Pengertian Manajemen Menurut Ahli dan Fungsinya

Apakah kamu sering mendengar kata manajemen? Mungkin banyak orang sering mengatakan kata manajemen ini pada beberapa konteks tertentu. Kata manajemen ini sering digunakan saat kita sedang sharing atau mengutarakan pendapat.

Secara umum, manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan juga pengawasan. Bagi beberapa orang mungkin sering mendengar dan menggunakan kata manajemen tanpa tau mengenai pengertian dari manajemen.

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari manajemen itu sendiri. Untuk penjelasan yang lebih lanjut, berikut ini merupakan penjelasan mengenai pengertian dan fungsi dari manajemen.

pengertian manajemen
cloudfront.net

Pengertian Manejemen

Manajemen merupakan suatu proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan. Secara etimologi kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno, yaitu menagement yang memiliki arti seni dalam mengatur dan melaksanakan.

Selain itu, manajemen juga dapat diartikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengotrolan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Dalam artian tujuan yang dicapai sesuai dengan perencanaan, efisien, dan benar dalam melakukan pekerjaan.

Perlu kamu ketahui, jika kamu melakukan segala sesuatu dengan manajemen yang baik dan benar, maka pekerjaan mu akan lebih efisien dan efektif. Berikut ini merupakan pengertian manajemen menurut para ahli:

1. The Liang Gie

Menurut The Liang Gie, manajemen merupakan sebuah unsur yang memilki peran dalam serangkaian kegiatan yang dapat mengarahkan setiap fasilitas kerja dan menggerakkan karyawan agar bisa mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan di awal.

Pada hal ini Liang lebih fokus pada fungsi dari manajemen itu sendiri yakni keseimbangan yang terjadi antara pergerakan bawahan dengan pengolahan dan penggunaan fasilitas kerja yang ada.

2. Odway Tead

Menurut Odway Tead manajemen merupakan proses dari pelaksanaan kegiatan usaha memimpin sekalligus menunjukkan arah tujuan dari penyelenggaraan tugas organisasi untuk mewujudkan tujuan yang sudah dibuat bersama.

3. Marry Parker Follet

Menurut Marry Parker Follet manajemen adalah sebuah seni yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan melalui orang lain. Parker lebih menitik beratkan pada fungsi utama manajemen dalam mempengaruhi serta mengatur orang lain untuk mencapai tujuan suatu organisasi.

4. James A.F.Soner

Menurut James A.F.Snoter manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Fungsi Manajemen

Fungsi management merupakan elemen dasar yang harus melekat dalam manajemen sebagai acuan manajemen dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan dengaan cara merencanakan, mengorganisir dan mengendalikan. Berikut ini merupakan fungsi utama dari manajemen:

1. Perencanaan (Planning)

pengertian manajemen
bkcprohub.com

Perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam manajemen. Seorang leader dalam sebuah team harus memiliki perencanaan dan mengavaluasi setiap tindakan yang sudah maupun belum ditindak lanjuti.

Untuk menentukan tujuan secara keseluruhan perencanaan sangatlah penting dalam memenuhi upaya tercapainya suatu tujuan tersebut. Seorang leader akan bertindak sebagai seseorang yang mencari jalan lain dalam mencapai tujuan akhir. Tujuan akhir yang dimaksud mencakup jangka pendek, menengah dan juga panjang.

Tanpa perencanaan, segala sesuatu akan berjalan secara tidak teratur dan tersistem. Hal ini akan menghambat segala tujuan dalam suatu kelompok maupun individu. Berikut ini 4 tahap yang harus dilalui dalam proses perencanaan:

a.  Menetapkan Tujuan

Sebelum kamu melakukan perencanaan, tentunya kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan apa yang akan kamu capai. Setelah itu, perencanaan akan dimulai dengan keputusan tentang keinginan apa apa yang dibutuhkan organisasi maupu kelompok kerja.

b. Mengidentifikasi Kemudahan dan Hambatan

Untuk tercapainya suatu tujuan, kamu perlu mengidentifikasi kemudahan, hambatan, kekuatan, dan kelemahan untuk mengukur kemampuan suatu organisasi atau kelompok kerja.

c. Mengembangkan Rencana untuk Pencapaian Tujuan

Fungsi utama yang terakhir adalah mengembangkan berbagai alternarif untuk mencapai tujuan, penilaian alternatif dan pengambilan keputusan untuk menentukan pilihan yang terbaik diantara berbagai alternatif yang ada.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian adalah proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan, sumber daya organisasi , dan lingkungan tempat organisasi berbeda. Dalam pengorganisasian setiap bagian dari kegiatan yang besar dipecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

Hal ini dapat mempermudah manajer atau leader dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas yang telah dibagikan. Berikut ini merupakan 3 aspek dari fungsi pengorganisasian:

a. Menetapkan struktur organisasi

b. Mendelegasikan wewenang

c. Memantapkan hubungan

3. Penyusunan Personalia (Staffing)

pengertian manajemen
glints.com

Staffing hampir mirip dengan organizing, Staffing lebih memperhatikan penarikan, pelatihan, pengembangan serta penempatan dalam pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif. Fungsi staffing adalah sebagai berikut:

a. Perencanaan sumber daya manusia

b. Rekruitmen karyawan

c. Seleksi

d. Pengenalan dan orientasi

e. Penilaian dalam pelaksanaan kerja

f. Pemberian balas jasa dan penghargaan

g. Perencanaan dan pengembangan karier

4. Pengarahan (Directing)

Seorang leader akan melakukan pengarahan jika terjadi masalah atau jika apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan yang direncanakan. Fungsi dari pengarahan adalah membuat karyawan melakukan apa yanng diinginkan dan harus dilakukan.

5. Pengawasan (controlling)

Pengawasan adalah tindakan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja sumber daya perusahaan. Tindakan dari seorang leader untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

Tujuan dari pengawasan adalah memperbaiki kesalahan, penyimpangan, penyelewengan, dan kegiatan lainnya yang tidak sesuai dengan perencanaan yang dibuat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.