Resep Menu Buka Puasa Sehat yang Perlu Dicoba

Buka puasa merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim ketika menjalankan ibadah puasa. Untuk mempersiapkan buka puasa biasanya ibu di rumah akan menyiapkan beragai macam takjil yang enak dan menarik agar berpuasa lebih bersemangat.

Jika menu buka puasa yang disiapkan terlihat menarik, enak, serta bergizi, akan membuat selera makan kamu memuncak bukan? Selain itu, tubuh kamu juga akan mendapat asupan nutrisi yang cukup untuk mengisi kembali tenaga yang sudah hilang.

Perlu kamu ketahui, ada banyak sekali menu buka puasa yang enak dan bergizi untuk kamu coba di rumah. Berikut ini kita akan membahas mengenai menu-menu buka puasa apa yang perlu kamu ketahui dan sangat mudah utuk kamu coba di rumah.

menu buka puasa
ssl.com

Menu Buka Puasa yang harus Kamu Coba di Rumah

Kesibukan harian yang padat membuat kamu mungkin lebih memilih membeli takjil untuk buka puasa ketimbang mebuatnya sendiri bukan? Kamu tidak perlu khawatir akan hal itu, kamu bisa coba beberapa resep menu buka puasa yang mudah untuk diikuti di rumah. Berikut ini resepnya:

1. Salad Buah

menu buka puasa
litehousefoods.com

Menu yang pertama adalah salad buah. Buah-buahan merupakan jenis makanan yang mengandung banyak air. Hal ini tentu saja menjadikan buah menjadi salah satu makanan yang baik untuk kamu konsumsi disaat berbuka puasa. Kandungan air yang ada pada buah dapat meredakan dehidrasi setelah seharian berpuasa.

Kandungan serat, mineral, air dan vitamin pada salad buah ini membantu pencernaan kamu lebih baik dan kenyang kebih lama. Cara membuat salad buah ini cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Cuci dan kupas bersih buah-buahan yang akan dijadikan salad. Diantaranya kamu bisa memasukan nanas, semangka, mangga, stroberi, melon, kelengkeng sebagai pelengkap.
  2. Potong kecil-kecil buah yang sudah dikupas dan dicui bersih, kemudian masukan kedalam mangkok.
  3. Tambahkan campuran yogurt, skin milk, dan madu sebagai pengganti mayonaise.

2. Pisang Kukus Vanilla

menu buka puasa
plus.co.uk

Pisang juga merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin yang baik untuk kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa. Jika kamu bosan dengan cara memakan pisang secara langsung, kamu juga bisa loh mengolahnya menjadi menu takjil yang enak dan juga sehat.

Kamu bisa menikmati pisang kukus vanilla yang manis dan lezat sehingga pas untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Cara membuatnya juga sagat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut ini adalah tahap-tahap membuat pisang kukus vanilla:

  1. Pilihlah pisang yang akan kamu makan. Kamu bisa memilih pisang kepok, pisang raja, atau pisang uli.
  2. Kukus pisang yang sudah kamu pilih hingga kulitnya berubah menjadi warna cokelat.
  3. Setelah matang, angkat dan kupas pisang dari kulitya.
  4. Sajikan pisang diatas piring.
  5. Tambahkan sedikit madu, vanilla, susu rendah lemak agar pisang terasa lebih manis.
  6. Sebagai sentuhan akhir, kamu juga bisa menambahkan toping keju di atas pisang agar lebih menarik dan lezat.

3. Roti Bakar Alpukat

menu buka puasa
timeinc.net

Jika kamu merasa bosan dengan roti bakar selai yang biasa dijual diluar. Kini kamu bisa merasakan sensasi rasa baru dari makanan manis yang satu ini. Roti bakar alpukat dapat menjadi pilihan menarik sebagai menu buka puasa kamu. Selain sehat, menu ini juga sangat mudah untuk kamu coba di rumah.

Berikut ini adalah cara yang perlu kamu ikuti untuk membuat menu unik yang satu ini:

  1. Ambil satu buah alpukat dan belah menjadi dua bagian.
  2. Ambil daging alpukat dan haluskan dengan menumbuknya diatas mangkuk.
  3. Tambahkan sedikit garam, madu, serta potongan almond.
  4. Bakar roti gandum higga sedikit kering.
  5. Setelah roti dibakar, letakan adonan selai alpukat yang tadi telah disiapkan ke atas roti.
  6. Kamu juga bisa menambahkan potongan pisang diatasnya agar lebih menarik dan lezat sebagai menu takjil istimewamu.

4. Gohu Pepaya

Menu takjil yang segar memang selalu menjadi andalan sebagai pelepas dahaga seletah seharian berpuasa. Gohu pepaya ini merupakan makanan khas dari Minahas. Asinan dari sulawesi ini begitu menggiurkan dengan rasanya yang pedas dan segar. Berikut ini adalah cara membuat gohu pepaya:

  1. Siapkan 1 pepaya mengkal dengan ukuran yang diinginkan. kupas pepaya hingga bersih. Cuci pepaya, kemudian belah menjadi 3 atau 4 bagian baru potong tipis tipis pepaya.
  2. Rendam potongan pepaya ke dalam air kapur sirih selama 10 menit.
  3. siapkan 3 buah cabai merah besar, jahe dan air. Haluskan jahe dan cabai dengan air, kemudian saring dan tuang kedalam wadah. Kemudian beri garam dna juga gula.
  4. Sisihkan pepaya yang sudah direndam, pindahkan kedalam air cabe yang sudah disaring.
  5. Masukkan bubuk cabe sesuai selera dan aduk secara merata.
  6. Simpan di lemari es. Dan sajikan dalam keadaan dingin.

5. Smoothies

Jika biasanya kamu meminum kolak untuk menu berbuka puasa kamu. Mungkin kamu bisa mencoba miinuman yang satu ini untuk mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh kamu. Selain sehat dengan banyak nutrisi dan vitamin, minuman yang satu ini juga sangat mudah dan cepat untuk dibuat, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan buah yang akan kamu buat sebagai smoothies. Kamu dapat memilih satu dari beberapa buah seperti stroberi, pisang,  jeruk, dan mangga.
  2. Kupas dan bersihkan buah dengan air bersih yang mengalir. Potong kecil-kecil buah dan masukan kedalam blender.
  3. Tambahkan yogurt plan, gula cair, susu segar dan es serut kedalam blender.
  4. Blend semua bahan hingga halus dan tercampur rata.
  5. Sajikan smoothie dengan gelas cantik dan hiasan stroberi diatasnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.