PO Gunung Harta Teman Liburan yang Mengasikkan

Liburan memang seru apalagi menggunakan moda transportasi publik, yang dapat membuat perjalananmu semakin berkesan. Liburan identik dengan persiapan yang matang baik itu ke tempat tujuan, perbekalan maupun transportasi yang digunakan. Hal ini sangat diperlu disiapkan mengingat waktu yang akan kita gunakan dalam perjalan liburan sangat berharga, maka dari itu semua perlu disiapkan begitu pula moda transportasi.

Salah satu moda transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat untuk liburan yang low bugdet adalah Bus. Bus merupakan teman yang sangat nyaman digunakan kala mendapatkan pengalaman melewati jalanan darat yang ada di Indonesia maupun dunia.

Salah satu armada bus yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah PO Gunung Harta. Gunung harta juga salah satu pemimpin pasar untuk angkutan Antar Kota Antar Provinsi atau biasa dikenal dengan AKAP kelas atas. Perusahaan otobus ini juga menyediakan beberapa layanan bus kelas atas yaitu VIP, eksekutif, dan patas AC dengan fokus rute hampir 50 dengan cakupan daerah Jawa, Bali, Bali, Banten, dan DIY.

Sejarah PO Gunung Harta

Bus PO Gunung Harta
traveloka.com

Gunung Harta lahir pada tahun 1993 di Bali, saat itu PO ini hanya melayani rute jarak pendek saja, Denpasar – Gilimanuk. Setelah dua tahun beroperasi PO ini pun memperluas cakupan layanannya dengan menambah cakupan perjalanan antar kota antar provinsi, yaitu wilayah Jawa Timur rute Denpasar – Surabaaya dan Denpasar – Malang.

Gunung Harta juga sangat memanjakan para penumpangannya dengan menjamin kualitas dari bus bus yang mereka gunakan, beberapa diantara nya adalah Scania K410 IB Opticruise, Scania 360 IB Opticruise, Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, dan Mercedes-Benz OC 500 RF OH 1836.

Warna hijau dari armada Gunung Harta ini menjadi ciri khas yang dimilikinya hingga dijuluki “Si Hijau dari Pulau Dewata”. Seiring bertumbuhnya industri perusahaan otobus di Tanah Air, Gunung Harta juga mengalami kemajuan yang sangat signifikan terlihat dari armadanya yang mencapai 50 Bus di rute AKAP pada tahun 2006. Para penumpang juga dimanjakan dengan banyak pilihan armada seperti kelas eksekutif, VIP, dan patas AC.

Tipe Armada Gunung Harta

  • Tipe Eksekutif

Tipe eksekutif ini cukup mewah, karena saat kamu masuk kedalam bus ini, kamu akan melihat interior layaknya kabin pesawat. Tak hanya itu, kursi nya pun sangat lega yang dilengkapi sandaran kaki, sandarang tangan, bantal, selimut, stopkontak untuk nge-charge handphone kamu, dan layar sentuh LED. Hal ini diperuntukkan demi kenyamanan kamu dalam liburan menggunakan Si Hijau dari Pulau Dewata ini.

Bukan hanya itu, ada juga kebutuhan yang lain yang sudah tersedia disini, yaitu saat kamu menggunakan armada tipe ini kamu akan dapat satu kali makanan ringan, dua kali makanan utama secara prasmanan loh, toilet. Dan tentunya jika kamu perokok juga disediakan area khusus merokok di dalam bus ini.

  • Tipe VIP

Untuk kelas VIP Gunung Harta juga tak kalah nyaman, perihal ini tipe ini juga disediakan sandaran kai dan tangan. Untuk kamu yang bermaksud untuk perjalanan panjang juga akan aman dan menyenangkan karena tak hanya itu fasilitas yang dapat kamu rasakan. Namun, TV LED, bantal, selimut, stopkontak, smoking area dan toilet juga kamu dapatkan.

  • Tipe Patas AC

Gunung Harta tidak hanya memikirkan untuk golongan atas namun juga menyediakan armada untuk semua golongan dengan menyediakan bus patas AC dengan harga yang sangat terjangkau. Tenang, walaupun harganya bersahabat, setiap penumpang juga mendapatkan fasilitas yang lumayan seperti, satu kali makanan utama prasmanan dan kursi yang nyaman dengan sandara tangan bantal dan selimut. Bus ini juga dilengkapi juga dengan TV LED, dan pemutar DVD.

Rute dan Harga PO Gunung Harta

PO Gunung Harta sendiri memiliki rute populer yang digunakan masyarakat untuk pergi liburan maupun hanya untuk berpindah kota. Di bawah ini tabel nya:

RuteKelas AC ToiletKelas AC Non Toilet
Denpasar - MalangRp 190.000Rp 200.000
Denpasar - SurabayaRp 200.000-
Surabaya - DenpasarRp 200.000-
Denpasar - SurabayaRp 270.000-
Yogyakarta - DenpasarRp 270.000-
Denpasar - BlitarRp 210.000-
Denpasar - SemarangRp 270.000-

Rute dan harga di atas adalah yang paling populer, diantara semua rute PO Gunung Harta. Untuk mendapatkan tiket ataupun reservasi kamu dapat mengunjungi ke terminal bus di kotamu. Untuk memudahkan kamu dalam memesan tiket bisa juga mencarinya melalui media online seperti Traveloka.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.