Tahukah Kamu Apa Arti Kedutan? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Hampir semua orang pasti pernah mengalami kedutan bukan? Khususnya di bagian mata. Kedutan di bagian mata merupakan salah satu jenis kedutan yang sering dialami oleh banyak orang. Menurut orang tua zaman dahulu, setiap kedutan memiliki arti tertentu yang berkaitan dengan takdir seseorang. Hal semacam itu sering disebut sebagai mitos.

Mungkin banyak orang yang penasaran mengapa kedutan ini bisa terjadi? Bahkan banyak juga orang merasa risih dengan fenomena yang satu ini. Selain mengganggu konsentrasi pada aktivitas sehari-hari, hal ini juga mengganggu pada mental seseorang. Karena menimbulkan efek kegelisahan yang disebabkan oleh adanya mitos-mitos yang beredar.

Kedutan memilki berbagai macam jenis seperti kedutan di bagian ubun-ubun kepala, hidung, tangan, dan lain-lain. Menurut primbon jawa, setiap kedutan ini memiliki arti-arti tertentu. Namun, tahukah kamu jika kedutan ini memilki penjelasan medisnya? Simak ulasannya dibawah ini.

arti kedutan
idntimes.com

Penjelasan Kedutan Secara Ilmiah

Kedutan merupakan suatu fenomena yang terjadi secara spontan pada tubuh seseorang. Hal ini ditandai dengan adanya gerakan secara tiba-tiba diarea permukaan kulit dan daging. Kedutan ini lebih sering terjadi di area kelopak mata atas maupun bawah.

Kedutan bukan masalah medis yang harus dikhawatirkan karena bukan penyakit berbahaya. Kedutan dianggap berbahaya jika terjadi secara terus menerus dalam waktu yang lama atau gerakannya tidak dapat diobati.

Menurut pakar mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association yang bernama Burt Dubow, OD, FAAO, kedutan bukanlah suatu masalah medis yang serius. Kedutan adalah kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi. Otot orbicularis oculi merupakan gerakan menutup mata.

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kedutan

Seperti yang dikutip allaboutvision pada minggu tanggal 21 februari 2010, terdapat 7 faktor penyebab terjadinya kedutan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kelelahan

Hiruk pikuk aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan seseorang menjadi merasa kelelahan. Stres dan kurang tidur juga menjadi faktor pendukung dalam hal ini. Untuk mengobati kedutan, kurangi penyebab terjadinya stres dengan beristirahat yang cukup.

  • Stres

Mata berkedut bisa menjadi salah satu tanda bahwa anda sedang dalam keadaan stres. Dalam hal ini kamu disarankan agar melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk sekedar melepas penat. Contohnya seperti liburan, menonton acara favorit di televisi, membaca novel, dan kegiatan-kegiatan meyenangkan lainnya.

  • Mata Lelah

Berada terlalu lama di depan layar komputer dan gadget dapat menjadi salah satu penyebab mata anda menjadi lelah. Hal ini dikarenan otot mata yang tegang akibat bekerja terlalu keras. Sehingga kelopak mata secara spontan akan bergerak-gerak sendiri.

  • Mata Kering

Banyak orang memiliki mata kering akibat adanya proses penuaan. Selain itu, mata kering juga sangat umum terjadi pada oarang yang sering berhadapan dengan layar komputer, meminum obat-obatan tertentu seperti antihistamin, antidepresan, memakai lensa kontak dan mengonsumsi kafein atau alkohol.

  • Alkohol dan Kafein

Sebagian para ahli percaya jika mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan kafein akan memicu mata menjadi berkedut karena adanya tekanan pembuluh darah yang meningkat.

  • Ketidak Seimbangan Nutrisi

Beberapa laporan menunjukan jika kamu kekurangan gizi tertentu seperti zat magnesium akan memicu terjadinya kejang pada kelopak mata.

  • Alergi

Ketika kamu mengucek mata, akan mengeluarkan histamin yang menyebabkan mata menjadi berair. Beberapa bukti menyatakan bahwa adanya histamin menyebabkan mata menjadi berkedut.

arti kedutan
sebaris.id

Tanda dan Gejala Kedutan

Ciri serta gejala kedutan adalah adanya kejang yang terjadi secara berulang dan tiba-tiba pada otot. Jarang pada kejang kelopak mata yang menandakan terjadinya kelainan syaraf atau otak yang serius. Jika gejala kejang ini merupakan akibat dari kondisi yang lebih serius, biasanya kejang akan disertai dengan gejala lainnya.

Kondisi Lain yang Menjadi Pertanda Mata Kedutan 

  • Abrasi kornea
  • Belpharitis
  • Entropion
  • Glaukoma
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Trichiasis
  • Uveitis

Kapan Kedutan Harus di Konsultasikan?

Kamu mungkin perlu menemui dokter jika kamu mengalami blepharospasm yang kronis. Dalam artian adalah kedutan ini terjadi secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama yang disertai dengan gejala sebagai berikut:

  • Kelopak mata tertutup sempurna setiap kali mengalami mata kedutan
  • Mata merah, bengkak, atau mengeluarkan cairan yang tidak lazim
  • Kelopak atas mata turun
  • Kedutan berlangsung selama beberapa minggu
  • Kedutan mulai memengaruhi bagian wajah yang lain

Jika kamu mengalami gejala dan keluhan seperti di atas, berkonsultasilah dengan dokter terpercaya. Tubuh setiap orang biasanya memiliki reaksi yang berbeda. Oleh karena itu, perlu diingat tidak semua gejala disebutkan diatas.

Faktor Pemicu Terjadinya Kedutan

Menurut para ahli, jenis kelamin menjadi faktor pemicu terjadinya kedutan pada seseorang. Berdasarkan riset, kedutan lebih umum terjadi pada wanita ketimbang pria. Hal ini umum terjadi pada pertengahan atau akhir masa dewasa.

arti kedutan
aarp.net

Obat untuk Mata Kedutan

Dari banyak kasus yang terjadi, kedutan pada seseorang akan hilang dengan sendirinya. Jika kedutan diakibatkan oleh mata kering, maka berilah obat tetes mata yang dijual di apotek. Obat tetes mata akan meringankan rasa perih pada mata yang kering.

Kamu juga dapat menggunakan botulinum toxin (Botox, Dysport, Xeomin) untuk mengobati mata kedutan. Obat ini sering digunakan dengan hemifacial spasm. Botox akan meringankan kejang parah dalam beberapa bulan. Namun ketika kejang kembali terjadi, kamu akan memerlukan suntikan botox lagi untuk mengobatinya.

Dalam kasus ringan, biasanya dokter akan merekomendasikan obat sebagai berikut ini:

  • Clonazepam
  • Lorazepam
  • Thrihexyphenidyl hydrochloride

Operasi pada pengangkatan beberapa otot dan syaraf mata akan menghilangkan kedutan serius. Cara lain untuk menghilangkan kedutan yang serius bisa menggunakan terapi relaksasi mata.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.