Oleh Oleh Khas Jakarta

Inilah Beberapa Oleh Oleh Khas Jakarta

Jakarta kira-kira apa ya yang bisa kita bawa pulang jika sudah mengunjunginya? Eits, perlu kamu ketahui bahwa Jakarta itu adalah ibukota negara Indonesia. Tidak hanya itu, Jakarta juga menjadi sentrum perekonomian Indonesia loh. Semua bisnis berkembang, baik itu dari sektor industri, perbankan, pariwisatanya, dan kulinernya termasuk oleh oleh khas Jakarta.

Jika dilihat dari aspek kepariwisataannya, Jakarta memiliki beberapa obyek wisata terkenal, baik itu wisata pantai, wisata budaya, hingga wisata kuliner, lengkap deh. Nah, saat kamu berwisata di Kota metropolitan terbesar di Indonesia ini, jangan lupa untuk beli oleh oleh khas jakarta ya, untuk sanak saudara yang ada di kampung.

Nah, berikut ini ada beberapa oleh oleh khas Jakarta yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung ke Ibukota.

Makanan Oleh Oleh Khas Jakarta

1. Geplak

Oleh Oleh Khas Jakarta
indonesiakaya.com

Kue Geplak, adalah makanan khas Betawi. Kue ini sudah mulai jarang di temukan di tempat yang menjual makanan-makanan kue khas betawi di Jakarta. Kue yang mempunyai cita rasa manis dan bertekstur lembut ini menjadi salah satu kue hantaran dalam adat pernikahan adat Betawi.

Kue ini terbuat dari beras yang memiliki warna dominan putih dan cokelat. Beras tersebut di giling hingga menjadi tepung beras, setelah itu baru di sangrai. Setelah itu baru di campur dengan kelapa parut yang sudah di sangrai.

Adonan ini dicampur dengan gula pasir yang sudah dicairkan hingga mengental, selagi lagi panas aduk-aduk hingga adonan padat. Menurut salah satu pembuat kue geplak yang berada dikawasan Bintaro, pembuatan kue Geplak memang sedikit repot apalagi dalam keadaan cuaca panas terik dan di aduk dengan tangan. “Setelah di aduk dengan tangan kemudian di cetak dalam wadah lalu diratakan lagi dengan tangan. Itulah mengapa kue ini disebut geplak.

Baca Juga: Jual Pancake Durian Surabaya Medan

2. Dodol Betawi

Oleh Oleh Khas Jakarta
blogleopluto.blogspot.co.id

Dodol Betawi adalah salah satu makanan khas Betawi. Dodol Betawi memiliki sedikit varian daripada dodol yang ada kebanyakan. Varian Dodol Betawi hanya ketan putih, ketan hitam, dan durian. Bahan baku untuk pembuatan Dodol Betawi sangat rumit karena itulah Dodol betawi hanya ada pada saat acara pernikahan, pesta, bulan Ramadhan, idul fitri, dan idul adha. Terutama menjelang hari raya, dodol betawi sangat laris terjual.

Baca Juga: Tempat Wisata dan Kuliner di Bandung 

3. Kerak Telor

Oleh Oleh Khas Jakarta
kota.tokopedia.com

Kerak Telor adalah salah satu makanan khas yang paling banyak di gemari oleh masyarakat kota Jakarta. Kerak Telor menjadi daya tarik sendiri karena pembuatan nya yang bagitu unik dan sekarang susah di jumpai pada hari-hari biasa. Kerak Telor paling banyak dicari pengunjung Jakarta Fair atau dikenal sekarang PRJ.

4. Biji Ketapang

Oleh Oleh Khas Jakarta
youtube.com

Kue tradisional ini bernama Biji Ketapang salah satu makanan khas Betawi. Kue goreng ini biasanya hadir pada saat menjelang idul fitri. Dan karena rasanya yang khas membuat kue ini mempunyai tempat tersendiri di hati para pecinta makanan Betawi. (baca juga: Makanan Korea Super Enak)

5. Roti Buaya

Oleh Oleh Khas Jakarta
pesanrotibuaya.com

Roti Buaya adalah makanan khas Betawi. Roti Buaya senantiasa muncul ketika upacara pernikahan, dan mempelai laki-laki yang membawa roti buaya ini untuk serah-serahan. Roti Buaya ini dalam adat Betawi sebagai lambang kesetian, karena orang betawi percaya bahwa buaya kawin hanya sekali. Roti ini juga melambangkan karakter dan sifat dari mempelai laki-laki.

6. Kembang Goyang

Oleh Oleh Khas Jakarta
acehfoods.blogspot.co.id

Kembang Goyang dianggap salah satu makanan khas Betawi, meskipun sebenarnya banyak juga di daerah lain juga terdapat kue ini. Misalkan di Sumatera, di Sumatera kue ini di kenal dengan nama kembang loyang. Sebagian masyarakat Jawa timur menamai nya “Mentari”. Di Bali kue ini biasa di gunakan untuk sesajian dalam ritual keagamaan.

7. Bir Pletok

Oleh Oleh Khas Jakarta
pegipegi.com

Bir Pletok adalah minuman khas Betawi. Walaupun mengandung kata bir, akan tetapi rasanya bir pletok tidak mengadung alkohol seditkitpun. Karena bahan pembuatan nya secara alami menggunakan sari jahe, gula, sari bunga salasih dan akar-akaran. Apabila kita meminum bir pletok, pertama-tama kita akan merasa pedas. Namun untuk minum kedua dan ketiga badan kita akan terasa hangat karena pengaruh ramuan yang ada didalamnya.

1 thought on “Inilah Beberapa Oleh Oleh Khas Jakarta

Leave a Comment