Pengertian Teks Prosedur Beserta Contohnya Lengkap

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat berbagai jenis teks salah satunya yang sangat sering digunakan adalah teks prosedur. Apakah kalian sudah pernah membaca suatu teks prosedur sebelumnya ? Jika iya, lantas apa pengertian teks prosedur? Jika belum simak cerita singkat ini.

Kita sering kali menggunakan internet untuk mencari sebuah artikel atau membeli buku mengenai tutorial seperti cara memasak, cara menggunakan komputer, cara memutihkan wajah dan lain sebagainya. Pada artikel atau buku tersebut terdapat langkah-langkah yang tujuannya memudahkan pembaca untuk mengikuti langkah yang hasil akhirnya sesuai keinginan pembacanya. Tahukah kamu, teks prosedur tidak jauh dengan artikel dan buku yang berkategori tentang cara, tips, tutorial dan semacamnya.

Oh, jadi teks prosedur itu kalimat secara singkat kalimat yang berisi perintah tata cara melakukan atau membuat sesuatu dari awal hingga akhir. Jika kalian belum memahaminya, coba simak pemaparan mengenai teks prosedur dibawah ini dari mulai pengertian teks prosedur, tujuan, ciri, hingga contohnya.

Pengertian Prosedur

pengertian teks prosedur
plus.google.com

Pengertian prosedur merupakan rangkaian aksi yang detail, juga disebut dengan suatu tindakan yang harus dijalankan dengan cara yang sama (sesuai yang tertera pada teks prosedur) agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai atau yang diharapkan.

Pengertian teks prosedur juga dapat dikatakan sebagai rangkaian aktivitas atau tata cara atau langkah-langkah yang harus dijalankan supaya bisa menghasilkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Contoh dari prosedur misalnya, prosedur dalam keselamatan kerja, atau prosedur dalam menggunakan suatu alat dan lain-lain.

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan teks prosedur yaitu untuk membantu pembaca atau pendengar memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat atau dengan kata lain yaitu untuk memperoleh hasil akhir.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Adapun ciri-ciri teks prosedur yaitu:

  • Menggunakan pola kalimat imperatif atau kalimat perintah.
  • Menggunakan kata kerja aktif.
  • Menggunakan konjungsi atau kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan atau cara.
  • Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan cara, tempat dan waktu yang akurat.

Struktur Teks Prosedur

pengertian teks prosedur
bagaimana.web.id

1. Bagian Tujuan

Bagian tujuan teks prosedur berupa judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut, atau hasil akhir yang akan dicapai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.

2. Bagian Material

Bagian material teks prosedur berisi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan. Tetapi, tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Pada umumnya, penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan suatu hal seperti makanan dan sebagainya.

3. Bagian Langkah-Langkah

Bagian ini berisi mengenai langkah-langkah yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini setiap langkah harus dilakukan dengan urut tidak boleh secara acak.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sama halnya dengan jenis teks lainnya, pada teks prosedur juga mempunyai kaidah kebahasaan tersendiri. Kaidah kebahasaan yang dimaksud antara lain:

1. Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berhubungan secara kronologis dengan waktu dan kejadian dari kedua peristiwa yang memiliki keterkaitan. Misalnya: setelah ini, kemudian, lalu, sesudah itu, selanjutnya, sebelum itu, dan lain-lain.

2. Kata Imperatif

Kata imperatif atau kata perintah adalah kata yang mengandung perintah atau larangan ketika melakukan pelaksanaan yang dibahas, misalnya: diamkan adonan itu terlebih dahulu selama 3 menit agar homegen, jangan sampai tercampur dengan bahan-bahan lain.

3. Verba Material dan Tingkah Laku

Verba material adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan, seperti potonglah daging itu itu, masukan air ke dalam wadah. Sedangkan verba tingkah laku adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan berdasarkan ungkapan, seperti, tunggu kira-kira 5 menit, tunggu sampai matang, tetap pertahankan dan lainnya.

4. Partisipan Manusia

Partisipan manusia adalah mengikutsertakan manusia dalam tulisan tersebut untuk membantu langkah-langkahnya.

5. Bilangan Pertanda

Bilangan penanda adalah bilangan yang mengurutkan langkah-langkah pada tulisan tersebut.

6. Kalimat Introgatif

Kalimat introgatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan dan berfungsi untuk menanyakan kepada pembaca yang mengikuti langkah-langkah dalam tulisan, misalnya: sudah selesai? apakah sudah dimasukkan? apakah sudah paham ? dan lain sebagainya.

7. Kalimat Deklaratif

Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu hal yang harus diketahui.

Macam-Macam Kalimat dalam Teks Prosedur

Terdapat 3 macam jenis kalimat yang ada dalam teks prosedur. ketiga macam kalimat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kalimat Imperatif

Kalimat Imperatif merupakan kalimat yang mengandung perintah, fungsinya untuk melarang atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu.

2. Kalimat Deklaratif

Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi pernyataan dan berfungsi untuk memberikan informasi atau berita mengenai sesuatu.

3. Kalimat Interogatif

Kalimat interogatif merupakan kalimat yang berisi pertanyaan dan berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu.

Macam-Macam Teks Prosedur dan Contohnya

Ada beberapa jenis teks prosedur diantaranya teks prosedur sederhana, teks prosedur protokol dan teks prosedur kompleks.

1. Teks Prosedur Sederhana

Jenis teks yang pertama adalah teks prosedur sederhana, pengertian teks prosedur sederhana yaitu, teks yang hanya menyajikan prosedur dan hanya ditempuh dengan 2 atau hanya 3 langkah saja. Contoh dari prosedur teks sederhana adalah cara menggunakan setrika listrik, kemudian cara mematikan televisi, maupun cara mengirim pesan lewat smartphone.

Dalam teks prosedur tersebut terdapat langkah awal sebagai syarat langkah berikutnya. Sehingga 2-3 langkah sederhana itu tidak dapat berubah urutan.

2. Teks Prosedur Protokol

Jenis teks prosedur yang kedua adalah teks protokol, pengertian teks prosedur protokol yaitu, jenis teks prosedur dengan langkah kerjanya yang tidak terlalu ketat ataupun langkah kerjanya bisa dirubah. Sehingga langkah-langkah kerjanya tidak harus dilakukan dengan urut, sebab tidak saling berkaitan, walaupun urutannya dirubah, tetapi tujuannya tetap harus terpenuhi dengan baik. Di bawah ini adalah contoh dari prosedur protokol.

Cara Memasak Mie Instan :

Pertama, didihkan air terlebih dahulu, lalu masukkan mie instan ke dalam air yang sudah mendidih tersebut. Selanjutnya, campurkan bumbu mie instan ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan. Setelah mie instan matang, tuangkan ke dalam wadah yang berisikan bumbu mie tersebut. Terakhir, aduk dan hidangkan selagi hangat.

3. Teks Prosedur Kompleks

Pengertian teks prosedur kompleks, yaitu teks prosedur yang di dalamnya terdapat banyak sekali langkah-langkah kerjanya dan berjenjang, terkadang disertai pula sublangkah kerja disetiap cara kerjanya. Berikut ini disajikan contoh teks prosedur kompleks.

Cara Mematikan Komputer:

Berikut ini ada dua cara mematikan komputer secara benar. Cara pertama adalah cara mematikan computer yang menggunakan sistem operasi windows XP, windows 7 dan Vista. Kemudian untuk cara yang kedua adalah dengan cara mematikan komputer pada windows 10. Langsung saja simak langkah kerjanya dibawah ini.

Pertama, cara mematikan komputer windows XP, vista dan windows 7 secara benar:

  • Langkah pertama klik menu “start” di pojok kiri bagian bawah monitor.
  • Kemudian klik “shutdown”.
  • Setelah itu klik “ok”.
  • Tunggulah sampai komputer mati.
  • Sesudah komputer mati, anda harus matikan stabilizer, dengan cara menekan tombol power dan mencabut kabel listrik agar memutus arus listrik.
  • Nah, komputer anda sudah berhasil dimatikan.

Kedua, cara mematikan komputer dengan sistem operasi windows 10 secara benar:

  • Langkah pertama, arahkan cursor ke arah pojok kiri bawah.
  • Kemudian pilih dan klik “logo windows”.
  • Tekan ikon power, kemudian klik “shutdown”.
  • Tunggulah sampai komputer benar-benar mati.
  • Kemudian matikan stabilizer, lalu cabut kabel untuk memutus aliran arus listrik.
  • Sekarang komputer sudah berhasil dimatikan dengan benar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.