Demokrasi dan Penerapannya di Lingkungan Sekitar

Kamu pasti sering bukan mendengar kata “demokrasi”? Kata ini erat kaitannya dengan masalah politik. Pengetahuan menganai ini telah kita pelajari sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Pemahaman ini merupakan salah satu materi yang kita pelajari di mata pelajaran PPKN.

Mempelajari mengenai pengetahun ini cukup penting, hal ini dikarenakan negara kita Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut demokrasi dalam segi politik. Maka dari itu, pemahaman ini sangat penting diajarkan sehak usia dini.

Selain pemahaman tentang demokrasi, kamu juga perlu mengetahui tentang macam-macam, prinsip, ciri-ciri serta penerapan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.

demokrasi
nigerianpilot.com

Pengertian Demokrasi

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demokratia. Secara umum demokrasi terbagi menjadi dua kata yaitu demos yang artinya adalah rakyat, dan kratos yang berarti kekuatan atau kekuasaan. jadi dapat diartikan bahwa demokrasi adalah suatu kekuasaan rakyat.

Secara umum demokrasi merupakan suatu bentuk kekuasaan tertinggi yang di pegang oleh rakyat. Didalam paham ini rakyat diperbolehkan turut serta dalam bagian, baik secara langsung atau dalam sebuah bentuk perwakilan dalam hal pelaksanaan perumusan, pembagian, maupun pada proses penyusunan hukum. Berikut ini merupakan beberapa pengertian menurut para ahli:

  • Menurut Abraham Lincoln

Menurut Abraham Lincoln democracy merupakan sebuah sistem pemerintahan dimana itu dibentuk dari rakyat, oleh rakyat dan juga untuk rakyat itu sendiri.

  • Menurut Charles Costello

Menurut Charles Costello, democracy merupakan suatu sistem sosial dan juga poitik pemerintahan dimana di dalamnya kekuasaan pemerintah dibatasi oleh hukum dan juga budaya yang melindungi segenap hak perorangan dari warna negara itu sendiri.

  • Menurut Hans Kelsen

Menurut Hans Kelsen, democracy merupakan suatu pemerintahan yang diadakan dan dilaksanakan dari rakyat untuk rakyat. Adapun mengenai pelaksanaan kekuasaan negara sendiri adalah wakil dari rakyat yang sudah dipilih oleh rakyat sesudah adanya suatu keyakinan bahwa kebutuhannya akan memperoleh perhatian di dalam aturan yang telah atau akan ditetapkan oleh rakyat tersebut berhubungan dengan penerapan dari kekuasaan negara.

Macam-Macam Demokrasi

Setelah mengetahui tentang pengertian dan penjelasannya, selanjutnya kita akan membahas mengenai macam-macam demokrasi yang terbagi menjadi 2 macam yaitu beradasarkan fokus perhatiannya dan juga berdasarkan penyaluran kehendaknya.

  • Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Fokus Perhatiannya

  1. Demokrasi formal merupakan sebatas berpusat pada bidang politik tanpa meminimalkan adanya suatu kesenjangan di dalam politik itu sendiri.
  2. Demokrasi material adalah suatu sistem yang memiliki pusat pada sisi kesenjangan politik.
  3. Demokrasi gabungan adalah suatu hal yang menjadi kombinasi antara demokrasi formal dan juga demokrasi material.
  • Macam-Macam Demokrasi Berdasarkna Penyaluran Kehendak Rakyat

demokrasi
newscientist.com
  1. Demokrasi Langsung atau biasa disebut  dalam bahasa Inggris direct democracy ini merupakan sebuah demokrasi yang mengikutsertakan rakyat mengenai penentuan dan juga pemilihan keputusan tertentu kepada suatu negara. Contohnya adalah pemilu.
  2. Demokrasi tidak langsung atau dalam bahasa Inggris biasa dikenal sebagai indirect democracy merupakan sebuah demokrasi yang mana didalamnya menyertakan seluruh rakyat di suatu negara dalam pengambilan keputusan. Contohnya adalah ketetapan wakil rakyat DPR, DPD, DPRD dan lain-lain.

Prinsip Demokrasi

  1. Adanya kesetaraan dan keadilan untuk setiap warga negara.
  2. Setiap warga negara mempunyai kesamaan dan juga kesetaraan di dalam praktik politik.
  3. Adanya suatu kebebasan yanng telah disepakati, diakui serta disetujui oleh tiap warga negara.
  4. Adanya keikutsertaan dari masing-masing warga negara di dalam melaksanakan dan juga menentukan suatu keputusan yang sifatnya politik.

Ciri-Ciri Demokrasi

  1. Semua kegiatan atau aktifitas politik dilakukan dalam memilih pihak manakah yang akan diberi kepercayaan untuk melaksanakan roda pemerintahan.
  2. Memiliki ciri perwakilan dimana ketika mengelola sebuah kepentingan dalam negara kedaulatan dan kekuasaan rakyat sendiri yang telah terwakili oleh orang yang dipilih dan ditentukan oleh rakyat sendiri.
  3. Ciri konstitusional dimana berhubungan dengan kehendak kekuasaan ataupun kepentingan rakyat yang telah disusun dan juga dicatat di dalam undang-undang suatu negara.
  4. Tiap keputusan yang dikeluarkan atau ditetapkan oleh pemerintah sejalan dengan kehendak dan juga kebutuhan seluruh rakyat itu sendiri.

Contoh Penerapan Demokrasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

demokrasi
crowdestate.eu

Setelah kita mengetahui mengenai pengertian, macam-macam, ciri-ciri dan prinsip, kita akan membahas mengenai contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai lingkungan.

  • Demokrasi di Lingkungan Keluarga

  1. Mengutamakan urusan bersama keluarga dibandingkan dengan urusan pribadi.
  2. Mengatasi dan menemukan solusi atas suatu permasalahan melalui jalan musyawarah dan mufakat.
  3. Perlu mengadakan pertemuan keluarga apabila dibutuhkan untuk membahas suatu persoalan yang penting dan rumit.
  4. Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban dalam menjalankan kewajban mereka dengan apa yang telah menjadi tugas dan kewajiban masing-masing setiap anggota keluarga.
  5. Sadar dengan setiap tugas dan kewajibannya masing-masing.
  6. Semua anggota keluarga memiliki kewajiban untuk menerapkan suatu keadilan tanpa pilih kasih.
  • Contoh Penerapan Demokrasi di Lingkungan Sekolah

  1. Penentuan organisasi di sekolah melalui jalan musyawarah.
  2. Melunasi iuran tertentu atau SPP dengan tepat waktu.
  3. Melakukan sosialisasi dan juga menalin hubungan yang baik diantara guru dan juga murid lainnya.
  4. Melakukan pemerataan tugas piket dengan adil dan merata.
  5. Mencatat pendapat atau opini di majalah dinding yang ada di sekolah.
  • Contoh Penerapan Demokrasi di Lingkungan Masyarakat

  1. Menghargai pendapat orang lain.
  2. Berupaya mencari solusi atas permasalahan tertentu dengan cara bermusyawarah.
  3. Berperan aktif dalam iuran masyarakat.
  4. Saling melindungi, bahu membahu, dan menjaga kedamaian pada lingkungan masyarakat.
  5. Memiliki rasa saling tenggang rasa antara satu dengan yang lainnya.
  6. Saling bekerja sama di dalam menyampaikan suatu gagasan untuk kepentingan pengembangan masyarakat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.