Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Anti Mainstream

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup – Daftar riwayat hidup sengaja dibuat terpisah dari surat lamaran kerja karena memang membutuhkan rincian mendetail, apalagi kalau orangnya banyak pengalaman menarik. Nah, anda sebagai calon karyawan seharusnya lebih semangat mendesai daftar riwayat hidup yang enak dilihat.

Ringkasan pengalaman kita sampai saat melamar kerja akan dijelaskan di daftar riwayat hidup. Hindari membuat daftar riwayat hidup sampai banyak lembar tapi HRD perusahaan bosan membaca karena sama saja dengan yang lainnya.

Seharusnya konten daftar riwayat hidup diisi dengan konten menarik, tapi desain CV tidak kalah penting. Sayang sekali kalau latar belakang pendidikan selalu bagus, banyak terlibat di kegiata sosial tim tapi sebenarnya para pesaing anda juga banyak yang memiliki hal itu. Nah, di sinilah pentingnya membuat tampilan daftar riwayat hidup anti mainstream.

CV Menarik

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup
pinterest.com

Disebut CV menarik sebenarnya tidak hanya tergantung warna saja. Pada umumnya pelamar kerja membuat daftar riwayat hidup secara formal dan terkesan kaku karena selalu disusun berdasar urutan waktu dan terkota-kotak oleh banyaknya kolom. Bayangkan jika anda jadi HRD dan membuka ratusan berkas dengan tampilan sama setiap harinya.

Bedakanlah daftar riwayat hidup anda dari lainnya dengan mengatur tata letaknya. Keuntungannya, anda bisa menghemat kertas karena pengaturan halaman diatur serapi mungkin asal tetap menarik dan tidak berantakan poinnya.

Daftar Riwayat Hidup Unik

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup
pinterest.com

Ini dikhususkan kepada anda yang memang ingin bekerja di bidang desain grafis. Sebagai calon pelamar yang sedang mendekati pekerjaan impian, anda harus menunjukkan kemampuan anda. Istilahnya ‘pendekatan dini.’
Menunjukkan kecakapan desain grafis sejak masih antri di lamaran kerja akan membuat HRD mempertimbangkan dua kali apakah anda benar-benar terlihat memiliki serius lebih atau tidak dibanding yang lain.

Ini akan menaikkan nilai jual profil anda. Mainkan warna dan desain sesuka hati anda karena seni selalu memiliki nilai sendiri. Berikut contoh lainnya:

1. Tidak Meriah

Perusahaan mana saja selalu bangga memiliki karyawan yang kreatif dan inovatif. Bahkan seringkali kebanggaan ini melebihi bersyukurnya mereka atas dedikasi karyawa-karyawan senior yang sudah lebih lama memperpanjang pengalaman tumbuh bersama perusahaan.

Meskipun memang memiliki nilai seni, tetap saja daftar riwayat hidup adalah barang yang dibuat dengan tujuan formal. Maka dari itu sebaiknya jangan mendesain terlalu meriah seperti kartu ucapan ulang tahun kepada sahabat anda. Hal seperti itu bukannya menarik malah tampak norak dan dihindari

2. Menyerupai Bungkus Produk

Bagi para lulusan desain produk ada baiknya menunjukkan kebolehan saat melamar kerja. Desainlah daftar riwayat hidup anda sebagaimana anda membuat desain produk baru. Ketidak biasaan ini mungkin saja membuat HRD perusahaan kaget dan jatuh cinta pada anda.

3. Seperti Brosur atau Selebaran

Sebelum anda masuk ke dunia kampus, anda pasti pernah diberi banyak selebaran dari berbagai kampus. Apa saja isinya? Profil singkat, keunggulan, biaya SPP, biaya registrasi, prestasi dan sebagainya.

Anda pun dapat mencontoh konsep di atas dalam membuat daftar riwayat hidup unik. Desain saja ringkasan pengalaman anda menjadi sebuah brosur yang membuat HRD kebingungan sedang mereview pelamar kerja atau ditawari produk kecantikan baru oleh SPG.

4. Berupa Data Grafik

Jika anda mantan pemenang lomba karya ilmiah yang sering bergelut dengan data statistik dan grafik, maka tunjukkan juga di daftar riwayat hidup. Apalagi gambar memang terbukti lebih mudah diingat daripada tulisan. Jadi manfaatkan.

Seandainya Buta Desain Grafis

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup
deviantart.net

Dari tadi pembahasannya seakan membela orang-orang yang jago main desain grafis. Sebenarnya kalau anda tahu jalan pintasnya, anda tidak akan pusing-pusing mengikuti mereka yang memang sedang unjuk gigi kebolehan mendesain supaya HRD perusahaannya melirik.

Sekarang ini beberapa manusia baik hati mengembangkan startup yang akan memudahkan para pencari kerja bahkan mahasiswa sibuk untuk membuat daftar riwayat hidup menarik. Semuanya bisa diselesaikan secara online. Tinggal kunjungi:

  • LiveCareer
  • CV Maker

Daftar Riwayat Hidup Praktis

Pasti ada juga pencari kerja yang maunya praktis. Satu kali sapuan tapi hasilnya langsung macho. Tidak dosa kalau anda mendownload contoh daftar riwayat hidup unik dan profesional di internet. Temukan yang menurut anda keren lalu edit isi serta warnanya. Selesai sudah daftar riwayat hidupnya, tinggal mengirim berkas lamaran kerja.

Isi Daftar Riwayat Hidup

Itu tadi terkait desainnya, sekarang kita ke substansi pokok yang tidak boleh luput dari desain daftar riwayat hidup.

Farrah Faiza

  • Nama : Farrah Faiza
  • Jenis Kelamin : Wanita
  • Alamat : Jalan Menteng Besar Nomor 77 Kecamatan Jahe Kota Langsa
  • Tempat, Tanggal Lahir: Kendari, 09 Januari 1980
  • Status : Single
  • Agama : Hindu
  • Telepon/WA/SMS : 08345575890
  • E-mail : [email protected]

Pendidikan Formal

  • 1985-1991 : SDN 9 Kaputih
  • 1991-1994 : SMP Dharma Bhakti
  • 1994-1997 : S1 Jurusan Sastra Jepang, Fakultas Sastra, Universitas Riau

Pendidikan Nonformal

  • 1998 Japan Edu Short Course
  • 2002 Japan Goverment to Engage Culture
  • 2003 Arabic Advance Class

Pengalaman Kerja

  • Agustus 2004 – Agustus 2009 SMP Widya Mandala sebagai Guru Bahasa Jepang Tidak Tetap Yayasan
  • Januari 2010 – Maret 2012 pada keluarga Ny Tjian Nying sebagai Penerjemah Pribadi
  • Maret 2012 – Desember 2016 pada keluarga Tn. Tsubasa sebagai Penerjemah Pribadi

Pengalaman Organisasi

  • 2000 – sekarang Anggota divisi Hubungan Masyarakat, Japan-Indo Organization

Kemampuan

  • Mengerti dan memahami kemampuan membaca, menulis, berbicara bahasa Jepang, Inggris dan Arab
  • Mampu membaca bahasa Korea dan China
  • Mampu mengoperasikan software mengetik dalam bahasa Jepang, Korea dan China

Sertifikat

  • Japan Advance, exp: Desember 2019
  • Arabic Advance, exp: Januari 2020

Ketika kamu sudah selesai membuat daftar riwayat hidup, pasti membutuhkan contoh surat lamaran kerja. Membuat daftar riwayat hidup yang menarik sangat mendukung untuk pengajuan saat melamar bekerja pada instansi pemerintah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.