Ikan Hias Cantik yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan

Ikan hias merupakan salah satu jenis hewan peliharaan cantik yang biasa dipelihara dengan tujuan untuk memperindah ruangan. Selain dapat memperindah ruangan, memelihara ikan hias juga dapat menjadikan suatu ruangan menjadi terkesan lebih hidup.

Bagi kamu yang super sibuk, mungkin memelihara ikan hias di dalam rumah terkesan lebih ribet dan merepotkan. Tapi kamu juga bisa loh memelihara hewan air yang satu ini. Hal ini dikarenakan ikan hias memiliki banyak sekali jenisnya, dan kamu juga dapat memilih ikan yang kuat dan mudah untuk dirawat.

Jika kamu ingin memelihara ikan hias dengan kondisi tertentu, kamu bisa berkonsultasi dengan sang penjual ikan untuk mengetahui jenis ikan apa yang cocok dengan keinginan kamu. Selain itu, kamu juga bisa membaca beberapa review mengenai ikan hias, salah satunya adalah dengan membaca artikel ini sampai akhir.

ikan hias
faunadanflora.com

Ikan Hias yang Mudah untuk Dipelihara di Rumah

Menurut ensiklopedia, ikan hias merupakan jenis hewan yag berhabitat di air tawar maupun laut. Ikan hias air tawar hidup di habitat air tawar, begitu juga dengan ikan hias air laut yang hidup di habitat air laut. Hewan ini dipelihara bukan untuk dikonsumsi, melainkan untuk memperindah taman atau ruangan.

Ikan Hias Air Laut

Memelihara ikan hias air laut dalam akuarium sangatlah menyenangkan, karena kamu dapat menikmati miniatur dari keindahan bawah laut. Motif dan warna yang indah membuat kamu tidak bosan memandanginya berlama-lama.

Memelihara ikan air laut cenderung lebih sulit jika dibandingkan dengan memelihara beberapa jenis ikan hias air tawar. Dalam segi perawatan, memelihara ikan hias air laut memerlukan perawatan yang ekstra. Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang baru mau mencoba, ikan hias air laut kategori pemula tentu bisa menjadi pilihan.

Kelebihan dari ikan hias air laut adalah jika dibandingkan dengan beberapa jenis ikan air tawar, ikan hias air laut memiliki motif yang lebih beragam dan lucu. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara untuk kamu yang super sibuk:

1. Ikan Watchman Gobies

ikan hias
invisioncic.com

Watchman gobies merupakan ikan agresif yang hidup di air laut  dan cocok untuk kamu yang masih terbilang pemula dalam memelihara ikan hias air laut. Hal ini dikarenakan ikan yang satu ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dari jenis ikan laut lainnya. Udang kecil merupakan makanan pokok ikan unik yang satu ini.

Ikan watchman gobies ini memiliki nama ilmiah yaitu cryptocentrus. Pada tubuh ikan ini terdapat beberapa pola yang unik dan cantik, pola yang paling terkenal dan populer bernama bluspotted dan pink spotted goby.

2. Ikan Yellow Tang

ikan hias
livingcolor.com

Yellow tang memiliki nama lain dalam bahsa ilmiah yaitu zebrasoma flavenscens. Dalam keluarga tang, ikan ini merupakan jenis ikan yang sangat aktif bergerak. Ikan ini juga merupakan ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga sangat cocok untuk kamu yang baru ingin mencoba memelihara jenis ikan air laut.

Sama seperti namanya, ikan ini memiliki warna kuning cerah yang cantik, sangat cocok untuk kamu yang memiliki sifat ceria dan menyukai warna kuning. Dengan menaruh ikan ini di dalam akuarium yang bersih dan cantik, ruanganmu akan terlihat lebih asyik dan menyenangkan.

3. Ikan Badut Clownfish

ikan hias
pinimg.com

Kalian semua pasti tau kan bagaimana lucunya ikan yang digunakan sebagai pemeran utama dalam film “Finding Nemo”? Selain dikenal sebagai sebutan ikan Nemo, ikan ini memiliki nama yang lucu yaitu Badut clownfish atau biasa disebut dengan ikan badut.

Ikan ini banyak ditemukan di laut yang memiliki banyak terumbu karang yang cantik dan indah. Sama seperti yang diceritakan dalam film, ikan ini sangat senang bersembunyi diantara terumbu karang. Ikan ini memiliki perpaduan warna yang ceria seperti badut pada tubuhnya, yaitu orange cerah berpolet putih.

4. Ikan Botana Blue Tang

ikan hias
flickr.com

Tak kalah lucunya dengan ikan badut yang menjadi pemeran utama dalam film Finding Nemo, ikan ini juga terkenal karena menjadi pemeran pendamping dalam film tersebut. Ikan ini terkenal dengan nama “Dory”. Sifatnya yang lucu dan penuh humor, membuat karakter ini sangat di sukai.

Ikan ini memiliki nama ilmiah yaitu paracanthurus hepatus. Ikan bonata blue tang ini lebih sering disebut dengan ikan bonata oleh para pecinta ikan hias. Ikan bonata juga memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu bonata biru, bonata kasur dan bonata kacamata.

Ikan Hias Air Tawar

Setelah membahas mengenai beberapa ikan hias air laut yang lucu dan disarankan untuk dipelihara di rumah, berikut ini merupakan beberapa jenis ikan hias air tawar yang perlu kamu coba:

1. Ikan Wakin

ikan hias
wp.com

Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang masih sebangsa dengan golongan ikan mas. Ikan ini memiliki bentuk yang agak bundar dengan ekor yang lebar dan panjang.  Ikan ini memiliki ciri khas pada gerakannya yang lincah saat berenang.

Sifatnya yang atraktif dan kuat membuat ikan ini kurang cocok jika digabungkan dengan ikan mas koki tipe lain dengan gerakan cenderung lamban dan tenang seperti ikan koki tosa dan ikan kepala singa.

2. Ikan Lemon

ikan hias
cdninstagram.com

Ikan yang memiliki nama latin neolamprologus leleupi memiliki warna kuning cerah seperti lemon. Ikan ini juga termasuk jenis ikan yang agresif dan juga buas. Ikan ini sulit jika digabungkan dengan ikan yang dalam akuarium yang sama. Ikan ini juga dapat memakan segala jenis makanan yang dimasukan kedalam akuarium.

Sifatnya yang buas membuat ikan ini dikenal sebagai ikan kanibal. Hal ini dikarenakan tanpa segan ikan lemon bisa memakan temannya dengan ukuran lebih kecil yang hidup dalam satu akuarium dengannya.

3. Ikan Mas Koki

ikan hias
bisapinter.com

Ikan yang berasal dari negara China ini termasuk kedalam jenis ikan mas. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang paling banyak diminatai karena memiliki banyak jenis dan motif yang beragam. Selain itu, merawat ikan mas koki juga cenderung lebih mundah dan simple. Ikan ini juga termasuk ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

4. Ikan German Blue Ram

ikan hias
ebayimg.com

Ikan ini merupakan ikan yang termasuk dalam jenis cichlids dengan ukuran yang kecil. Ikan ini berkarakter tenang dan memiliki pola warba yang bermacam-macam pada tubuhnya. Pada umumnya ikan ini memiliki warna kuning dan hijau dengan bintik kecil berwarna biru yang menutupi sirip.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.