunyai dua lapis membran yang lekuk-lekuk dan dinamakan kritas. Oksigen dan glukosa berkombinasi dalam membentuk energi ( ATP ) yang diperlukan untuk metabolisme dan aktivitas seluler dalam organel, sehingga mitokondria dijuluki sebagai The Power House karena mengahasilkan energi.

Mitokondria dalam bentuk tunggulnya disebut dengan mitokondrion. Mitokondrion adalah organel yang mengubah dari energi kimia ke energi yang lain.

Fungsi mitokondria:

  • Sebagai respirasi perbaikan seluler pada jaringan sel
  • Sebagai penghasil energi dalam bentuk ATP yang akan digunakan tubuh dalam beraktivitas

5. Mikrofilamen

sel hewan
medbullets.com

Mikrofilamen merupakan sebuah organel pada jaringan sel yang terbentuk dari protein aktin dan myosin. Apabila dilihat dari bentuknya, bagian ini sekilas hampir mirip dengan mikrotobulus, namun yang membedakan keduanya yaitu terletak pada tekstur dan ukurannya. Pada umumnya pada mikrofilamen mempunyai tekstur yang lembut dan memiliki ukuran diameter yang lebih kecil.

Fungsi mikrofilamen:

Sebagai bagian dari alat pengerak actomyisin, yang filamen sendiri berfungsi sebagai dasar peregangan bagi myosin untuk kontraksi otot dan pengembangan pseudopod.

Sebagai bagian yang akan bekerja sama dalam cytoskeleton. Serat single pada organel ini biasanya akan berkumpul bersama untuk menghasilkan berbagai fungsi.

6. Peroksisom (Badan Mikro)

sel hewan
biologydiscussion.com

Peroksisom merupakan kentong kecil yang berisi enzim katalase yang berfungsi menguraikan peroksida (H2O2) yang merupakan sisa dari metabolisme yang bersifat toksik menjadi air dan oksigen yang berbahaya bagi sel. Peroksisom banyak ditemui di ginjal dan sel hati.

Fungsi peroksisom:

  • Merubah lemak dalam tubuh menjadi karbohidrat
  • Menguraikan perokida (H2O2) dari sisa-sisa metabolisme toksik dalam tubuh

7. Ribosom

sel hewan
genteknik.nu

Ribosom merupakan organel pada jaringan sel yang memiliki tekstur permukaan yang padat, kecil, serta memiliki ukuran diameter sekitar 20 cm. Peran dari organel Ribosom itu sendiri adalah mnerjemahkan RNA agar bisa membentuk rantai polipeptida (protein) dengan hanya menggunakan zat asam amino ketika proses translasi. Selain itu organel ini juga hanya terdiri dari RNA Ribosom (rRNA) sebanyak 65% dan selebihnya adalah protein ribosom (Ribonukleoprotein atau RNP) sekitar 35%.

Fungsi ribosom: Tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

8. Mikrotubulus

sel hewan
wikimedia.org

Mikrotubulus ialah organel sel di dalam sitoplasma yang ditemukan pada sel eukariot dan berbentuk silindris panjang yang berangga dengan diameter dalam kurang lebih 12 nm dan diameter luar 25 nm. Mikrotubulus terdiri dari molekul-molekul berbentuk bulat protein globular yang disebut tubulin dengan spontan bergabung membentuk silindris panjang berongga pada kondisi tertentu, mikrotubulus bersifat kaku.

Fungsi mikrotubulus:

  • Untuk melindungi sel
  • Memberi bentuk sel
  • Sebagai dalam pembentukan flagela, silia dan sentriol

9. Badan Golgi

sel hewan
britannica.com

Nama organel sel ini diambil dari orang pertama yang menggambarkan organel ini dalam sel yaitu Camillo Golgi asal Italia. Badan golgi atau kompleks golgi atau aparatus golgi merupakan organel yang bisa ditemui di semua sel eukariotik dan terdapat di fungsi ekskresi seperti ginjal. Mempunyai bentuk layaknya kantung pipih yang berukuran kecil hingga besar dan terikat oleh membran.

Fungsi badan golgi:

  • Untuk memproses dan mengolah protein
  • Membentuk sel lisosom.
  • Untuk membentuk membran plasma
  • Untuk membentuk vesikula (kantung) untuk ekskresi

10. Nukleus

sel hewan
slideplayer.com

Nukleus merupakan inti dari sel yang mengendalikan juga mengatur aktivitas sel baik dari metabolisme sampai pembelahan sel. Nukleus ditemui pada sel eukariotik dan mengandung materi genetik yaitu DNA (Asam Deoksiribonukleat) dan kromosom.

DNA terdiri dari nukleotida yang membantu dalam pembentukan protein pada proses translasi dan transkripsi. Nukleus terdiri dari bagian seperti, membran inti (karioteka), nukleoplasma (kariolimfa), kromatin atau kromoson serta nukleolus.

Fungsi nukleus :

  • Tempat terjadinya proses replikasi
  • Menyimpan informasi genetik
  • Untuk menjaga integritas dan keutuhan kinerja gen-gen
  • Mengendalikan dan mengatur proses metabolisme dalam sel
  • Mengontrol aktivitas pada sel dengan mengelola ekspresi gen

Membran Inti

Membran inti merupakan elemen struktural utama nukleus yang membungkus keseluruhan organel sel, selain itu organel sel ini adalah sebagai pemisah antara sitoplasma dan daerah inti. Organel ini bersifat tidak permeable (berpori-pori) sehingga sebagian besar molekul tersebut yang membuat nukleus sangat membutuhkan pori inti, dengan demikian membran nukleus mampu melintasi dan melewati membran.

Membran inti memiliki fungsi:

  • Untuk melindungi inti sel (nukleus)
  • Sebagai tempat pertukaran zat antara materi inti dan sitoplasma

Membran Nuklir

Merupakan selubung pelindung berpori yang menutupi inti, memungkinkan masuknya zat dan merupakan salah satu ciri khas dari organel sel hewan.

Nukleoplasma

Nukleoplasma adalah salah satu bagian organel penting, karena banyaknya zat, termasuk enzim dan unsur nukleotida, dilarutkan dalam nukleoplasma tersebut. Nukleoplasma merupakan cairan padat yang terletak di dalam inti sel (nukleus) yang mengandung serat kromatin, yang padat.  dan berfungsi membentuk kromosom serta gen yang mengangkut informasi genetik alias turun-temurun.

Fungsi nukleoplasma:

  • Sebagai zat suspensi untuk organel di dalam nukleus
  • Membentuk kromosom serta gen yang mengangkut informasi genetik alias turun-temurun

Nukleolus

Nukleolus merupakan salah satu organel sel yang terletak pada inti sel atau nukleus. Selain itu organel sel yang satu ini selalu berperan dalam pembentukan protein dengan menggunakan RNA atau asam Ribonukleat. Sedangkan disisi lain nukleolus juga berfungsi dalam pembentukan protein.

Fungsi dan peran utama dari nukleolus adalah sebagai untuk memproduksi dan merakit subunit yang membentuk ribosom.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.