Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) yang Menarik Untuk Melamar Pekerjaan

Contoh CV – Jika kamu ingin melamar sebuah pekerjaan, pasti kamu akan membuat CV (Curriculum Vitae) lebih dulu. Sebenarnya CV itu apa sih? Kok penting banget ya dalam melamar suatu pekerjaan, atau apa bisa untuk melamar anak gadis orang? Heheh, di dalam bahasa Indonesia sendiri CV artinya dalah daftar riwayat hidup, atau dalam versi singkatnya biasa disebut resume.

Sesuai dengan namanya, CV berupa isian data pribadi yang berkaitan dengan hal yang sangat penting dan harus diketahui oleh orang dituju.

CV kebanyakan yang dikirim pada sebuah institusi atau perusahaan yang berguna untuk melamar kerja akan dinilai pada isinya saja. Namun, kebanyakan orang lupa, mereka hanya terfokus pada isi CV yang formal tanpa mempertimbangkan daya tarik dari CV tersebut.

Untuk mahasiswa yang baru lulus dan sudah sering banget kirim CV ke berbagai perusahaan, tapi satu pun tidak ada yang berhasil. Sepertinya CV yang kamu kirim ada yang salah, deh. Coba bayangkan setiap kali kamu akan melamar dan menaruh CV, berapa orang yang melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan dan pastinya mereka juga berharap juga diterima.

Sedangkan posisi yang dibutuhkan hanya satu atau dua orang saja. Untuk mendapatkan jabatan yang sangat terbatas itu, kamu juga harus bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan orang.

Nah, kunci untuk membuat CV kamu diterima pada suatu perusahaan adalah dengan membuat CV semenarik mungkin.

Berikut contoh CV lamaran kerja yang paling umum digunakan.

Contoh CV (Curriculum Vitae) 1


Joko Susilo

  • Nama: Joko Susilo
  • Tempat/tanggal lahir: Magetan, 10 Oktober 1985
  • Jenis kelamin: Pria
  • Status: Menikah
  • Agama: Islam
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Tinggi: 175 cm
  • Berat: 70 kg
  • Alamat: Jl. Kawedan Ngadirejo No. 24, Magetan

Ringkasan Tujuan Karier

Ingin mengembangkan kemampuan pada bidang jurnalistik yang dimana saya dapat memanfaatkan keahlian saya seperti menulis, membuat konten unik serta berhubungan dengan orang lain, secara maksimal untuk keberhasilan perusahaan.

Kemampuan

Menulis, public speaking, etika jurnalistik, menulis di media cetak, grammar sangat baik, team work, leadership. problem solving, Microsoft Office, santun, jujur, berpenampilan menarik, semangat.

Pengalaman Kerja

Web Developer, Jude Kekar April 2010 – April 2012

Riwayat Pendidikan

Institut Teknologi Bandung, Sarjana (S1) – Komunikasi, Desember 2000-2004

Kemampuan Berbahasa

Bahasa Inggris. Tertulis: Sangat baik. Lisan: cukup


Contoh CV (Curriculum Vitae) 2


Sri Puji Aningdias Putri

  • Nama: Sri Puji Aningdias Putri
  • Jenis Kelamin: Wanita
  • Alamat: Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • Tempat, Tanggal Lahir: Magetan, 13 Februari 1989
  • Status: Menikah
  • Agama: Islam
  • Phone: 08126547890
  • E-mail: [email protected]

Pendidikan Formal

2006 – 2010 : Fakultas Teknik Informatika, Universitas Sebelas Maret
2003 – 2006 : SMUN 1 Kawedanan
2000 – 2003 : SLTPN 1 Kawedanan

Pendidikan Nonformal

2014 Google Analytics Academy
2010 Microsoft SQL Server 2008 Database, Microsoft Certified of Achievement
1999 LIA English Course, General English Advanced Class

Pengalaman Kerja

Desember 2011 – Juni 2012 PT. Wiro Jenang pada Divisi Mediacom sebagai Digital Search
Juni – Desember 2012 PT. Wiro Jenang pada Divisi Interaction sebagai Search Specialist
January 2013 – Sekarang PT. Sukses Mandiri pada Divisi SEM sebagai SEM Manager

Pengalaman Organisasi

2008 Ketua divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika UNS
2007 Anggota divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika UNS

Kemampuan

Mengerti dan dapat mengoperasikan Microsoft Office, Windows XP, Personal Computer, Java Script, C++, HTML
Mengerti SEM (Search Engine Marketing) : Search, GDN, Youtube, Facebook Ads

Sertifikat

Search Advertising Certificate, exp: September 2014
Google Analytics Individual Qualification, exp: Februari 2015


Jika CV kamu seperti di atas, maka kamu CV kamu tidak ada bedanya dengan ribuan pencari kerja yang lain. Karena CV yang lain bentuknya juga hampir sama seperti itu! Dalam hal ini buatlah CV yang berbeda dengan orang lain, dampaknya juga akan mengurangi kemungkinan untuk dipanggil interview oleh pihak perusahaan.

Sekarang Saatnya Kamu Membuat CV yang Menarik!

Secara singkat, CV harus jelas dan efektif. Jangan sampai isinya sampai berlembar-lembar dan menjelaskan hal yang tidak penting untuk perusahaan yang dituju. Jika kamu membuat CV yang seperti itu, yang ada perusahaan akan bosan dan sama tidak melirik kelebihan yang ada pada diri kamu.

Seringkali, CV kamu ditolak dikarenakan konten dan desain CV tidak menarik atau tidak eye catching. Walaupun sebenarnya secara isi konten CV kamu bagus, latar belakang pendidikan tinggi dan pengalaman kepanitian yang oke banget, namun karena CV yang kamu buat itu sama seperti pelamar-pelamar lainnya dan mungkin belum tentu juga punya kemampuan sama seperti kamu.

Sehingga, CV yang kamu buat tidak terlirik oleh pihak perusahaan jadi ditolak deh. Sehingga, membuat CV yang menarik adalah hal yang harus diutamakan.

Kalau kamu tidak jago dan sudah mati-matian untuk membuat CV yang menarik tapi gagal. Jangan khawatir, menarik itu tidak mesti bagus dan berwarna. Kalau biasanya CV yang dibuat formal dan kaku, terus berurutan banget, sampai pengalaman organisai dan riwayat pendidikan pun dikasih kolom-kolom.

Rasanya itu zaman dulu banget ya, sebelum job seeker booming seperti sekarang.

Jika sekarang kamu masih menggunakan formula CV seperti itu, nanti perusahaan akan malas baca CV kamu. Kuncinya adalah kamu dapat mengatur tata letak tulisanmmu, tapi jangan sampai aak-acakan. Tata letak yang baik akan membuat format CV berbeda walaupun isi dan kontennya sama saja.

Selain itu, penggunaan tata letak yang bagus dapat mengoptimalkan jumlah halaman yang kamau gunakan. Kurang lebih, pengaturan tata letak bisa seperti contoh CV yang pertama.

Beberapa format CV yang bisa kamu download disini

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik

Tidak cukup tertantang membuat CV seperti contoh? Jika kamu ingin membuat CV yang memiliki nilai jual yang tinggi kamu dapat membuat CV dengan mendesain sendiri CV yang menarik dan sesuka hati kamu. Bisa juga memilih warna yang menarik agar terlihat berbeda dari CV orang lain.

Contoh CV
whilehome.com

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang ampuh membuat CV agar terlihat menarik dan kreatif, dan itu akan menjadi perkenalan pertama kamu dengan pihak perusahaan. Perusahaan tersebut akan menyangka kamu adalah tipe orang yang kreatif dan punya banyak ide. Dalam membuat CV dengan desain sendiri, sebaiknya jangan terlalu meriah, karena dapat kelihatan norak. Cukup yang sederhana, tapi menarik perhatian.

Contoh CV
softresumes.com

Jika kamu ingin melamar untuk posisi desain untuk suatu produk, bisa juga menggunakan CV yang sederhana seperti ini.

Contoh CV
good.co

Bisa juga kamu membuat CV seperti surat.

Contoh CV
behance.net
Contoh CV
helpshared.com

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan grafik sebagai suatu tolak ukur kemampuan kamu. Selain CV terlihat lebih menarik, pihak perusahaan yang dituju juga akan cepat tanggap dan memahami besaran kemampuan yang kamu miliki. Seperti kata orang banyak gambar akan lebih mudah diingat dibandingkan dengan tulisan.

Download Template CV Bentuk PDF dan Doc

Baiklah, kamu butuh yang praktis dan cepat bukan? Ketika dibuka tinggal edit saja, lalu langsung jadi, dan keren. Download saja beberapa template pilihan di bawah ini:

Steely

Contoh CV
hloom.com

Template Steely -> Download disini

Propesional Orange

Contoh CV
hloom.com

Template Professional Orange -> Download disini

Nah, sekarang kamu sudah dapat membuat sebuah CV untuk melamar sebuah pekerjaan. Semoga diterima ya, good luck.

4 thoughts on “Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) yang Menarik Untuk Melamar Pekerjaan

  1. Mau nanya, aku kan pertama kali bikin desain cv sendiri terus ngelamar ke gramedia, ada yg bilang kalo cv di desain gk ngehargain hrd, tolong dong kasih pencerahannya makasih

Leave a Comment