11 Makanan Khas Sidoarjo yang Cocok Untuk Oleh-Oleh

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu kota di Jawa Timur yakni kota Sidoarjo? Kota yang terkenal dengan kulinernya yang unik dan enak ini senantiasa menjadi incaran para wisatawan luar kota. Seperti halnya dengan kota yang lainnya, Sidoarjo pun mempunyai makanan khasnya yang wajib untuk dicicipi. Adapun makanan khas Sidoarjo antara lain sebagai berikut.

Bandeng Asap

Makanan khas Sidoarjo yang pertama adalah bandeng prestonya yang sudah terkenal kemana-mana. Perlu diingat sendiri bahwa Sidoarjo ini merupakan salah satu kota penghasil ikan bandeng terbesar di Jawa, maka dari itu warga setempat tersebut pun memanfaatkan ikan bandeng menjadi salah satu makanan yang khas di Sidoarjo. Bandeng asap Sidoarjo ini dibuat dengan cara proses pengasapan. Selain sebagai salah satu tujuan dari kuliner, bandeng asap Sidoarjo ini menjadi salah satu oleh-oleh yang harus dibawa pulang. Karena bandeng asap dibuat melalui proses pengasapan, maka bandeng asap ini termasuk ke dalam makanan yang tahan lama meski tidak dimasukkan ke dalam mesin pendingin.

Bandeng Presto

Selain bandeng asap, makanan khas Sidoarjo yang lainnya adalah bandeng presto. Sesuai dengan namanya, bandeng presto ini merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo yang tidak boleh dilewatkan. Dimana cara pengolahannya sendiri dimasak dengan menggunakan presto, sehingga tulang-tulang yang terdapat di dalam ikan bandeng ini menjadi lunak. Berbeda dengan bandeng presto dari daerah lain atau yang biasa dibuat di rumah, bandeng presto khas Sidoarjo ini mempunyai cita rasa yang khas. Sehingga bandeng presto ini sangat digemari oleh berbagai macam kalangan dan sudah terkenal ke seluruh wilayah Indonesia. Selain aromanya yang khas, duri-duri dari ikan bandeng ini pun tidak perlu untuk dihilangkan karena sudah dimasak dengan menggunakan presto.

Lontong Kupang

Selain ke dua makanan di atas, lontong kupang pun menjadi salah satu makanan Sidoarjo yang tidak boleh dilewatkan. Lontong kupang sendiri merupakan salah satu makanan yang terkenal di daerah Jawa Timur khusunya terkenal di daerah Sidoarjo itu sendiri. Selain dikenal dengan lontong kupang, makanan yang satu ini pun terkenal dengan nama kupang keraton di daerah pesisir timur. Biasanya lontong kupang sendiri disajikan dengan sate kerang lengkap dengan minuman dingin yakni es degan. Bahan utama dari pembuatan lontong kupang ini adalah kupang putih itu sendiri, yang kemudian dimasak. Setelah itu kupang yang sudah matang akan ditambahkan dengan lontong dan lentho yakni makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang tolo. Lalu lontong kupang pun diberi kuah petis yang sangat nikmat dan tak lupa ditambah dengan perasan jeruk nipis.

Petis Udang

Petis, siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Jika biasanya petis identik dengan tahu petis yakni tahu yang berisi petis, maka tidak dengan daerah Sidoarjo. Di daerah ini terkenal dengan makanan petis udangnya. Karena nama dari petis ini adalah petis udang, maka bahan baku dari pembuatan petis ini adalah udang. Petis udang ini sendiri biasanya digunakan untuk campuran bumbu tahu tek, rujak cingur, tahu campur, dan masih banyak lagi makanan lainnya.

Otak-Otak Bandeng

Selain terkenal dengan asap bandeng dan bandeng prestonya, Sidoarjo pun terkenal dengan otak-otak bandengnya yang luar biasa lezatnya. Otak-otak bandeng khas Sidoarjo ini dibuat dengan menggunakan isian kelapa yang sudah disangrai kering terlebih dahulu serta diolah dengan berbagai macam bumbu-bumbu rempah halus dan tak lupa juga dengan kocokan telur. Rasa gurih serta harumnya otak-otak bandeng ini tidak bisa menahan perut untuk memakan makanan khas Sidoarjo yang satu ini.

Telur Asin

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang mempunyai rasa yang khas yakni telur asin? Makanan yang terbuat dari telur bebek dan berwarna biru ini sangat enak dan banyak digemari oleh berbagai macam kalangan. Makanan yang mempunyai rasa asin serta sangat awet ini sudah terkenal ke seluruh Indonesia. Namun telur asin dari Sidoarjo ini mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh telur asin lainnya. Khusus di daerah Sidoarjo sendiri, para pecinta atau penggemar telur asin akan menemukan telur asin dengan berbagai macam varian rasa yakni ada rasa udang, kepiting, serta rasa ikan salmon yang sangat enak sekali. Berbagai macam varian rasa dari telur asin ini dihasilkan dari cara mengolah telur asin itu sendiri yakni menggunakan proses asap, oven dan goreng.

Kerupuk Udang

Selain ke enam makanan di atas, makanan khas Sidoarjo yang selanjutnya adalah kerupuk udang. Udang yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ini adalah udang yang berukuran kecil-kecil atau biasa juga menggunakan udang rebon yang sebelumnya sudah ditumbuk halus terlebih dahulu. Setelah itu udang tersebut dicampur dengan tepung tapioka serta bumbu rempah-rempah dan penyedap rasa. Adonan mentah tersebut kemudian dikukus, jika sudah matang dan tekstur sudah kenyal kemudian diiris tipis-tipis, setelah itu lalu dijemur sampai benar-benar kering. Jika sudah kering, maka kerupuk pun sudah siap untuk digoreng dan disantap dengan makanan lainnya atau hanya sekedar dijadikan cemilan saja.

Sate Kerang

Jika biasanya sate terkenal dengan sate ayam, sapi atau kambing, di Sidoarjo terdapat sate yang menjadi salah satu makanan khas dari daerah ini, yakni sate kerang. Sate kerang sendiri merupakan salah satu sate yang terbuat dari kerang segar yang dilumuri dengan bumbu kecap dan kacang. Biasanya sate kerang ini sendiri disajikan bersama dengan kupang lontong sebagai pelengkap dari makanan tersebut.

Wader Kriuk

Wader kriuk sendiri merupakan salah satu produk dari Sidoarjo yang sangat populer san sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan. Melimpahnya ikan wader si Sidoarjo membuat warga memanfaatkannya dengan membuat makanan gurih serta sangat renyah jika di makan. Ikan wader ini pun merupakan ikan kecil yang biasa hidup di kali atau sungai-sungai kecil yang berada di daerah Sidoarjo itu sendiri. Wader kriuk ini pun biasanya disantap dengan sambal atau hanya dijadikan sebagai cemilan saja.

Sop Buntut Khas Sidoarjo

Sop buntut khas Sidoarjo ini merupakan salah satu makanan khas dari Sidoarjo itu sendiri. berbeda dengan sop buntut yang berasal dari daerah lain, sop buntut khas Sidoarjo ini mempunyai cita rasa dan bumbunya yang khas yakni kuahnya yang bening, segar, dan tidak tercium amis daging ini menjadi kelebihan dari sop buntut khas Sidoarjo itu sendiri. Selain itu dagingnya sendiri mempunyai tekstur yang empuk dan bumbunya yang meresap sampai ke tulang-tulang dari daging itu sendiri.

Kue Lumpur Bakar

Dan makanan khas Sidoarjo yang terakhir adalah kue lumpur bakar. Kue ini mempunyai tekstur isi yang sangat lembut sekali dan lembek, jadi saat kue ini dimasukkan ke dalam mulut maka akan langsung mencair dan meleleh di dalam mulut. Pembuatan kue ini pun dibuat dengan proses dibakar sehingga dinamakan dengan kue lumpur bakar. Untuk rasanya sendiri, kue ini terdiri dari dua rasa yakni rasa oroginal dan rasa kelapa. Meskipun hanya terdapat dua rasa, namun kelezatan dari kue ini tidak kalah lezatnya dengan kue-kue yang lainnya. Itulah beberapa makanan khas Sidoarjo yang sangat wajib dicicipi sangat berkunjung ke kota tersebut. Namun Bagi warga Sidoarjo sendiri yang ingin memesan makanan khas Sidoarjo di atas, baik untuk keperluan hajatan ataupun malas ke luar rumah bisa memesannya pada catering Sidoarjo. Yakni cukup memesannya melalui web CateringSidoarjo.web.id. Jadi jika ingin menikmati enaknya makanan khas kota Sidoarjo di atas tanpa harus keluar rumah, hubungi saja web tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.