Apa itu Baper? Arti, Pengertian, dan Penyebab Terjadinya

Apa itu Baper – Di zaman yang modern ini serta perkembangan yang cukup pesat, anak-anak, remaja atau ABG telah mengalami sedikit kemajuan baik itu dari teknologi maupun informasi. Akibat dari perkembangan zaman di pergaulan remaja terdapat banyak sekali istilah-istilah yang baru contohnya seperti baper.

Baper sendiri digunakan oleh kebanyakan remaja akibat dari perasaan yang galau, atau gundah gulana saat menghadapi masalah. Sebenarnya masalah yang di hadapi tidak seberapa, namun mereka memikirkannya secara berlebihan sehingga membawa perasaan yang amat dalam pada kehidupannya.

Apa itu Baper?

Apa itu Baper
Sebentarsaja.com

Baper itu adalah sebuah singkatan dari “Bawa Perasaan”. Seperti yang saya jelaskan di atas, remaja atau orang dewasa yang mengalami masalah membawa atau memikirkan masalah tersebut secara berlebihan maka terjadilah baper.

Jika ditelaah dengan benar baper juga dapat menganggu keproduktifan kita dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, kita yang terkena baper ini hanya memikirkan masalah tersebut secara berlarut-larut sedangkan tugas kita sebagai hamba atau pekerjaan kita akan terlalaikan dengan sendirinya.

Nah, ada baiknya jika kamu merasa baper atau ada masalah langsung gelar sejadah saja, minta ampun kepada Allah dan limpahkan semua keluh kesah mu kepada-Nya.

Baca juga: Apa itu Cinta?

Arti Baper

Apa itu Baper
Sebentarsaja.com

Seperti yang saya jelaskan di paragraf awal, apa itu baper yakni “bawa perasaan” dimana seseorang yang tersentuh hatinya dan selalu mengingat-ingat masalah tersebut secara berlebihan. Walaupun sebenarnya masalah yang dihadapi itu tidak penting.

Baper sendiri sudah menjadi trend di kuwala muda, apalagi para remaja ini kerap kali bercengkrama dengan sosial media. Maka tak heran istilah-istilah aneh mereka gunakan dalam bersosial di media chating tersebut. Nah, akibat dari proses bersosial di dunia maya inilah istilah-istilah ini digunakan pada dunia nyata juga baik itu berdialog dengan teman sebaya, orang tua, dan lain-lain.

Pengertian Baper

Apa itu Baper
Sebentarsaja.com

Baper sendiri adalah suatu kata singkatan terdiri dari dua kalimat yaitu “Ba-per”-“bawa perasaan”. Nah, kata ini mengandung banyak sekali makna yang berbeda-beda, yang dirasakan oleh setiap manusia. Karena setiap manusia itu memiliki masalah yang berbeda-beda sehingga baper yang munculpun akan berbeda. Ada yang tingkat tinggi, menengah dan kebawah. Tergantung perasaan dari orang tersebut.

Penyebab Terjadinya Baper

Penyebab terjadinya baper wajib kamu ketahui untuk meminimalisir terjadinya perkara-perkara yang bisa dibilang yang tidak kamu ingin. Apabila kamu sudah mengetahuinya maka langkah berikutnya kamu harus mencegah hal itu jangan sampai berlarut-larut.

  • Mengganggap serius suatu perkara yang sebetulnya sepele.
  • Keadaan hati yang terluka.
  • Menghadapi banyak sekali masalah.
  • Berlebihan dalam menanggapi suatu masalah sehingga menggunakan perasaan.
  • Banyak menghayal padahal itu tidak akan terjadi.

Baca Juga: Apa itu COD?

Efek dari Baper

Baper sendiri bisa menyebabkan seseorang berubah dari baik menjadi jahat, dari perasaan senang menjadi sedih, dan lain sebagainya. Bisa juga seperti di bawah ini.

  • Malas mau ngapa-ngapain
  • Kurangnya mood
  • Mudah nangis
  • Gampang kecewa
  • Susah merasakan kebahagian
  • Tidak bisa mensyukuri nikmat yang ada
  • Dikit-dikit marah
  • Dikit-dikir sakit hati
  • Merasa kurang akan segala sesuatu.

Mengatasi Rasa Baper

Hal ini bisa kamu lakukan untuk mengurasi atau mengatasi baper itu sendiri. Karena jika tidak segeras di atasi maka akan berlarut-larut dan arah kehidupanmu semakin tidak jelas. Sebaiknya lakukan beberapa seperti di bawah ini:

  • Curhat ke teman, tentang apa yang kamu rasakan. Kalau bisa sih, ke Allah dulu baru ke teman, karena curhat dengan maha pecipta akan lebih baik dan ada solusi di balik itu semua.
  • Sibukkanlah dirimu dengan hal-hal yang bermanfaat seperti jalan-jalan, berorganisasi, kerja kelompok, pokok sesuatu yang bermanfaatlah.
  • Piknik atau jalan-jalan ke tempat belum pernah kamu kunjungi, hal ini akan membuat hati dan pikiran kamu terbuka lebar sehingga kamu akan melupakan segala macam masalah yang kamu hadapi.
  • Cobalah berfikir realistis karena kehidupan ini memang begitu adanya, jika kamu dapat bertahan maka kamu akan menjadi pemenang.

Nah, itulah artikel tentang Apa itu Baper, dan segala hiruk pikuk di dalamnya. So, masih ingin baper? Nggak mau lanjutin kehidupan mu yang asyik itu. Bahagialah dengan teman, saudara, keluarga mu dengan begitu baper tidak akan menghampirimu lagi.

Leave a Comment