5 Makna Dibalik Lambang Pancasila

Sebagai warga negara Indonesia tentunya kita tidak asing dengan lambang pancasila bukan? Lambang ini sering kita temukan di tempat-tempat resmi seperti sekolah, kantor desa, buku pelajaran dan lain-lain. Namun, tahukah kamu apa arti dibalik dari lambang pancasila tersebut?

Pancasila merupakan dasar dari ideologi bangsa Indonesia. Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya kita mengetahui tentang arti dari lambang pancasila. Pembelajaran mengenai pancasila ini telah diajarkan sejak SD di mata pelajaran PPKN dan IPS.

Untuk kamu yang belum mengetahui arti dari lambang pancasila, berikut ini adalah penejelasan lengkap mengenai lambang pancasila beserta sejarah singkatnya.

lambang pancasila
infobekasi.co.id

Arti dari Lambang Pancasila

Sebelum kamu mengetahui mengenai arti dari lambang pancasila, kamu perlu tahu apa pengertian dari pancasila itu sendiri. Pancasila adalah dasar negara republik Indonesia serta menjadi idelogi berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan sebuah rumusan yang dihasilkan oleh para pendiri bangsa terdahulu.

Pancasila dibentuk pada awal pembentukan BPUPKI (Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang berdiri pada tanggal 29 april 1945 oleh pemerintahan Belanda.

BPUPKI sendiri dianggap sebagai dukungan Jepang terhadap bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan. Walau begitu, tetepi ada juga yang beranggapan hal ini hanyalah rekayasa politik Jepang yang saat itu sedang tersudut oleh sekutu.

Kemudian, tepat pada tanggal 1 juni 1945 BPUPKI menyatakan lima dasar negara. Kelima dasar tersebut dinamakan dengan pancasila. Setelah itu BPUPKI berubah nama menjadi PPKI pada 7 Agustus 1945. Dan disinilah mulainya ada tanda-tanda kemerdekaan.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, bapak Soekarno atas nama banngsa Indonesia menyatakan kemerdekaan. Dan tanggal 18 Agsutus 1945 pendiri bangsa menetapkan Undang-Undang Dasar RI.

Didalam pembukaan UUD 1945 terdapat 5 bait kalimat pancasila yaitu:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pancasila itu sendiri berasal dari 2 kata, yaitu panca yang artinya lima dan sila yang berarti asas hidup. Kata tersebut diambil dari bahasa sansekerta. Ideologi negara yang kita miliki dapat kita pahami dari lambang yang terera pada garuda pancasila.

Pada lambang garuda tersebut tertera 5 poin sila yang memiliki arti masing-masing yang berfilosofi mendalam. Pada bagian depan lambang garuda terdapat tameng yang terbagi menjadi 5 bagian, diantaranya adalah bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng dan padi kapas.

Setiap bagian memiliki makna filosofis yang mendalam pada lambang garuda pancasila ini. Berikut adalah arti dan penjelasannya dari bagian lambang pancasila:

1. Sila 1

lambang pancasila
nusantarakaya.com

Lambang dari sila pertama adalah bintang dengan lima sudut sebagai simbol dari “Ketuhanan yang Maha Esa”. Bintang yang melambangkan cahaya rohani kepada setiap manusia ini berarti kita perlu percaya pada Tuhan yang Maha Esa sebagai pencerah hidup kita.

Warna latar belakangnya yang berwarna hitam bermakna bahwa bumi ini gelap. Sehingga dengan adanya bintang yang melambangkan Tuhan ini menjadi cahaya penerang bagi manusia agar tidak sesat di dunia.

Tuhan adalah asal dari segalanya merupakan makna terdalam dari lambang bintang ini. Lambang ini juga diartikan sebagai suatu cahaya yang menerangi dasar negara yang dan juga tujuan negara yang lima.

2. Sila Ke 2

lambang pancasila
blogspot.com

Lambang dari sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradap” adalah rantai. Bentuk rantainya adalah segi empat dan saling terhubung dengan biji rantai yan lain. Secara keseluruhannya bentuk dari rantai ini adalah lingkar pemanjang.

Bentuk rantai yang segi empat memiliki arti laki-laki. Sementara lingkaran diibaratkan perempuan. Maksud dari lambang ini adalah bahwa keduanya merupakan kombinasi yang saling terkait. Dapat disimpulkan jika laki-laki dan perempuan haruslah saling berpadu untuk membangun rantai yang kuat.

Hal ini juga melambangkan suatu kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, dalam arti keduanya harus diperlukan secara adil tanpa memandang gender.

3.  Sila Ke 3

lambang pancasila
blogspot.com

Bunyi sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia” disimbolkan dengan pohon beringin yang memiliki akar dan sulur. Maknanya adalah pancasila merupakan tepat berteduh dan berlindung bagi seluruh rakyat Indonesia agar merasa aman dan nyaman meskipun memiliki banyak keberbedaan suku bangsa.

Sulur dan akar pada pohon beringin melambangkan keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa lambang dari pohon beringin yang bersalur dan berakar adalah keberagaman suku yang berlindung dibawah satu lindungan pancasila.

Akar yang ada sampai ke dalam tanah juga melambangkan kesatuan dan persatuan Indonesia.

4. Sila ke 4

lambang pancasila
blogspot.com

Sila ke empat yang berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat dan Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan” ini di lambangkan dengan kepala banteng berlatar belakang warna merah.

Simbol kepala banteng pada sila ke empat ini bermakna bahwa rakyat Indonesia merupakan makhluk Sosial yang suka berkumpul dan bermusyawarah untuk bermufakat dan mengambil berbagai bentuk keputusan.

Dengan kata lain, segala bentuk keputusan yang diambil merupakal hasil dari musyawarah bersama. Dalam hal ini banteng dikenal dengan makhluk yang berjiwa sosial dan suka berkumpul dengan sesamanya agar kelompok banteng semakin kuat dan terhindar dari pemangsa.

5. Sila ke 5

lambang pancasila
blogspot.com

Sila ke lima yan berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” dilambangkan dengan padi dan kapas. Padi dan kapas melambangakan kebutuhan dasar semua manusia yang harus dipenuhi oleh setiap manusia untuk tetap hidup, yaitu kebutuhan pangan dan sandang.

Kebutuhan pangan dan sandang rakyat yang terpenuhi dengan baik adalah syarat utama tercapainya kemakmuran di dalam suatu negara. Hal ini merupakan cita-cita dari sila ke lima.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.