Masker Lidah Buaya untuk Perawatan Wajah dan Rambut

Pada saat ini, zaman sudah berkembang dengan pesat. Telah banyak sekali pabrik dan kendaraan yang dibangun dan menimbulkan polusi udara. Hal ini tentu saja sangat tidak baik bagi kesehatan bukan? Bahaya polusi udara yang paling parah adalah menyebabkan gangguan pada pernapasan.

Namun, tahukah kamu jika polusi udara juga dapat menyebabkan kulit dan rambutmu rusak? Sebagai generasi milenial, tentu kamu harus lebih memperhatikan akan bahayanya hal ini bukan? Karena rusaknya pada kulit dan juga rambut dapat menurunkan percaya diri pada penampilan kamu.

Tapi tenang saja, kamu tidak perlu khawatir akan hal itu. Karena dengan masker lidah buaya, kamu dapat mengatasi hal itu. Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak kandungan vitamin dan baik bagi tubuh kamu. Selain baik bagi kecantikan, lidah buaya juga dipercaya dapat menurunkan demam.

masker lidah buaya
bt.com

Manfaat Masker Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali kandungan baik yang dapat memberikan manfaat penting bagi kecantikan kamu. Diantaranya adalah kandungan kayanya vitamin, asam amino esensial, mineral tembaga serta zink yang sangat berperan untuk pertumbuhan rambut dan juga asam lemak.

1. Mambuat Kulit Kepala Nyaman

Perlu kamu ketahui, bahwa lidah buaya mimiliki kandungan yang dapat berguna sebagai penghilang rasa gatal pada kepala kamu. Kondisi gatal pada kulit kepala ini biasanya disebabakan oleh jamur atau ketombe. Ketika kulit kepala kamu kering dan meradang sehingga terjadi pengelupasan kulit kepala disitulah ketombe akan muncul.

Hal ini tentu dapat menyebabkan ketidak nyamanan pada kepala kamu bukan? Jangan khawatir, dengan mengaplikasikan masker lidah buaya secara rutin pada rambut dan kulit kepala kamu akan mengurangi jamur penyebab kotombe yang membandel ini. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat dingin yang mampu meredakan radang pada kulit kepala kamu.

Penggunaan lidah buaya sebagai perawatan rambut dan kulit kepala ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat masker secara alami di rumah.

  1. Ambil satu potong daun lidah buaya yang masih segar
  2. Gunakan sendok untuk mengambil gel dari lidah buaya
  3. Kumpulkan gel yang kamu dapatkan kedalam satu wadah
  4. Kamu dapat mencampurkannya dengan minyak zaitu atau minyak kelapa, walau begitu kamu juga dapat melewati tahap pencampuran ini
  5. Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut secara merata
  6. Diamkan kurang lebih selama satu jam
  7. Lakukan proses ini secara rutin minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu

Selain digunakan sebagai masker rambut, lidah buaya juga dapat kamu gunakan sebagai serum pada rambut kamu untuk mencegah terjadinya rambut kering, kusut dan mengembang. Kamu bisa meletakan gel lidah buaya yang sudah di blend dengan sedikit air kedalam tabung semprot. Kamu dapat menggunakan serum tersebut setiap waktu.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utama dalam perawatan kulit. Hal ini tentu saja dikarenakan adanya banyak sekali kandungan vitamin yang terkandung lidah buaya. Diantaranya adalah kandungan vitamin A, C, E, B12, asam folat, kolin, kalsium, tembaga, magnesium, kalium, mangan, natrium, dan seng.

Selain itu, di dalam lidah buaya juga terkandung delapan enzim yang dapat membantu meredakan peradangan kulit juga sebagai pemecah gula dan lemak dalam tubuh. Lidah buaya juga dipercaya mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial yang baik bagi tubuh.

Lidah buaya dapat membantu dalam menjaga kelembapan dan kekenyalan pada kulit dengan alami. Selain itu, sejumlah penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya dapat membantu menagatasi jerawat, ruam, iritasi kulit, gatal akibat serangga, reaksi alergi, bekas luka dan juga psoriasis.

Tak hanya untuk kecantikan, masker lidah buaya juga dapat kamu jadikan sebagai salep alami untuk mengobati luka dan bekas luka bakar. Lidah buaya juga dapat membantu kamu mengatasi kulit yang terkena sengatan matahari.

Cara Pengaplikasian Masker Lidah Buaya Untuk Kulit

masker lidah buaya
news18.com
  1. Siapkan satu helai lidah buaya
  2. Cuci dan bilas hingga bersih dari kotoran dan getah
  3. Kupas kulit lidah buaya hingga bersih dan bebas dari duri
  4. Oleskan gel lidah buaya pada kulit secara merata
  5. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit
  6. Basuh wajah hingga bersih
  7. Lakukan perawatan tersebut secara rutin untuk hasil yang maksimal

Selain menggunakan masker lidah buaya secara murni, kamu juga bisa mencampur bahan lidah buaya dengan beberapa campuran bahan alami.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya dengan Lemon

  1. Siapkan lidah buaya yang sudah di bersihkan
  2. Ambil gel lidah buaya
  3. kumpulkan gel lidah buaya keladam satu mangkok
  4. Campurkan perasan lemon kedalam mangkok
  5. Aduk secara merata
  6. Simpan campuran lidah buaya dan lemon kedalam kulkas kurang lebih selama satu jam
  7. Setelah campuran dingin, oleskan secara merata pada wajah setiap malam sebelum tidur
  8. Diamkan kurang lebih selama 10-15 menit
  9. Bilas bersih wajah kamu dengan air

Selain menggunakan lemon sebagai bahan campuran, kamu juga dapat menggunakan bahan alami lainnya seperti madu dan kunyit. Caranya hampir sama, kamu hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya segar dengan madu dan kunyit yang sudah dihaluskan kemudian beri sedikit air mawar. Aduk secara merata dan aplikasikan pada kulit secara merata dan rutin.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Masker Lidah Buaya

masker lidah buaya
organicauthority.com

Membuat masker lidah buaya secara alami memanglah mudah. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam proses pembuatan masker lidah buaya ini?

Dalam membuat masker lidah buaya sendiri di rumah kamu perlu menggunakan lidah buaya yang masih segar dan asli. Hal ini dikarenakan, lidah buaya yang asli dan segar masih mengandung semua senyawa penting yang sangat efektif untuk membantu kamu mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya sebelum penggunaan masker lidah buaya ini kamu melakukan tes kulit terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan atau daun telinga bagian belakang.

Apabila muncur kemerahan dan terasa gatal, segeralah mencuci area kulit yang terkena gel lidah buaya tersebut dengan air hingga bersih. Kemudian hentikanlah pemakaian pada kulit.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.