Pengertian dan Definisi BBM (Bahan Bakar Minyak)

Bahan bakar minyak merupakan bahan bakar yang biasa di gunakan untuk kendaraan dalam bentuk cair. Hasil penyulingan minyak bumi menghasilkan bahan bakar minyak. Minyak bumi sendiri adalah sebuah proses pelapukan yang di alami tumbuhan dan hewan yang sudah mati ribun tahun lamanya dan kemudian mengendap di tanah.

Minyak mentah merupakan minyak bumi yang belum melalui proses penyulingan. Sebelum melakukan proses penyulingan minyak mentah akan melalui proses pengeboran terlebih dahulu. Perlu anda ketahui dalam melakukan pengeboran ini tidak dilakukan di sembarang tempat karena tidak semua tempat mengandung miyak bumi.

Bahan bakar minyak sendiri di gunakan untuk sebagai bahan bakar mobil , motor dan lainnya. Meskipun dalam sudah banyak produk sebagai penghemat bahan bakar namun lazimnya memang menggunakan bahan bakar untuk mengendarai sebuah kendaraan.

Bahan Bakar Minyak di Indonesia

Pengertian BBM
aktual.com

Di idnonesia sendiri adalah sebuah wilayah yang sangat kaya akan minyak bumi meskipun memang tak bisa di pungkiri bahwa di indonesia kurang memilik tenaga ahli serta peralatan berat untuk melakukan proses terjadinya bahan bakar minyak. Pertamina merupakan perusahaan di indonesia yang termasuk dalam golongan BUMN yang di khususkan untuk mengelola minyak bumi menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Dengan demikian maka bisa kita katakan bahwa pertamina memilikin tanggung jawab yang besar mengenai kebutuhan bahan bakar minyak untuk masyarakat di indonesia.

Bagi anda yang memiliki kendaraan tentu tidak asing dengna salah satu jenis bahan bakar minyak seperti bensin. Bensin ini merupakan jenis bahan bakar minyak ynag biasa di gunakan untuk kendaraan. Di indonesia sendiri harga bahan bakar minyak semakin melonjak tinggi.

Hal ini tentu langkah yang di ambil pemerintah demi menstabilkan kesejahteraan rakyatnya. Bahan bakar minyak atau biasa kita sebut dengan istilah BBM memiliki banyak jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan bakar minyak atau BBM di antaranya :

1. BBM untuk Aviasi (Pesawat Udara)

Pengertian BBM
medcom.id

Pesawat terbang merupaakan alat transportasi udara yang berguna untuk anda dalam melakukan aktivitas seperti mobilitas atau bisnis antar pulau. Dengan menggunakan pesawat terbang maka sudah pasti perjalanan jauh anda akan semakin mudah dan cepat. Pesawat terbang mampu menampung banyak orang hingga puluhan orang.

Perlu anda ketahui bahwa pesawat terbang ini menggunakan bahan bakar minyak atau BBM yang berjenis Avisasi. Selain itu bahan babar minyak (BBM) yang di gunakan untuk pesawat terbang memiliki tingkat kemurnian yang tinggi. tingkat kemurnian BBM pada pesawat terbang sekitar 100 okat keatas.

Bahan bakar minyak dengan jenis ini memiliki dua tipe yang berbeda yakni diantaranya :

  1. Avgas (Aviation Gasoline) adalah salah satu jenis bahan bakar yang berguna sebagai bahan bakar pesawat yang menggunakan sistem pembakaran internal.
  2. Avtur (AViation Turbine) adalah tipe bahan bakar yang biasanya di gunakan untuk pesawat terbang dengan menggunakan mesin turbin.

2. Bensin

Pengertian BBM
tirto.id

Bensin bukan hal yang tabu lagi bagi kalangan masyarakat. Hal ini di karenakan mereka biasa menggunakan bahan bakar ini untuk kendaraan merekaa. Bensin pastinya sebutan untuk bahan bakar yang biasanya digunakan untuk kendaraan umum yang memiliki proses pembakaran dan pengapian. Adapun beberapa jenis bensin sesuai dengan RONnya ( Random octane Number). Diantaranya :

  • Premium (RON 88) merupakan tipe bensin yang biasanya di gunakan untuk kendaraan dan memang di gemari banyak orang di karenakan harganya yang murah dibandingan tipe jenis lainnya. Namun fakta sebenarnya bahwa premium ini memiliki RON yang cukup rendah yakni a88, ini sangat kecil dibandingkan jenis bensin lainnya. Premium ini memiliki warna yang sedikit kurang jernih. Namun meskipun demikian hal ini tak membuat para masyarakat berpaling dari premium. Nama lain dari premium ini adalah petrol. Premium memiliki RON 88 dengan demikian sudah pasti bahwa akan di sebut di indonesia dengan kata bensin.
  • Pertamax memiliki RON 92 yang merupakan bahan bakar minyak beroktan cukup tinggi dari jenis bensin lainnya. Oktan yang tinggi pada pertamax sudah pasti membuat sebuah kendaraan yang menggunakan jenisnya akan ramah lingkungan dan bebas dari timbal. Selain itu pertamax di gunakan untuk kendaraan yag di dalamnya menggunakan fuel injeksi dan catalytic converter.
  • Pertamax plus memiliki RON sebesar 95 oktan yang merupakan bahan bakar minyak jenis ini di klaim sudah memiliki standar performa setingkat dengan IWWFC . bahan bakar minyak jenis ini sangat di peruntukan untuk para kendaraan yang memiliki teknologi yang sporty dan juga karena nilai oktan yang sangat tinggi bisa di pastikan mabhawa bahan bakar jenis ini sangat ramah lingkungan jika di gunakan.

3. Minyak Tanah

Pengertian BBM
pixabay.com

Minyak tanah pernah menjadi primadona di kalangan masyarakat dalam rangka menunjang kebutuhan masyarakat. Hal ini di karenakan dahulu minyak sebagai bahan bakar untuk memasak. Minyak tanah di gunakan untuk kebutuhan manusia sebagai bahan bakar untuk memasak yang di letakan pada tabung kompor.

Titik didih minyak tanah sebesar 150 hingga 300 cc. jika kita melihat waran yang terkandung dalam minyak tanah maka jelas saja bahwa minyak tanah tidak memiliki waran atau bening. Namun memiliki bau yang sangat khas.

4. Solar

Pengertian BBM
differencebetween.com
  • High speed diesel adalah jenis BBM yang didalamnya mengandung performa cetane sebanyak 45. HSD biasanya di gunakan untuk mesin diesel yang sudah menggunakan sistem injeksi dengan pompa mekanik. HSD sangat di butuhkan untuk kebutuhan industri dan kendaraan motor.
  • Pertamina DEX adalah jenis bahan bakar solar yang di dalamnnya mengandung cetane sebanyak 53. Cetane dengan nilai tersebut bisa dikatakan sangat irit dan ekonomis. Demi mencapai standar buang EURO 2 maka biasanya jenis BBM ini digunakan pada mesin diesel yang sudah berstandar modern. Selain itu pada mesin diesel yang memiliki teknologi tinggi juga sangat membutuhkan bahan bakar yang satu ini. BBM jenis ini biasanya di kenal dengan jenis BBM ynag berkualitas tinggi namun memiliki kadar sulfur yang rendah sehingga mampu membuahkan tenaga yang besar.

Di negara indonesia sendiri bahan bakar minyak tergolong dua jenis yakni subisidi dan non subsidi. BBM bersubsidi biasanya menggunakan premium yang memiliki kadar RON kecil sebesar 88 dan biasanya jenis bbm in di gunakan untuk para model kendaraan yang sudah lama produksi. Penggunaan BBM subsidi di khususkan untuk kalangan menengah kebawah.

Sedangkan pada jenis BBM yang non subsidi biasanya di gunakan untuk kendaraan yang produksinya di atas 1990. Hal ini dikarenakan untuk tujuan efisiensi agar lebih tinggi. selain itu jenis BBM yang satu ini memiliki nilai oktan yang tinggi dan di peruntukan untuk kalangan menengah keatas. Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.