Tahukah Ibu Apa Itu Asam Folat? Yuk Simak Ulasannya

Kamu pasti sering dengar kata asam folat bukan? Banyak iklan di televisi, radio, maupun situs online yang menyebutkan bahwa di dalam produknya mengandung folic acid yang baik untuk ibu hamil. Terutama pada produk susu ibu hamil.

Folic acid merupakan vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat ini berperan untuk membantu pembangunan tubuh sebagai vitamin multifungsi yang sangat bagus untuk ibu hamil. Zat ini sangat membantu untuk pembelahan dan pembentukan sel darah merah juga mempercepat proses produksi DNA.

Selain baik untuk ibu hamil, vitamin ini juga baik untuk semua usia dan kalangan karena sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Apakah Asam Folat Penting untuk Wanita?

asam folat
monashivf.com

Menurut ensiklopedia, folat dan asam folat ini mendapatkan namanya dari bahasa latin yaitu folium yang artinya daun. Zat ini merupakan asupan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mencegah timbulnya kecacatan tabung syaraf pada janin.

Wanita yang berencana mengandung perlu mengonsumsi nutrisi B kompleks yang cukup. Hal ini dapat dimulai minimal usia 4 bulan sebelum masa kehamilan. Selain mencegah terjadinya kecacatan syaraf dan otak bayi, sangat penting juga pada perkembangan kognitif, motorik, dan keterampilan sosio-emosinal anak hingga dewasa kelak.

Bagi wanita yang sedang tidak berencana hamil, nutrisi ini dapat membantu kamu dalam masa menstruasi. Karena asam folat dapat membentuk sel darah merah normal serta mencegah anemia. Sehingga kamu tidak akan mudah lemas dan kekurangan nutrisi.

Manfaat Asam Folat

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari asam folat:

  • Mencegah Kecacatan pada Bayi

Nutrisi ini berperan penting pada proses pembentukan, perbaikan, serta proses DNA yang mempengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan pada janin. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya kecacatan syaraf otak pada janin seperti anensefali atau spinabifida.

  • Mencegah Anemia

Tanpa nutrisi B kompleks yang cukup kamu akan mengalami produksi sel darah merah di bawah normal. Sedangkan asam folat membantu untuk membentuk sel darah merah pada tubuh sehingga kamu tidak mudah lemas dan terhindar dari anemia.

  • Membantu Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Untuk membantu tubuh dalam memecah, menggunakan, dan membentuk protein baru, asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C. Senyawa protein ini tentunya akan membantu pembentukan sel darah merah serta memproduksi DNA, dalam membangun pondasi dasar tubuh yang membawa informasi genetik pada seseorang.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat dapat kamu temui pada sayuran hijau, jeruk, gandum utuh, dan lain-lain. Perlu kamu ketahui juga, bayam, hati sapi, asparagus dan brussels sprouts merupakan makanan yang mengandung asam folat paling tinggi. Berikut ini adalah beberapa makanan sumber folat:

  • Gandum
  • Jagung
  • Susu
  • Ayam, ikan dan daging sapi
  • Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang chickpea, kacang hijau, dan lain-lain
  • Buah-buahan
  • Terigu yang telah difortifikasi folat
  • Sayuran berdaun hijau
  • Makanan yang diperkaya folat seperti roti, sereal dan jus
asam folat
nutritionnews.abbott

Pentingnya Asupan Folat Tambahan

Ada beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan wanita mengonsumsi folat dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Kondisi tersebut yaitu:

  • Wanita yang belum mempunyai NTD, sehingga disarankan untuk mengonsumsi asam folat lebih dari yang direkomendasikan yaitu sebesar 400 mcg.
  • Pada kehamilan kembar sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi asupan asam folat tambahan. Hal ini dikarenakan asupan asam folat yang dibutuhkan lebih banyak daripada ibu hamil lainnya. Disarankan mengonsumsi asam folat lebih dari 400 mcg.
  •  Kamu perlu tahu bahwa wanita yang mengalami obesitas juga sangat membutuhkan asupan asam folat tambahan pada masa kehamilannya. Hal ini dikarenakan wanita obesitas beresiko memiliki bayi dengan NTD lebih besar.
  • Orang dengan variasi genetik, memerlukan asupan folat tambahan karena tubuh sulit memproses folat. Hal ini dikenal dengan sebutan mutasi methylenetetrahydrofolate reductase (MTHFR).
  • Wanita yang menderita diabetes dan mengonsumsi obat anti kejang juga memerlukan asupan asam folat tambahan. Hal ini dikarenakan mereka beresiko mempunyai bayi dengan NTD yang besar.

Jika kamu mengalami kondisi seperti diatas, sebaiknya konsultasi dengan dokter kurang lebih dua bulan sebelum masa kehamilan. Agar kamu tahu berapa banyak kebutuhan asam folat yang diperlukan tubuh.

Cakupan Asam Folat yang Diperlukan oleh Tubuh

Pada masing-masing individu, cakupan asam folat yang diperlukan bervariasi. Hal yang mempengaruhi kebutuhan tubuh akan asam folat adalah usia dan jenis kelamin. Kondisi kehamilan juga dapat memengaruhi kebutuhan asam folat yang diperlukan tubuh.

Pada umumnya, standar asupan asam folat yang diperlukan oleh pria dan wanita normal usia di atas 13 tahun adalah 400 mcg perhari. Sedangkan ibu hamil disarankan mengonsumsi 500 msg asam folat perhari di segala usia.

Jika asam folat tidak terpenuhi dari makanan sehari-hari, kamu bisa mendapatkan kandungan nutrisi asam folat dari suplemen makanan. Untuk memastikan dosis vitamin B yang diperoleh sesuai dengan kondisi tubuh kamu, sebaiknya kamu mengonsumsi asam folat berdasarkan rekomendasi dari dokter.

Asam Folat untuk Perkembangan Otak Anak

Pada periode dini, pembetukan otak si kecil sangatlah penting dan menjadi fokus pencegahan defisiensi nutrisi. Asupan asam folat yang cukup sejak usia dini memiliki manfaat jangka panjang dan luas bagi individu. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan pembentukan tabung saraf si Kecil tidak sempurna.

asam folat
children-learning-reading-review.com

Sekitar 22 hari setelah konsepsi, lempeng syaraf akan membentuk tabung neural yang kemudian berubah menjadi otak dan syaraf tulang belakang si kecil. Dengan nutrisi B kompleks, tembaga, dan vitamin A yang cukup akan sangat membantu pada masa ini. Hal ini akan menghindarkan si kecil dari kelainan seperti anensefali  dan spina bifida.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.