Manfaat Air Mawar Bagi Kecantikan Kulit dan Relaksasi

Mungkin telah banyak produk kecantikan yang menggunakan air mawar sebagai bahan utama dalam produknya. Tentu saja hal ini digunakan bukan karena sebab, perlu kamu ketahui bahwa air mawar memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan kamu, khususnya pada kulit dan rambut.

Jika sejauh ini yang kamu ketahui tentang air mawar hanya sebagai pencerah kulit, kamu salah besar. Ternyata di dalam air mawar terkandung nutrisi baik lain  yang dapat memberikan manfaat tak terduga untuk kamu. Salah satunya adalah mencegah penuaan pada kulit wajah.

Oleh karena itu, menggunakan air mawar sebagai perawatan kulit dan rambut sangatlah disarankan karena sangat berguna untuk regenerasi sel kulit dan juga menghilangkan ketombe.

manfaat air mawar
medicalnewstoday.com

Kandungan Mawar dan Manfaat Air Mawar

Tahukah kamu jika air mawar telah digunakan selama ribuan tahun? Pada zaman dahulu air mawar digunakan sebagai ramuan tradisional pada produk kecantikan, makanan, bahkan pada minuman. Penyulingan ekstrak mawar ini akan mengahasilkan cairan aromatik serta minyak dari kelopak bunga mawar.

Di dalam air mawar, terkandung vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan dalam mencegah penuaan yang sangat baik bagi kulit. Selain itu, di dalam air mawar juga terkandung antiseptik dan antibakteri yang dapat memberikan efek relaksasi pada kulit.

1. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Karena mengandung antiseptik, air mawar dipercaya dapat mengatasi masalah pada jerawat. Hal ini dikarenakan antiseptik dapat membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah. Kulit wajah yang berjerawat sangat tidak nyaman dan membuat kamu tidak percaya diri pada penampilan.

Selain itu, anti inflanmasi yang terkandung dalam air mawar juga dapat mengobati iritasi dan radang pada kulit. Seorang ahli mengatakan, gunakanlah beberapa tetesan minyak esensial dari mawar di area kulit yang meradang akan menyembuhkan kulit yang iritasi.

Gunakanlah air mawar secara rutin di pagi hari setelah kamu membersihkan wajahmu sebelum penggunaan makeup. Kemudian, lakukan hal yang sama di malam hari setelah kamu membersihkan makeup sebelum tidur. Dengan begitu kulit wajahmu akan kembali bersih dan bersinar.

2. Mencegah Penuaan

manfaat air mawar
stylecraze.com

Zat pada air mawar ini memiliki kandungan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan. Nutrisinya akan meresap ke dalam kulit dan meminimalisir munculnya kerutan dan garis halus pada wajah. Dengan begitu, wajahmu akan tetap kencang dan sehat lebih lama.

Air mawar yang telah diolah menjadi minyak esensial juga dipercaya dapat menjaga keseimbangan PH pada kulit. Ahli juga mengatakan, bahwa, minyak esensial dapat menghidrasi kulit secara alami.

Hal ini tentu saja dapat membantu kamu untuk melembabkan kulit tanpa takut dengan risiko yang akan ditimbulkan. Banyak orang yang mengalami kulit kering pada sekitar bawah mata, hal ini tentu saja akan membuat wajahmu terlihat lebih tua dan kusam. Kamu bisa menggunakan esensial ini di sekitar bawah mata.

Selain dapat menyegarkan dan mehidrasi kulit, air mawar juga dapat memberikan efek relaksasi yang menenangkan. Air mawar juga cocok sebagai campuran air untuk berendam di air hangat. Kamu bisa mencampurkan sekitar 2 gelas air mawar kedalam bak mandi untuk berendam setelah lelah beraktivitas.

3. Penyempurna Makeup

manfaat air mawar
ytimg.com

Kegunaan lain dari sari mawar adalah sebagai penyempurna riasan pada wajah. Kamu bisa menyemprotkan air mawar terhadap wajah kamu ketika wajah kamu sudah mulai kusam, dengan begitu wajahmu akan lebih segar kembali.

Selain sebagai penyegar wajah pada makeup, air mawar juga dapat digunakan sebagai toner ketika ingin membersihkan wajah. Hal ini dikarenakan, mencuci wajah dengan sabun saja tidak cukup, dengan air mawar wajahmu akan terhindar dari berbagai macam bakteri dan kuman.

Karena sifatnya yang mampu membersihkan wajah dari bakteri dan kuman, membuat air mawar ini juga dapat digunakan sebagai makeup remover. Air mawar cukup efektif dalam membersihkan riasan anti air khususnya di bagian mata tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.

Dengan rajin menggunakan air mawar sebagai pembersih di area mata, akan membuat matamu terlihat lebih cerah dan segar. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi dengan mata panda akibat kurang tidur. Gunakan air mawar dengan mengaplikasikannya pada kapas kemudian letakan pada area mata selama 5 menit.

4. Menghaluskan dan Mengenyalkan Kulit

Karena mengandung vitamin C alami yang berfungsi sebagai anti oksidan, ternyata kandungan ini dapat dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein penyusun tubuh dan jaringan kulit yang berkaitan erat dengan kecantikan pada kulit agar halus, kenyal dan juga elastis.

5. Menghilangkan Ketombe

Manfaat air mawar bagi kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, masih sedikit orang yang mengetahui tentang manfaat air mawar ini bagi rambut bukan? Air mawar ternyata dipercaya ampuh untuk menghilangkan ketombe pada kepala.

Air bunga mawar berwangikan aromatik ini ternyata dapat dijadikan kondisioner alami yang dapat memberikan nutrisi baik untuk pertumbuhan rambut kamu. Dengan menggunakan air mawar secara rutin pada rambut, akan membuat rambut kamu sehat, bersih, dan tidak kering.

Ternyata merawat kulit kepala dan rambut hanya dengan keramas saja tidak cukup, rambut dan kulit kepalamu masih membutuhkan nutrisi lebih demi menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Dengan menggunakan air mawar setelah berkeramas secara rutin, kamu tidak perlu lagi mencari vitamin rambut yang lainnya.

Untuk mendapatkan air mawar, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya di toko terdekat. Disarankan untuk kamu yang sensitif pada produk tertentu, agar menggunakan air mawar buatan sendiri demi menghindari efek samping pada kulit dan rambut akibat bahan kimia dan pengawet.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.