Apa itu Cinta, Arti, Pengertian dan Dibahas Secara Islami

Apa itu Cinta – Cinta adalah suatu perasaan yang Allah berikan setiap insan manusia terhadap sepasang anak manusia untuk saling menyanyangi, mengasihi, saling memenuhi, dan saling pengertian. Perlu kamu ketahui bahwa cinta itu tidak ada yang dipaksakan.

Cinta hanya dapat berjalan beriringan apabila kedua insan ikhlas, cinta juga tidak dapat berjalan jika salah satu dari insan tersebut saling mementingkan dirinya sendiri. Karena sejatinya manusia itu menginginkan sesuatu yang lebih bahkan untuk urusan perhatian dan lainnya.

Apa itu Cinta

Apa itu Cinta
Sebentarsaja.com

Seperti yang saya jelaskan di atas cinta itu perasaan yang diberikan oleh Allah kepada setiap insan manusia terhadap sepasang anak manusia untuk saling menyayangi, mengasihi, saling memenuhi satu sama lain. Cinta itu murni, putih, tulus, dan suci tanpa adanya paksaan atau adanya rasa yang dibuat-buat.

Cinta juga dapat membuat seorang anak manusia berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jika kamu sudah berani untuk mencintai seseorang jangan pernah menodainya dengan keegoisan, kemunafikan, yang menimbulkan perceraian antara keduanya.

Apa Arti Cinta

Cinta sebenarnya sulit di artikan dengan kata-kata namun sebagian sudah saya lampirkan di atas. Cinta itu bisa menghangatkan hati yang dingin, cinta juga bisa menyembuhkan insan yang sedang sakit. Cinta juga bukan tentang “aku cinta kamu” melainkan cinta lebih kepada penghambaan kita kepada Rabb nya.

Pengertian Cinta

Apa itu Cinta
Sebentarsaja.com

Cinta adalah perasaan yang positif yang kita berikan pada manusia atau benda hidup lainnya. Nah, cinta ini bisa dirasakan oleh semua makhluk-Nya. Cinta yang harus kita kedepankan adalah cinta kepada Allah dan Rasulullah, setelah itu baru kedua orang tua, dan pasangan hidup kita.

Orang-orang banyak yang mengartikan cinta itu seperti apa, tetapi jika kita lihat lebih dalam kata cinta itu maknanya sangat luas, karena objek cinta ini sangat banyak dan perbedaan setiap emosi cinta dari tiap-tiap objek juga berbeda.

Baca juga: Apa itu COD

Apa itu Cinta Sejati

Cinta itu muncul apabila kedua insan manusia melewati waktu bersama dalam suka dan duka. Karena cinta sejati ini tidak dapat diukur dari apa yang diungkapan seseorang. Cinta sejati akan datang apabila kita sendirilah yang mensejatikan cinta itu.

Cinta tidak akan dapat dikatakan sejati apabila hanya dengan sebuah pernikahan, tetapi bagaimana ia menjaga dan mempertahankan pernikahan itu dengan saling menjaga, saling berkasih sayang, pengertian hingga akhir hayat kedua insan manusia tersebut.

Apa itu Cinta Menurut Islam

Apa itu Cinta
Sebentarsaja.com

Cinta itu salah satu pokok kehidupan dalam Islam, Al-quran juga sudah mengajar cinta nah, di berbagai ayat dan surah sudah dijelaskan dengan jelas cinta itu sendiri, berikut:

Dalil Cinta dalam Al-Quran

Surah Al Imran ayat 14

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

Surah Al Imran ayat 92

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.

Surah Al Hujurat ayat 7

وَاعْلَمُوا أَنَّ فِيكُمْ رَسُولَ اللَّهِ ۚ لَوْ يُطِيعُكُمْ فِي كَثِيرٍ مِنَ الْأَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ حَبَّبَ إِلَيْكُمُ الْإِيمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوبِكُمْ وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ

Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu “cinta” kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus.

Surah Maryam ayat 96

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَٰنُ وُدًّا

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.

Surah Al Isra ayat 24

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

Surah Ar Rum ayat 21

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Surah Al Maidah ayat 54

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.

Baca juga: Apa itu PAP

Apa itu Cinta Monyet

Menurut Wikipedia Cinta monyet adalah hanya sebuah istilah yang informal perasaan cinta yang terjadi kepada sepasang anak muda yang bisa terbilang masih remaja. Nah, istilah ini sebenarnya adalah sindiran, kepada seseorang yang kurang mencintai pasanganya.

Cinta monyet ini biasa disebut dengan “crush” atau jika di jelaskan sebagai cinta seorang anak atau remaja pada umunya kepada orang yang lebih tua. Contohnya, seorang murid yang “suka” dengan gurunya. Nah, pada kasus ini, istilah “cinta monyet” digambarkan sebuah cinta yang pastinya tidak akan mendapatkan balasan dari gurunya tersebut.

Puisi Cinta

Apa itu Cinta
scholastic.com

Di bawah ini kamu akan mendapatkan contoh puisi cinta dari Kahlil Gibran.

Cinta yang Agung

Adalah ketika kamu menitikkan air mata
dan masih peduli terhadapnya.
Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih
menunggunya dengan setia.

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain
dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata ‘Aku
turut berbahagia untukmu.

Apabila cinta tidak berhasil
.Bebaskan dirimu.
Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya
dan terbang ke alam bebas lagi.
Ingatlah…bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan
kehilangannya.

Tapi..ketika cinta itu mati..
kamu tidak perlu mati bersamanya

Orang terkuat BUKAN mereka yang selalu menang.
MELAINKAN mereka yang tetap tegar ketika
mereka jatuh.

~Kahlil Gibran

Syair Cinta

Di bawah ini contoh dari Syair Cinta dari Kahlil Gibran.

“Kemarin aku sendirian di dunia ini, kekasih; dan kesendirianku… sebengis kematian. Kemarin diriku adalah sepatah kata yang tak bersuara, di dalam pikiran malam. Hari ini, aku menjelma menjadi sebuah nyanyian menyenangkan di atas lidah hari. Dan, ini berlangsung dalam semenit dari sang waktu yang melahirkan sekilasan pandang, sepatah kata, sebuah desakan dan… sekecup ciuman”

Kahlil Gibran

Pantun Cinta

Apa itu Cinta
bbc.co.uk

Di bawah ini saya lampirkan beberapa pantun cinta untuk kamu, siapa tahu bisa bermanfaat untuk digunakan pasangan kamu.

Taman bunga amatlah indah,

Tempat pecinta membuat madah.

Betapa indah istri sholehah,

Menjadikan hidup dalam ibadah.


Rindu hati melihat Mekah,

Rindu jiwa pada Madinah.

Kita berharap mendapat berkah,

Dalam meniti jalan menikah.


Belum titik hanya koma,

Masih ada lanjutannya.

Menikah adalah setengah agama,

Jagalah setengah yang lainnya.


Jika datang hari raya,

Lupakan dulu meminum jamu.

Jika bersamamu ia bahagia,

Sulit baginya meninggalkanmu.


Rama pergi mencari Sinta,

Lelah badan jatuh ke rumput.

Saling menjaga saling mencinta,

Kalau salah nasehatnya lemah lembut.

Nah, itulah artikel tentang Apa itu Cinta semoga kamu yang membaca artikel dappat manfaatnya. Jika kamu ingin bagikan share ini jangan sungkan, kalau kamu juga pengalaman tentang cinta jangan sungkan untuk bercerita ya di kolom komentar.

Leave a Comment