Pengertian Asimilasi dan Faktor-Faktornya

Pernahkah kamu mendengar kata asimilasi? Mungkin kamu sering mendengar kata asimilasi ini pada acara siaran berita maupun di sekolah pada mata pelajaran IPS atau PPKN. Hal ini tentu saja dikarenakan asimilasi memiliki keterkaitan erat dengan proses sosial.

Mungkin kamu merasa penasaran mengenai arti dari asimilasi, bagaimana prosesnya, faktor penghalangnya, dan lain-lain. Menurut ensiklopedia, asimilasi merupakan pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

Hal ini tentu saja memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam kehidupan sehari-hari kita dimasa kini bukan? Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui mengenai apa itu asimilasi? Dampak dan prosesnya juga merupakan hal yang perlu kamu ketahui agar terjaganya kebudayaan yang telah kita miliki sejak lama.

asimilasi
asef.org

Pengertian Asimilasi

Asimilasi merupakan bentuk proses sosial yang ditandai dengan adanya usaha-usaha yang mampu mengurangi keberbedaan diantara orang-orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan tersebut, asimilasi meliputi usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Asimilasi tentu saja memiliki kemiripan dengan akulturasi budaya, hanya saja di dalam asimilasi, kebudayaan yang asli dapat menghilang. Sedangkan di dalam akulturasi budaya, kedua budaya yang berpadu dapat menciptakan budaya baru tanpa menghilangkan budaya lama.

Hasil dari proses asimilasi adalah semakin tipisnya batas perbedaan antar individu dalam suatu kelompok, atau bisa juga batas-batas antar kelompok. Setiap individu akan melakukan identifikasi diri dengan kepentingan bersama.

Contoh asimilasi yang paling dekat pada kehidupan sehari-hari kita adalah budaya dalam cara berpakaian orang-orang yang hidup di kota. Pada saat ini kita sangatlah sulit membedakan gaya berpakaian setiap orang yang menggambarkan identitas orang tersebut.

Model pakaian moderen telah menarik banyak orang sehingga meninggal budaya menggunakan pakaian adat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan sebagai nilai praktis dalam pakaian moderen menjadi salah satu alasannya. Hal inilah yang membuat orang-orang tidak lagi merasa sebagai kelompok yang berbeda.

Hal Pembentuk Asimilasi

  1. Terdapat sejumlah kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda
  2. Terjadi pergaulan antar individu atau kelompok secara intensif dan dalam waktu yang relatif lama
  3. Kebudayaan masing-masing kelompok tersebut saling berubah dan menyesuaikan diri

Faktor yang Mempermudah Asimilasi

asimilasi
tampagov.net
  1. Tolerasi
  2. Kesempatan-kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi
  3. Sikap menghargai kehadiran orang asing dan budaya yang dimilikinya
  4. Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat
  5. Memiliki persamaan historis dalam unsur-unsur kebudayaan
  6. Perkawinana campuran antar kelompok yang berbeda
  7. Adanya musuh bersama di luar

Faktor-faktor yang disebutkan diatas tadi biasanya akan lebih sering kita temui pada kehidupan masyarakat di kota. Di wilayah kota, oarang-orang akan cenderung lebih memikirkan tentang kepentingan pekerjaan ketimbang budaya. Namun berbeda halnya dengan kehidupan yang ada di desa, faktor tersebut akan lebih susah ditemui karena sifatnya yang masih tergolong tertutup.

Faktor-Faktor Penghalang Asimilasi

asimilasi
baca.co.id
  1. Terisolasi kehidupan suatu golongan tertentu dalam masyarakat
  2. Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan yang dihadapi
  3. Adanya perasaan takut terhadap kekuatan suatu kebudayaan yang dihadapi
  4. Perasaan bahwa suatu kebudayaan golongan atau kelompok tertentu lebih tinggi dibandingkan dengan kebudayaan golongan atau kelompoknaya
  5. Dalam batas-batas tertentu, perbedaan warna kulit atau perbedaan ciriciri fisik.
  6. Adanya suatu perasaan yang kuat sekali bahwa individu terikat pada kelompok dan kebudayaan kelompok yang bersangkutan
  7. Jika golongan minoritas mengalami gangguan-gangguan dari golongan yang berkuasa
  8. Munculnya perbedaan kepentingan yang kemudaian ditambah dengan pertentangan-pertentangan pribadi

Faktor-faktor penghalang yang disebutkan diatas tentu saja akan lebih sering kamu temukan di daerah pedasaan. Daerah yang lebih terisolasi lagi adalah daerah pedalaman dimana terdapat suku-suku yang masih mengisolasikan kebudayaannya mereka dari teknologi dan peradaban terbaru.

Contoh suku yang masih mengisolasikan anggota sukunya dari berbagai macam peradaban teknologi masa kini adalah suku baduy. Di suku baduy, setiap anak dilarang untuk bersekolah, menggunakan lampu, menggunakan tranportasi kendaraan, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu saja akan mempersulit dalam terjadinya suatu asimilasi, hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki tujuan yang sefaham dengan orang-orang lain yang mengikuti perkembangan teknologi.

Walau begitu, suku baduy ini terbagi menjadi dua, yaitu suku baduy dalam dan baduy luar. Jika di suku baduy dalam benar-benar terisolasi dari berbagai macam teknologi, maka di suku baduy luar anggota sukunya telah mengenal setidaknya sedikit tentang teknologi sederhana seperti lampu, alat tukar uang, pakaian, dan lain lain.

Di dalam terjadinya proses asimilasi ini tentu saja memiliki sisi positif dan negatif. Sisi postifnya, kamu tidak perlu lagi merasa berbeda dan takut akan diskriminasi publik untuk menjalani hari-hari mu karena tidak ada lagi penghalang yang terbangun sebagai sekat antara kamu dengan kelompok lain.

Sisi negatif yang disayangkan adalah hilangnya kebudayaan yang dilupakan oleh generasi penerus bangsa. Hal ini tentu saja dapat mengurai nilai kultur pada suatu negara. Selain itu, hilangnya kebudayaan ini juga dapat mengancam negara akan tercurinya suatu kebudayaan oleh negara lain yang masih dalam satu rumpun.

Contohnya adalah seperti pada isu tercurinya alat musik tradisional angklung milik Indonesia yang diakui oleh Malaysia. Hal ini tentu saja menghawatirkan, karena dapat menimbulkan perpecahan dan permusuhan antar negara.

Selain itu, nasi goreng juga sempat dikatakan oleh seorang artis terkenal yang sedang menginap di malaysia bahwa nasi goreng adalah masakan Malaysia yang sangat enak. PadahalĀ  pada kenyataannya, nasi goreng merupakan masakan nasionalnya bangsa Indonesia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.