Musik Klasik

Download Musik Klasik MP3 Untuk Ibu Hamil

Kebanyakan ibu yang sedang hamil ataupun sang ayah, benar-benar menyadari akan pentingnya dari musikĀ klasik untuk perkembangan janin. Biarpun mereka tahu, mereka menganggap seperti angin lalu saja.

Padahal, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mendengar musik klasik saat masa kehamilan banyak sekali membawa dampak positif terhadap tumbuh kembang janin, begitu juga saat anak masuk masa tumbuh kembangnya. Untuk itulah saya akan mengulas sedikit tentang musik klasik untuk kamu yang sedang hamil.

Pengertian Musik Klasik

Musik Klasik mempunyai pengertian secara luas biasanya mengarah pada musik yang dibuat dan berakar pada tradisi kesenian Barat dan musik orkestra mencakup periode abad ke-9 hingga abad ke-21. Musik klasik Eropa dibedakan dari bentuk musik non-eropa dan musik populer yang berfokus pada sistem notasi musiknya, sekitar abad ke-16 juga sudah digunakan sistem ini.

Para komponis musik barat menggunakan notasi untuk memberi petunjuk kepada para pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual Pada pembawaan suatu karya musik. Hal ini untuk membatasi adanya praktik-praktik seperti improvisasi dan ornamentasi yang sering kamu dengar pada musik non-Eropa maupun musik populer.

Manfaat Musik Klasik

Musik Klasik
babycenter.com

Membantu Bayi Belajar Sejak Dini

Penelitian yang dilakukan oleh dokter mengatakan bahwa, irama dan nada yang didengarkan secara rutin sebelum anak dilahirkan dapat membuat bayi belajar pada prinsip persepsi dan belajar tentang penalaran dasar contohnya seperti perbandinga, pengulangan dan pergantian.

Membantu Belajar Menikmati Lagu dan Melodi

Pada saat masih didalam kandungan, bayi diajarkan untuk belajar mendengar melodi dari detak jantung sang ibu. Bayi akan tidur terus menerus tanpa harus terganggu meskipun otaknya dapat mendengar dan menangkap bunyi yang berulang-ulang.

Membantu Berkomunikasi dengan Baik

Nah, manfaat selanjutnya dapat berguna untuk masa depan si bayi tersebut, karena nantinya dia akan belajar untuk dapat berkomunikasi secara baik. Sebelum bayi tersebut lahir, suara yang sering didengarnya akan menjadi sebuah acuan untuk mendapatkan sebuah informasi. Musik klasik dapat membantu pada otak si janin untuk berkomunikasi. Manfaat musik yang selalu didengarkan secara berulang-ulang membuat bayi belajar mempelajari ucapan sang ibu dan bagaimana cara untuk meresponnya.

Membantu Bayi Lebih Aktif

Musik klasik yang didengarkan oleh bayi akan membantu di bayi agar bisa bergerak lebih aktif. Irama yang didengarkan oleh bayi akan melekat dan irama yang dihasilkan pun sangat mirip dengan detak jantung sang ibu. Syaraf motorik pada bayi juga akan lebih aktif jika didengarkan musik klasik agar nantinya mampu membuat bayi aktif dalam bergerak.

Mebantu Mengurangi Stress Untuk Ibu Hamil

Musik klasik selain membantu untuk si janin, musik klasik juga dapat membantu mengurangi stress pada ibu hamil. Biasanya seorang ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan, entah itu bersikap fisik ataupun mental. Dan biasanya juga ibu hamil akan menjadi lebih sensitif sehingga mudah terserang stress.

Dengan mendengarkan musik klasik bisa terhindar dari tekanan ataupun stress saat masa kehamilan. Sehingga membuat kondisi kamu yang sedang hamil menjadi stabil dan tidak berpengaruh terhdapa kondisi sang janin.

Fungsi Musik Klasik

1. Sebagai Hiburan

Musik klasik dapat kamu jadikan sebagai sarana hiburan. Karena ketika kamu mendengarkan musik klasik hati kamu akan menjadi tenang dan tetap bisa fokus terhadap apa yang kamu kerjakan pada saat itu.

2. Bahan Pembelajaran

Banyak lembaga sekarang menggunakan musik klasik sebagai sarana penunjang pembelajaran. Karena ada peneletian menunjukkan bahwa ketika mendengar musik klasik dapat mengembalikan fokus dan konsentrasi peserta didik.

Sejarah Musik Klasik

Zaman Klasik pada sejarah musik Barat berlangsung selama sebagian besar abad ke-19 sampai dengan awal abad ke-19. Walaupun sebenarnya istilah musik klasik digunakan untuk menyebut semua jenis musik dalam tradisi ini, istilah tersebut digunakan untuk menyebut musik klasik dari zaman tertentu dalam tradisi tersebut. Zaman ini biasanya diberi batasan antara tahun 1750 dan 1820, tapi dalam perkembangan nya terdapat tumpang tindih dengan zaman sebelum dan sesudahnya, hal ini sama seperti pada semua batasan zaman musik yang lain.

Ciri Ciri Musik Klasik

  • Menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras(cressendo) dan dari keras menjadi lembut(decressendo).
  • Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan(accelerando) dan perlambatan (ritardando).
  • Hiasan (ornamentik) diperhemat pemakaiannya.
  • Pemakaian akornya 3 nada

Tokoh Musik Klasik

1. Franz Schubert

Musik Klasik
wikimedia.org

Franz Schubert lahir pada tanggal 31 Januri 1797, beliau adalah seorang komponis berkebangsaan Austria. Ketika beliau menginjak umur lima tahun, ayahnya sudah mengajarkan berbagai hal tentang musik. Pada umur 11 tahun beliau masuk sekolah musik yang sangat terkenal di Wina. Pada umur 17 tahun ia sudah menghasilkan sebuah lagu pertamanay yang berjudul Gretchen at the spinning whell.

2. Richard Wagner

Musik Klasik
scuoladipianofortesilence.it

Wilhelm Richard Wagner lahir pada tanggal 22 Mei 1931, beliau adalah seorang komponis yang paling berpengaruh di Jerman, dan beliau juga pakar teori musik penulis, namun beliau paling dikenal melalui karya operanya. Sampai saat ini musiknya masih sering dimainkan, lagunya yang paling terkenal adalah “Ride of the Valkries” dari Die Walkure dan “Bridal Chorus” dari Lohengrin. Richard adalah tokoh yang paling kontroversial karena inovasi musik dan inovasi dramanya. Richard juga seorang pendukung pemikiran-pemikiran anti-semitisme. Dalam sejarah musik, ia digolongkan sebagai komponis pada zaman Romantik.

3. Ludwig van Beethoven

Musik Klasik
publicbroadcasting.net

Ludwig van Beethoven lahir pada tanggal 17 Desember 1770 di Bonn, beliau adalah seorang komponis musik klasik dari Jeman. Beliau dipandang sebagai salah satu komponis terbesar dan merupakan salah satu tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Karyanya tang paling terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan.

4. Wolfgang Amadeus Mozart

Musik Klasik
thefamouspeople.com

Wolfgang Amadeus Mozart lahir di Salzburg 27 Januari 1756 di Wina, Austria. Wolfgang adalah seorang komponis, dan beliau dianggap sebagai komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karya yang dihasilkannya sebanyak 700 lagu termasuk gubahan-gubahan yang secara mendunia diakui sebagai karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera dan paduan suara.

5. Johann Sabastian Bach

Musik Klasik
libitumgestion.com

Johann Sebastian Bach lahir di Eisenach,Jerman pada tahun 21 Maret 1685, beliau adalah salah satu komponis Jerman. Beliau mengubah musik untuk alat musik organ, harpsichord dan clavichord dan juga untuk orkestra. Karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg Concerto.

Para musikolog membagi seluruh komposisi Bach dalam lima masa, dari masing-masing komposisi itu terlihat perbedaan gaya yang cukup spesifik jika kita saling bandingkan pada tahun pembuatannya. Bach memiliki gaya tersendiri dalam membuat lagu, yaitu lagu yang dibuatnya ditujukan untuk Tuhan.

Contoh Judul Musik Klasik

Beethoven – Love Story Piano
Beethoven – Ode To Joy
Beethoven – Andantein F Major
Mozart – March Turkish
Mozart – Sonata a b c
Mozart – Symphony No 40
Richard Clayderman – Love Story
Suzanne Ciani – Mother’s Song
Suzanne Ciani – The Volocity of Love
Yanni – Sadness of Heart
Yiruma – River Flow in You

NB: Untuk mendownload silahkan klik judul lagu ya. šŸ˜€

Leave a Comment