Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Mungkin beberapa orang masih asing dengan jenis rempah yang satu ini. Secara fisik, bentuk kunyit putih ini hampir sama dengan kunyit pada umumnya, hanya saja jika biasanya kunyit berwarna kuning, kunyit putih memiliki warna yang berbeda, sama seperti namnya yaitu warna putih.

Berbeda dengan kunyit pada umumnya, kunyit putih lebih sering dijadikan obat tradisional daripada dijadikan bumbu pada masakan. Kunyit putih adalah sejenis umbi-umbian yang berbuah tahunan dengan rimpang bulat dan berwarna putih mirip dengan kencur.

Perlu kamu ketahui, kunyit putih ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Bagi kamu yang belum mengetahui manfaat dari kunyit putih, berikut ini adalah manfaat-mannfat yang bisa kamu dapatkan dari kunyit unik ini.

manfaat kunyit putih
twimg.com

Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Perlu kamu ketahui bahwa kini telah banyak produk obat herbal yang menggunakan kunyit putih sebagai bahan utamanya. Setelah diteliti, ternyata kandungan pada kunyit ini memiliki banyak sekali manfaat untuk mengobati berbagai macam gangguan penyakit pada tubuh.

Tanaman ini banyak dijumpai di negara Bangladesh, Sri Langka, India, Bangkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand. Walau begitu, tanaman ini masih bisa kita tanam di tanah negara kita. Dengan perawatan yang telaten tanaman ini akan tumbuh subur di tanah kita.

Dari segi aromanya, tanaman ini beraroma seperti buah mangga dan rasanya mirip seperti jahe hanya saja lebih pahit.

Setelah ditelusuri, ternyata kunyit putih telah lama digunakan pada pengobatan tradisonal di negara-negara timur. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari kunyit putih yang perlu kamu ketahui:

1. Pengobatan Kanker

manfaat kunyit putih
brightowl.pro

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit serius yang ditakuti oleh banyak orang. Tapi tahukah kamu jika kunyit putih dapat digunakan sebagai pengobatan kanker? Kandungan anti oksidan pada kunyit putih dapat menangkal radikal bebas yang memicu terjadinya kanker.

Oleh karena itu, kunyit putih dapat digunakan sebagai obat pada berbagai macam jenis kanker. Contohnya adalah seperti kanker payudara, kanker usus, hingga kanker serviks.

Tanaman alami ini juga dipercaya dapat menghambat metasis kanker atau penyebaran sel kanker dari organ satu ke organ lainnya. Kurangnya bukti ilmiah membuat kunyit ini masih menjadi pengobatan tradisonal hingga sekarang.

2. Mengobati Diare

Kandungan senyawa tanin dan flavonoid pada kunyit putih dipercaya dapat menghambat produksi asam risinoleat yaitu asam yang dapat menyebabkan iritasi dan radang pada membran mukosa usus. Hal tersebutlah yang dapat memicu diare.

Anti oksidan akan membantu tubuh melawan radikal bebas. Atom-atom yang tidak stabil dapat merusak sel-sel jaringan pada tubuh. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk juga dengan proses penuaan.

Selain mengobati diare, bahan herbal yang satu ini juga dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan lainnya seperti hilangnya nafsu makan, kolik, dan gangguan pencernaan.

3. Pereda Nyeri

Manfaat selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah meredakan radang dan juga nyeri. Hal ini membuat kunyit putih banyak digunakan sebagai obat perawatan kulit, penyembuhan luka dan pengobatan bisul dengan cara tradisional.

Manfaat anti radang pada kunyit putih juga membuat obat herbal yang satu ini digunakan untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Walau begitu, tanaman obat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut karena belum ada penelitin yang membuktikan manfaat tersebut secara akurat.

4. Sebagai Anti Mikobra dan Anti jamur

manfaat kunyit putih
breastcancerconqueror.com

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak dari tanaman herbal yang satu ini dapat melawan beberapa spesies bakteri yang daat menyebabkan penyakit.

Contohnya adalah bakteri E. coli yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pencernaan seperti keracunan makanan dan diare, bakteri staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Ekstrak kunyit ini juga dipercaya dapat melawan ifeksi jamur candida dan aspergillus. Selain itu, obat herbal ini juga dapat mengurangi jumlah bakteri jahat dalam mulut sama seperti obat kumur yang dijual di pasaran.

5. Mengobati Alergi

Senyawa curcuminoids pada tanaman herbal ini bermanfaat sebagai anti alergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Cara kerjanya sama seperti antihistamin yang dapat menghambat aktivitas protein penyebab peradangan serta mencegah pelepasan histamin.

6. Penawar Racun dari Gigitan Ular

Ekstrak dari kunyit putih ini dapat bekerja sebagai penghambat aktivitas bisa ular. Sehingga obat ini dipercaya mampu menjadi penawar racun pada gigitan ular.

7. Obat Pernapasan

Tanaman herbal ini mampu membantu meredakan pada masalah pernapasan. Gangguan ringan seperti batuk dan pilek tentu sangat menggangu pada proses pernapasan bukan? Gejala tersebut dapat diredakan dengan perawatan kunyit putih.

Selain itu, tanaman herbal yang satu ini juga dapat mengatasi masalah pernapasanyang lebih serius seperti penyakit pada paru-paru, asma, dan juga bronkitis.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat yang selanjutnya adalah menurunkan kadar gula dalam darah. Walau manfaat ini belum teruji secara ilmiah dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetap saja banyak orang yang menggunakan tanaman ini untuk mengobati kadar gula darahnya yang tinggi.

9. Mengobati Penyakit Maag

Gejala penyakit maag yang terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan juga kualitas makanan yang terlalu asam. Kamu bisa mengobati atau mencegah penyakit tersebut dengan obat herbal yang satu ini.

Cara mengobatinya sangatlah mudah, kamu hanya perlu membersihkan kunyit putih secukupnya, kemudian dipotong kecil-kecil. Rebus dengan 500 cc air hingga surut setengahnya.

Minumlah dalam keadaan hangat, kamu juga bisa menambahkan madu kedalam minumanmu. Minumlah ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari dengan dosis 50 cc sekali minum untuk hasil yang lebih baik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.