Permen Coklat

Permen Coklat Mudah Buatnya Enak Rasanya

Permen Coklat – Seiring dengan perkembangan zaman dan pemikiran, beberapa ahli makan selalu membuat suatu inovasi baru. Demi menciptakan cita rasa yang sempurna. Sebut saja permen coklat, yang memiliki sejarah kurang lebih dari 3500 tahun yang lalu.

Pada tahun 1875, Henry Nestle adalah seorang pembuat susu kental manis dan Daniel Peter adalah seorang pembuat coklat. Mereka memadukan antara susu dan coklat menjadi sebuah permen. Dan mereka adalah penemu permen susu dan pendiri perusahaan coklat susu pertama di dunia.

Bahan Membuat Permen Coklat

  • Coklat blok yang dark dan white
  • Pewarna cokelat, khusus untuk permen, bahan dasarnya minyak
  • Kacang mete, selai, krim dan lain-lain untuk isian praline

Alat-Alat Membuat Permen Coklat

  • Cetakan khusus untuk permen cokelat
  • Plastik segi tiga
  • Stik lolipop dan kemasannya
  • Es batu dan wadah, untuk ditaruh di bawah cetakan sehingga cokelat cepat beku.
Permen Coklat
foodnetwork.com

Cara Membuat Permen Coklat

  1. Potong cokelat blok, kemudian masukkan ke dalam wadah yang tahan panas atau ke dalam plastik segitiga (mengetim atau mencairkan cokelat), masukkan ke microwave (tanpa menggunakan microwave juga dapat dilakukan atau lihat cara mengetim cokelat), panaskan selama 1,5 menit.
  2. Bisa diberi warna atau langsung dicetak. Dalam pemberian warna sebaiknya berikan warna 1 tetes dulu baru kemudian aduk rata, kalau warnanya masih kurang, baru tambahkan lagi.
  3. Pindahkan cokelat yang sudah diberi warna ke kanto segi 3, siapkan juga wadah yang bisa menampung es batu.
  4. Nantinya cetakan cokelat ini diletakkan di atas wadah es batu.
  5. Kalau cokelatnya terdiri dari beberapa warna, sebaiknya tunggu warna pertama mengeras baru kemudian kamu tambahkan warna lain. Supaya cokelat cepat mengeras, penggunaan es batu dengan wadah di bawah cetakan cokelat, akan mempercepat proses pengeringan.
  6. Tuangkan cokelat warna ke dalam cetakan. Untuk membuat lollipop harus menggunakan tangkainya. Misalnya membuat lollipop bunga dengan motif kuning dan pink. Pertama warna kuning ditaruh dalam cetakan tunggu hingga keras (dengan adanya es batu dibawah cetakan cokelat waktu menunggu cokelat keras lebih cepat) kemudian baru dituang dengan warna lain, kemudian selipkan stik atau batang lolipop. Hati-hati juga dengan stik karena kadang suka terangkat.
  7. Untuk menahan stik supaya tetap pada tempatnya diperlukan mangkok-mangkok atau benda lainnya yang diletakkan di tepi cetakan. Usahakan stik lolipop tetap melekat erat sampai cokelat cukup keras untuk dipindah ke kulas atau lemari es.
  8. Setelah stik kuat tertanam pada cokelat, pindahkan cetakkan cokelat beserta isinya ke lemari pendingin (kulkas) biarkan selama 10-15 menit. Keluarkan cokelat dengan hati-hati dari cetakan.
  9. Jika kamu ingin membuat coklat praline caranya adalah dengan menuangkan cokelat cair kurang lebih 1/2 cetakan, kemudian sapukan dengan kuas ke sekeliling cetakan, tunggu sampai cokelat mengeras. Setelah cokelat keras tambahkan isi. Isi bisa berupa selai, kacang, buah, keju, krim dan lain-lain. Kemudian terakhir tutup dengan cokelat cair lagi, hingga penuh.
  10. Biarkan Dingin setelah itu barulah disimpan di lemari pendingin/kulkas.

Leave a Comment