Apa itu COD, Arti, Pengertian dan Keuntungannya?

Apa itu COD – Kali ini kita akan membahas tentang COD. COD ini biasa disebutkan dalam dunia jual/beli online, jika kamu bergelut dengan dunia bisnis online maka tak asing lagi dengan COD. Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu Apa itu COD, tapi masih kurang tepat dalam menggunakan istilah ini dan mungkin keliru dalam memahaminya.

Pada artikel singkat ini akan dibahas secara khusu soal transaksi COD atau biasa dikenal dengan Cash on Delivery, baik tentang arti COD itu sendiri, keuntungan COD, dan tips trik apa saja yang harus kamu lakukan sebagai penjual dan pembeli.

Apa itu COD

Apa itu COD
jansatta.com

Alangkah lebih baik jika kamu memahami tentang istilah COD. Yup, COD Cash on Delivery adalah suatu layanan transaksi jual beli dimana pihak pembeli bersedia untuk membayar barang jika pihak penjual mengantarkan sampai ke alamt yang sudah ditentukan oleh pembeli. Pengantaran dilakukan bisa saja menuju rumah pembeli, kantor ataupun tempat yang sudah dijanjikan.

Oh iya, banyak juga orang yang beranggapan bahwa COD itu hanya sekedar temuan saja, padahal istilah ini digunakan untuk pelayanan ekstra pada penjual yang bersedia mengantarkan barang dagangannya ke alamat yang dijanjikan. Nah, apabila kamu mendapati sebuah lapak yang menuliskan bersedia COD, maka kamu sebagai pembeli berhak mendapatkan layanan free ongkir dalam are yang sudah ditentukan oleh penjual.

Jika penjual menuliskan COD namun dia tidak bersedia mengantarkan barang ke alamat kamu dalam cakupan area yang sudah ditentukan maka itu adalah sebuah kesalahan. Jadi, kamu harus pastikan secara detail jika ada penjual yang menuliskan COD di lapak dagangan maka penjual harus siap mengantarkan barang dagangannya.

Pengertian COD

Apa itu COD
acommerce.co.id

Dari arti di atas sekarang kita masuk ke pengertian COD itu sendiri, dari akar kata “cash” dan “delivery“, tentu kita pasti sudah dapat menyimpulkan bahwa COD itu adalah suatu layanan yang dimana konsumen sepakat dengan penjual untuk membayar apabila barang yang dibeli itu sampai ke alamat pengiriman.

Biasanya perusahaan lokal yang menawarkan barang dagangan tidak akan pernah menolak jika menggunakan sistem COD ini. Karena COD sendiri tidak merugikan kedua belah pihak.

Jangkauan Layanan COD

Apa itu COD
medium.com

Walaupun COD ini salah satu alternatif transaksi yang paling memungkin untuk bisnis online, tapi ada beberapa pengeculian yang perlu kamu pahami juga.

Pertama, COD ini tidak dapat dilayani pada seluruh wiliayah. Hal ini sudah jelas karena tidak mungkin kan barang dari Yogyakarta diantarkan langsung ke Balikpapan? Apakah kamu mau menanggung biaya tiket PP Yogyakarta-Balikpapan? Tentu tidak kan? So, layanan COD ini hanya bisa diterapkan satu wilayah atau lokal saja. Misalnya di Yogyakarta, maka COD hanya bisa terjadi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kedua, biasanya para penjual jika menggunakan sistem COD maka ada biaya tambahan ongkos kirim. Tentu hal ini sangat wajar, mengingat lokasi kamu mungkin jauh dari jangakauan layanan COD toko ataupun perusahaan, tergantung kesepakatan aja sih.

Keuntungan COD

Apa itu COD
pymnts.com

Keuntungan yang banyak sekali akan kamu dapatkan jika menggunakan transaksi COD ini. Hal pertama yang dirasakan adalah para pembeli kamu, karena langsung melihat kondisi barang, bahkan mencobanya terlebih dahulu. Untuk transaksi dengan pengiriman dapat dipastikan para pembeli tidak akan bisa melihat kondisi barang secara langsung.

Lalu, pihak pembeli bisa menawar harga atau bernegosiasi secara langsung setelah melihat barang. Dan paling penting, pembeli tidak kehilangan uang untuk biaya kirim, hal ini berlaku untuk bisnis lokal ya.

Bagi penjual tentu saja transaksi secara COD ini bisa membuat citra penjual lebih baik lagi, dan dicap sebagai penjual terpercaya, dan mungkin saja di informasikan kepada sanak saudar jika memang mau membeli barang yang sama. Tapi, risiko terbesar dari penjual adalah merelakan ongkos untuk jalan dan barang yang diantar tidak jadi dibeli.

Nah, mungkin itu saja pembahasan tentang Apa itu COD. Semoga kamu paham ya, sebaiknya lakukan dulu kesepakatan antara pembeli dan penjual sehingga tidak ada yang saling dirugikan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.