Pengertian Dasar Negara, Fungsi dan Manfaatnya

Bagaimana kiranya jika kita selaku manusia (makhluk individual) tidak memiliki sikap hidup ataupun pandangan hidup? Tentunya hidup kita tidak terarah bukan? Apalagi dalam konteks yang lebih luas lagi, perihal kehidupan berbangsa dan bernegara, tentunya saja negara tersebut akan kacau balau, bahkan mungkin bisa hancur dan hilang. Lalu apa pengertian dasar negara?

Dijenjang pendidikan di Indonesia mulai dari SD sampai perguruan tinggi, tak bisa lepas dari pelajaran pendidikan kewarganegaraan, yang mana di dalamnya memuat pelajaran tentang dasar negara, mulai dari pengertian dasra negara, fungsi, hingga manfaat dasar negara bagi suatu bangsa.

Untuk dasar negara Indonesia sendiri adalah Pancasila, yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu jua. Sampai di sini sudah paham tentang dasar negara? Untuk mengetahui lebih dalam, mari baca dan pahami tulisan atau artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Dasar Negara

Pengertian Secara Umum

Dasar negara adalah sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya dan kesalahannya. Pada hakikatnya, dasar negara dapat diartikan filsafat negara (political philosophy) yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertib hukum dalam suatu negara.

Pengertian dasar negara juga bisa sebagai fundamen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah. Dalam hal ini adalah cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran budi dan kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan bangsa Indonesia dan juga diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pengertian Secara Etimologi

Philosophiscle grondslag adalah norma dasar yang bersifat filsafat dalam pengertian menurut bahasa Belanda. Sedangkan ideologi dalam bahasa Indonesia yaitu teori yang merupakan hasil pemikiran mendalam atau pemikiran filsafat mengenai dunia dan kehidupan di dunia, termasuk yang di dalamnya adalah bernegara.

Dengan ini, dasar negara dijadikan sebagai dasar pedoman dalam mengatur dan memelihara kehidupan bersama dalam suatu negara. Selain itu, dalam bahasa Jerman yang berbunyi Weltanschauuung yang berarti pandangan mendasar tentang suatu dunia, sedangkan dalam bahasa Inggris adalah ideology yang artinya pemikiran filsafat mengenai dunia dan kehidupan di dunia.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

pengertian dasar negara
jedmorey.com

1. Karl Marx

Mendefinisikan bahwa pengertian dasar negara merupakan suatu peringkat yang mempunyai kekuasaan dalam menjalankan eksploitasi atau penindasan kepada kelas yang lain.

2. George Jellinek

Menjelaskan bahwa pengertian dasar negara merupakan sebuah organisasi dengan kekuasan suatu kelompok orang yang bertempat di suatu wilayah tertentu.

3. J. J. Rousseau

Mengungkapkan bahwa pengertian dasar negara merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu dan ketertiban hidup rakyat negaranya.

4. Robert M. Mac. Iver

Menjelaskan bahwa dasar negara merupakan bentuk asosiasi yang mempunyai peran dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku dan dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi tekanan maupun memaksa.

5. K. C. Wheare

Menjelaskan bahwa dasar negara juga termasuk semua sistem tata negara yang mengandung beberapa aturan dalam menjalankan pemerintahan suatu negara.

6. Tracy

Berpendapat bahwa pengertian dasar negara merupakan sebuah program yang ditujukan supaya dapat memberikan perubahan di dalam tatanan kehidupan bermasyarakat sebuah negara.

7. Aristoteles

Menjelaskan bahwa dasar negara merupakan perpaduan antara keluarga sampai pada beberapa desa, yang nanti pada akhirnya mereka dapat berdiri mandiri dengan tujuan yang sama yaitu kesenangan dan kehormatan mereka.

8. Roger F. Soltau

Menjelaskan bahwa dasar negara merupakan suatu alat yang diguankan untuk mengendalikan segala persoalan dengan mengatas namakan rakyat.

9. R. Djokosoetono

Menjelaskan bahwa dasar negara merupakan suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

11. Frans Magnis Suseno

Menjelaskan bahwa dasar negara merupakan suatu kesatuan masyarakan politik yang berfungsi membuat, menerapkan dan menjamin berlakunya norma kelakuan untuk seluruh masyarakat.

12. Logemann

Menjelaskna bahwa dasar negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang menyatukan kelompok manusia yang kemudian disebut bangsa.

13. Prof. Mr. Soenarko

Menjelaskan bahwa dasar negara merupakan organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.

Fungsi Dasar Negara

Pada umumnya, dasar negara memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Dasar Berdiri dan Tegaknya Negara

Pemikiran yang mendalam tentang dasar negara lazim muncul ketika suatu bangsa hendak mendirikan sebuah negara, sehingga dasar negara berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu negara. Sesudah negara berdiri, dasar negara dapat menjadi landasan bagi pengelolaan negara yang bersangkutan.

2. Dasar Kegiatan Penyelenggaraan Negara

Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara negara agar para penyelenggara negara benar-benar dapat mewujudkan tujuan nasional, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar negara.

3. Dasar Partisipasi Warga Negara

Semua warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk ikut andil dalam mempertahankan negara dan berpartisipasi dalam upaya mencapai tujuan bangsa. Dalam menggunakan hak dan menunaikan kewajibannya itu, seluruh warga negara harus berpedoman kepada dasar negara.

4. Dasar dan Sumber Hukum Nasional

Seluruh aktivitas penyelenggaraan negara dan warga negara dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara harus didasarkan pada hukum yang berlaku. Dengan demikian, semua peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk penyelenggaraan negara harus didasarkan pada dasar negara.

5. Dasar Pergaulan Antara Warga Negara

Dasar negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antar warga negara dan negara, melainkan dengan juga dasar bagi hubungan antar warga negara.

Manfaat Dasar Negara

pengertian dasar negara
saudagarnews.id

Setiap negara di dunia ini memiliki bentuk pemerintahan yang berbeda, karena tergantung dari konsensus pemerintahan negara tersebut. Selain itu, masing-masing negara juga memiliki dasar negara yang berbeda pula. Salah satu contohnya di Indonesia yang memiliki dasar negara yaitu Pancasila. Pancasila sendiri juga menjadi suatu dasar negara yang mengajarkan nilai-nilai hidup serta pedoman hidup.

Selain itu, dasar negara selain memiliki fungsi, juga memilii manfaat. Secara umum, manfaat dasar negara bagi suatu negara sebagai berikut:

1. Sebagai pedoman hidup dan juga pandangan dari semua masyarakat yang tinggal di suatu negara. Karena dengan mengacu kepada dasar negara tentu saja nantinya kita akan dapat hidup dengan baik dan juga mengerti norma -norma dalam suatu negara yang ditinggali.

2. Bermanfaat untuk semua masyarakat yang tinggal akan memiliki tujuan yang lebih jelas dalam bernegara. Hal ini pasti terjadi di setiap negara apalagi di negara Indonesia yang sudah mempertahankan keutuhan negara dengan dasar negara.

3. Sebagai landasan dari idil suatu negara dalam artian menjadi acuan untuk masyarakat agar bisa menganut dan juga memahami mengenai negara yang menjadi tempat tinggalnya tersebut.

4. Menjadi sebuah kepribadian dan juga jiwa dari bangsa negara tersebut, dengan adanya dasar negara tentu saja suatu negara nantinya akan memiliki jiwa dan juga kepribadian.

5. Sebagai alat pemersatu bangsa, karena suatu bangsa atau negara pastilah terdiri dari beberapa suku, budaya, bahkan hingga ribuan. Sehingga dengan adanya dasar negara, dapat digunakan sebagai alat pemersatu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.