10 Gitaris Terbaik Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

Gitaris Terbaik Dunia – Dunia seni musik tidak terlepas dengan yang namanya alat musik gitar. Alat musik ini menjadi salah satu alat musik yang paling populer baik dari genre musik metal, rock, hardcore, blues, jazz, reggae, country dan masih banyak lagi.

Alat musik ini sangat terkenal karena selain mudah ditemukan, cukup mudah untuk dimainkannya. Di dunia sendiri tercatat daftar nama-nama gitaris terkenal sepanjang masa yang masih eksis di dunia kegitarisan, nama-nama mereka di abadikan di The Rock and Roll Hall of Fame karena keahlian dalam bermain gitar dan sangat berpengaruh terhadap musik-musik yang bersangkutan.

10 Gitaris Terbaik Dunia

10. Keith Richards

Keith Richard Gitaris Terbaik Dunia
inquisitr.com

Keith Richards adalah seorang musikus Rock Inggris. Beliau lahir di Dartford, Kent Inggris, Bratania Raya pada tanggal 18 Desember 1942. Keith Richards juga seorang pemain di film Pirates of the Caribbean: At World’s End sebagai Teague Sparrow, ayah Kapten Jack Sparrow.

Kieth Richard juga seorang penulis lagu, produser rekaman dan juga penulis buku kategori “Best Seller”. Keith dikenal sebagai salah satu pendiri band Rolling Stones, ia memegang alat musik gitar. Pada tahun 2003 Keith Richard mendapatkan ranking 10 dalam “100 Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa” karena permainan rythm gitarnya yang sangat inovatif. Keith telah menulis lagu dan merekam ratusan lagu dan 14 diantara masuk dalam “500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa” Versi majalah Rolling Stones.

9. Jimmy Page

Jimmy Page Gitaris Terbaik Dunia
societyofrock.com

Jimmy Page adalah salah satu gitaris yang mampu mempengaruhi gitaris pada eranya sekitar pertengahan 60-an dan tahun 70-an. Jimmy Page pertama kali belajar saat masih muda melalui gitar Spanish hadiah dari kedua orang tuanya. Jimmy bermain gitar ketika berumur 13 tahun, karena terpengaruh gaya rock n roll Elvis Presley lewat lagu “Baby,Let’s Play House”.

Pada awal tahun 60-an jimmy membuat album bersama beberapa band lokal seperti Carter lewis and The Southernes dan Neil Christina and The Crusader. Keberhasilannya tak sampai disitu, tahun 1963 jimmy menjadi additional gitar untuk Diamond band bersama Jet Harris dan Tony Meehan. Single yang dikeluarkannya sangat memukau hingga mencapai puncak tangga lagu Inggris.

8. Ry Cooder

Ry Cooder Gitaris Terbaik Dunia
photoshelter.com

Ryland Peter atau biasa dikenal Ry Cooder lahir pada tanggal 15 Maret 1947. Ry Cooder adalah seorang musisi Amerika dan komposer. Dia adalah seorang multi-instrumentalis, namun beliau dikenal dari karyanya bermain gitar slide. Minatnya pada akar musik Amerika Serikat membawa Coodeer berkolaborasi dengan musisi tradisional dari berbagai negara.

Karya solonya telah eklektik banyak meliputi genre termasuk Americana, folk, blues, Tex-Mex, jiwa, injil, rock dan masih banyak lagi. Cooder telah berkolaborasi dengan banyak musisi termasuk Kapten Beefheart, Ali Farka, Toure, Eric Clapton, The Rolling Stones, Van Morrison, Neil Young, Randy Newman, David Lindley, The Kepala Suku dan The Doobie Brothers Carla Olson & the Textones (baik catatan dan di dalam film yang dibintanginya).

7. Stevie Ray Vaughan

Stevie Ray Gitaris Terbaik Dunia
guitarworld.com

Stephen Ray Vaughan lahir pada tanggal 3 Oktober 1954. Beliau dikenal sebagai Stevie Ray Vaughan, beliau seorang musisi, penyanyi, penulis lagu dan produser rekaman Amerika. Meskipun karirnya sangat singkat cuman tujuh tahun. Beliau dianggap sebagai salah satu gitaris listrik yang paling berpengaruh dalam sejarah musik blues. Beliau juga salah satu tokoh bangkitnya musik blues di era 80-an. Ketika beliau memainkan di The Rock and Roll Hall of Fame menggambarkan ia sedang memainkan musik blues.

Stevie lahir dan dibesarkan di Kota Dallas, Texas. Stevie mulai bermain gitar pada saat umur tujuh tahun, beliau terinspirasi oleh kakaknya Jimmie. Pada 1971 ia memutuskan untuk drop out dari sekolah tinggi dan pindah ke Austin. Pada tahun berikutnya ia memainkan pertunjukkan dengan berbagai band, beliau pun mendapatkan tempat di Marc Benno dan Nightcrawlers.

Kemudian dia bergabung dengan Denny Freeman, dan lainya. Sampai pada akhir tahun 1977 beliau terus menjalin kerja sama dengan siappun. Pada tahun berikutnya beliau kemudian membentuk kelompok sendiri, yaitu Triple Threat Revue sebelum mengubah namanya bandnya menjadi Double Trouble setelah menyewa drummer Chris Layton dan bassis Tommy Shannon.

Beliau memperoleh ketenaran setelah tampil di Montreux Jazz Festival pada tahun 1982 dan pada tahun 1983. Album sepuluh lagu itu dirilis setelah memetakan di rangking 38 dan sukses secara komersial yang telah terjual sebanyak lebih dari setengah juta copy.

6. Chuck Berry

Chuck Berry Gitaris Terbaik Dunia
yle.fi

Charles Edward Anderson “Chuck Berry” beliau lahir di St.Louis, Missouri 18 Oktober 1926. Beliau adalah seorang gitaris, penyanyi, dan penulis lagu Amerika Serikat.

Chuck Berry adalah musikus yang paling berpengaruh dan perintis musik rock and roll. Situs Rock and Roll Hall of Fame menyebutkan “Tidak ada tokoh yang bisa dikatakan sebagai pencipta Rock and Roll, namun tokoh satu-satunya yang bisa dikatakan dan paling mendekati adalah Chuck Berry, beliau mampu mengumpulkan unsur-unsur penting dalam rock and roll menjadi satu.

Cub Koda menulis “Dari semua artis perintis rock & roll, Chuck Berry adalah artis yang paling penting dalam pekembangan musik rock & roll” Beliau adalah pencipta lagu sekaligus salah satu gitaris terbaik dunia dalam sejarah awal rock & roll muncul. John Lennon pun bahkan sempat berujar, “jika engkau mau menyebut sebutan lain untuk rock and roll, kamu boleh menyebutnya ‘Chuck Berry’.

5. Robert Johnson

Robert Gitaris Terbaik Dunia
fresher.ru

Robert Leroy Johnson lahir pada tanggal 8 Mei 1911. Beliau adalah seorang penyanyi, penulis dan musisi Amerika. Pada rekaman monumentalnya pada tahun 1936 dan 1937 ia menampilkan kombinasi bernyanyi, keterampilan gitar dan bakat penulisan lagu yang banyak dipengaruhi oleh musisi generasi. Bayangan Johnson, kehidupannya yang kurang didokumentasikan dan kematiannya pada usia 27, telah menimbulkan mitos-mitos bahwa ia menjual jiwanya di persimpangan jalan untuk mencapai kesuksesan.

4. Eric Clapton

Eric Clapton Gitaris Terbaik Dunia
cosassquepasann.wordpress.com

Eric Patrick Clapton lahir di Ripley, Surrey England pada tanggal 30 Maret 1945, beliau juga memilikiki julukan yaitu “Slowhand”. Eric Clapton adalah gitaris terbaik dunia sekaligus penyanyi, pencipta lagu dan komponis asal Inggris yang pernah memenangi Grammy Award.

Eric Clapton adalah salah seorang musisi yang paling sukses di abad ke-20 dan abad ke-21, dan nama beliau pun diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali (sebagai personil The Yarbirds, Cream dan sewaktu bersolo karier). Majalah Rolling Stones mengumumkan bahwa Eric menempati urutan ke-4 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa.

Pada pencapaiannya itu banyak kritikus dan penggemar musik yang mennyanjungnya sebagai gitaris terbesar sepanjanga zaman. Selain itu, nama Eric Clapton masuk ke dalam daftar “100 Artis Terbesar Sepanjang Zaman” (The Immortals: 100 Greatest Artist of All Time) yang diumumkan oleh majalah Rolling Stones.

Sepanjang kariernya, Clapton dikenal memiliki gaya bermusik yang sangat bervariasi, namun semua gaya itu berakar dari musik blues. Selain itu juga, nama Clapton dicatat dalam sejarah sebagai pencetus aliran blues-rock (bersama John Mayall, The Bluesbreakers dan The Yarbirds) serta Psychedelic Rock sewaktu bersama grup musik Cream.

3. B.B King

B.B King Gitaris Terbaik Dunia
wikimedia.org

Riley B. King lahir pada tanggal 16 September 1925 beliau dikenal dengan nama panggung BB.King beliau seorang penyanyi blues Amerika, penulis lagu dan gitaris.

Rolling Stones memberikan peringkat pada King pada urutan ke-6 pada daftar “100 Daftar Terbesar Sepanjang Masa” pada tahun 2011. King juga memperkenalkan gaya cangging dari solo karier yang berdasarkan string lentur dan vibrato mempesona yang mempengaruhi banyak musik blues listrik kemudian gitaris.

King dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1987 dan beliau dianggap sebagai salah satu musisi blues paling berpengaruh sepanjang masa. Beliau juga mendapatkan julukan “The King of Blues” dan salah satu dari “Three Kings of the Blues Guitar” bersama dengan Albert dan Freddie.

2. Duane Allman

Gitaris Terbaik Dunia Duane Allman
allaboutjazz.com

Howard Duane Allman lahir pada tanggal 20 November. Beliau adalah seorang gitaris terbaik dunia Amerika, musisi, pendiri dan pemimpin The Allman Brothers Band sampai pada kematiannya dalam kecelakaan sepeda motor pada tahun 1971 di usia 24 tahun.

Pada tahun 1969 The Allman Brothers Band dibentuk berbasis di Amerika Serikat Tenggara. Pada tahun 1970-an, band ini telah sukses besar. Allman diingat sebagai salah satu musisi terbaik di masanya walaupun kesuksesannya cukup singkat namun sangat berpengaruh di band dan khususnya untuk kemampuan ekpresif slide guitar dan keterampilan berimprovisasi yang inventif.

1. Jimi Hendrix

Jimi Adalah Gitaris Terbaik Dunia
ppcorn.com

James Marshall “Jimi” Hendrix lahir dengan nama Johnny Allen Hendrix pada tanggal 27 November 1942. Beliau adalah seorang gitaris terbaik dunia Amerika, penyanyi dan penulis lagu. Meskipun karir utama Jimi hanya membentang hanya empat tahun, ia secara luas dianggap oleh banyak orang sangat berpengaruh sebagai salah satu gitaris listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik populer dan salah satu musisi paling terkenal di abad ke-20. The Rock and Roll Hall of Fame menggambarkan bahwa Jimi sebagai “Instrumentalis terbesar dalam sejarah musik rock”

Lahir di Seattle, Washinton, pada umur 15 tahun Jimi mulai bermain gitar. Pada tahun 1961, Jimi terdaftar sebagai salah satu personel Angkatan Darat AS, ia diberikan debit terhormat pada tahun berikutnya. Setelah itu, ia pindah ke Clarksville, Tennesse dan mulai bermain gigs di Chitlin ‘sirkuit, mendapatkan tempat di Isley Brothers backing bang dan kemudian dengan Little Richard, dengan siapa saja ia berkerja sama sampai pertengahan tahun 1965.

Dalam beberapa bulan, Jimi telah mendapatkan tiga UK sepuluh hit dengan pengalaman : “Hey Joe”,”Purple Haze”,”The Wind Cries Mary”. Beliau mencapai ketenaran di Amerika Serikat setelah penanpilannya di Monterey Pop Festival di tahun 1967.

Pada tahun setelahnya album studia ketiga dan terakhir, Electic Ladyland mencapai nomor satu di Amerika Serikat, Jimi merasa itu paling sukses secara komersial dan untuk pertama dirilis serta hanya satu album. Beliau adalah pemain dunia dengan bayaran tertinggi, untuk penampilan “Festival Woodstock” pada tahun 1969 dan “Isle of Wight Festival” pada tahun 1970. Sebelum kematiannya karena kecelakaan pada tanggal 18 September 1970, di usia 27 tahun.

Leave a Comment