Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh

Daun binahong, mungkin sekilas daun ini tampak biasa saja. Berwarna hijau dan terlihat segar. Tanaman ini juga tergolong tumbuhan merambat, mirip seperti daun sirih. Namu, tahukan kamu jika di dalam daun binahong terkandung manfaat baik bagi kesehatan tubuh kamu?

Banyaknya kandungan manfaat dari daun binahong memang masih terbilang jarang diketahui banyak orang. Beberapa orang mungkin mengetahui jika daun binahong dapat dijadikan sebagai obat luka di area luar kulit. Namun, tahukah kamu jika daun binahong ini dapat dijadikan sebagai obat melawan penyakit ganas seperti kanker?

Ternyata tanaman yang memiliki nama latin Basella Rubra Linn ini telah menjadi bahan ramuan obat andalan di Tiongkok dan Korea.

manfaat daun binahong
doktersehat.com

Manfaat dan Kandungan Daun Binahong

Daun binahong atau yang biasa disebut Anredera Cordifolia merupakan jenis herbal yang berasal dari kawasan China, Taiwan dan Korea. Tumbuhan rambat yang satu ini sangat menyukai kawasan yang lembab dan dingin. Walau begitu, tumbuhan binahong masih tetap bisa hidup dimana saja asalkan mendapatkan air dan pencahayaan yang bagus.

Awal penggunaan daun binahong sebagai ramuan obat bermula saat perang Vietnam. Pada masa itu, daun binahong cukup hanya di kunyah yang kemudian di letakkan pada luka luar. Dengan begitu, ternyata tentara Vietnam yang terluka parah akan segera pulih dan siap berperang kembali melawan tentara AS.

Perlu kamu ketahui, bahwa luka berdarah yang diberi tumbukan daun binahong dapat membuat darah berhenti mengalir, selain itu luka menjadi cepat kering, tertutup, dan juga menghilangkan bekas. Sementara itu, jika kamu memiliki sakit di bagian dalam tubuh, daun binahong juga dapat mengobatinya.

Sebuah penelitian membuktikan di dalam daun binahong terkandung senyawa alkolid, flavanoid, saponin, dan juga minyak asiri. Flavanoid merupakan komponen utama yang memegang peranan terbesar dalam khasiat daun binahong. Sedangkan alkolid berperan sebagai antioksidan yang dapat mendukung regenerasi sel dalam membasmi radikal bebas.

Selain itu, saponin yang terkandung dalam daun binahong berperan sebagai pemicu pembentukan kolagen, sejenis protein yang berperan dalam penyembuhan luka. Sedangkan minyak asirinya dipercaya dapat melancarkan proses metabolisme tubuh. Dan masih banyak lagi manfaat baik yang bida kamu dapatkan dari daun binahong.

1.  Obat Sariawan

Sariawan merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang cukup menggangu sehingga dapat membuat kamu merasa sangat tidak nyaman. Jika kamu merasa sulit untuk menyembuhkan sariawan, mungkin menggunakan daun binahong dapat menjadi jalan yang ampuh dalam menyembuhkan sariawan kamu.

Kamu hanya perlu merebus beberapa helai daun binahong, kemudain meminumannya dalam keadaan panas ataupun hangat. Yang perlu kamu perhatikan adalah jangan meminumnya dalam keadaan dingin karena hal itu justru akan memperparah keadaan kamu.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat tentu saja menjadi momok kebanyakan anak muda saat ini. Selain rasa gatal dan pegal yang mengganggu, jerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri kamu. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena dengan menggunakan ramuan daun binahong mungkin akan mengatasi masalah kulit yang satu ini.

Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa helai daun binahong yang sudah di cuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Aplikasikan tumbukan daun binahong pada area kulit yang berjerawat. Kamu dapat melakukannya secara rutin di malam hari sebelum tidur, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3. Mengobati Gangguan Pencernaan

manfaat daun binahong
manfaat.pro

Dengan meminum ramuan herbal dari daun binahongm kamu dapat terhindar dari penyakit diare. Selain itu, mengonsumsi rebusan daun binahong juga dipercaya dapat menyembuhkan wasir. Kandungan daun binahong dipercaya dapat mengontrol sistem pencernaan tetap stabil.

Khasiat daun binahong juga dipercaya dapat membuat otot dalam usus anus yang bengkak pulih kembali secara sedikit demi sedikit.

4. Mencegah Rusaknya Paru-Paru

Air rebusan dari sari daun binahong, ternyata juga dipercaya dapat menyehatkan paru-paru. Penyakit dalam organ yang satu ini tentu saja dapat dikategorikan sebagai penyakit yang serius. Organ vital yang satu ini juga sangat rentan terhadap polusi udara seperti asap pabrik dan juga rokok.

Dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin, maka akan mengobati kamu yang sedang dalam masa gangguan pada paru-paru dan menjaganya agar tetap sehat.

5. Mengobati Kanker

manfaat daun binahong
hipwee.com

Hingga saat ini kanker merupakan salah satu jenis penyakit ganas yang masih terbilang sulit untuk menemukan obatnya. Antioksidan yang dimaksimalkan dari daun binahong, ternyata dapat membantu kamu dalam pengobatan penyakit kanker.

Caranya terbilang mudah, kamu hanya perlu merebus sekitar 30 gram daun bonahong dengan 1 liter air  selama kurang lebih 15 menit. Minumlah air rebusan daun binahong secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

6. Mengonati Maag

Tahukah kamu jika tanaman herbal yang satu ini dapat menyembukan kamu dari sakit maag? Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu merebus sekitar 5 hingga 7 lembar daun binahong dengan air secukupnya. Minumlah air rebusan daun binahong secara rutin sebanyak 3 kali sehari setelah makan.

5. Mengobati Gegar Otak

Sifatnya yang dapat membantu regenerasi sel dalam tubuh membuat tanaman binahong dapat dijadikan sebagai pengobatan pada seseorang yang mengalami gegar otak. Cucilah 10 lebar daun binahong yang kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan kedalam gelas, kemudian minumlah secara rutin sebanyak 2 kali dalam satu hari.

6. Mengobati Ambeien

Bagi kamu penderita ambeien yang sudah pada tahap pendarahan, mungkin bisa mencoba ramuan ini sebagai pengobatan herbal. Kamu hanya perlu mengambil daun binahong sebanyak 16 lembar dan cuci bersih. Rebus daun tersebut dengan air sebanyak 3 gelas hingga mendidih dan airnya tersisa sekitar 1 gelas.

Minum air rebusan daun binahong setiap hari untuk mendapat kesembuhan total. Kamu bisa meminumnya sebayak 3 kali dalam satu hari baik sebelum maupun sesudah makan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.